Tanggal:29 April 2024
bisnis souvenir pernikahan

Tips Memulai Bisnis Souvenir Pernikahan

Souvenir dalam acara pernikahan ibarat kenang-kenangan yang berikan oleh mempelai kepada para undangan yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk hadir. Tidak harus mewah, souvenir pernikahan dapat berupa barang-barang sederhana yang unik dan menjadi ciri khas acara tersebut. Beberapa orang mungkin memilih untuk menggelar acara pernikahan secara sederhana dan privat, namun penggunaan souvenir masih tetap diminati karena sifatnya memorabilia.

Permintaan terhadap souvenir pernikahan menjadi semakin tinggi, sebagaimana diharapkan menjadi acara paling berkesan yang terjadi sekali seumur hidup kedua mempelai. Maka dari itu, tidak heran jika bisnis souvenir pernikahan dipandang sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Apakah Sobat Vocasia tertarik untuk menggeluti bisnis souvenir pernikahan? Yuk cari tahu tips-tips memulai bisnis souvenir pernikahan bersama Vocasia. Cocok banget untuk kamu yang masih pemula!

Baca juga: 

Tips Bisnis Souvenir Pernikahan

Tips Bisnis Souvenir Pernikahan

Bagi kamu pebisnis pemula yang ingin menggeluti usaha souvenir pernikahan, cobalah untuk mengikuti beberapa tips bisnis berikut. Tips memulai bisnis souvenir pernikahan ini dapat kamu aplikasikan bahkan untuk usaha yang sangat kecil. Simak dengan seksama ya!

1. Tentukan Jenis Produk

Ada bergitu banyak tipe souvenir yang bisa digunakan sebagai souvenir pernikahan. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah segera menentukan produk apa saja yang akan dijual. Kamu bisa memulainya dengan melakukan survei kebutuhan dan minat pasar. Lalu, mencari supplier terpercaya dan cocok untuk diajak kerja sama. Apabila kamu memiliki keterampilan khusus dalam produksi souvenir, kamu juga bisa memulainya dengan mendesain yang membuat sendiri souvenir yang unik.

2. Menyiapkan Modal

Berbicara tentang bisnis pasti tidak jauh dari modal. Modal untuk memulai usaha souvenir pernikahan tidaklah harus fantastis, namun menyesuaikan dengan anggaran yang bisa kamu gelontorkan. Hal yang lebih penting menyangkut tentang modal adalah siapa target pasar kamu. Semakin elit target pasar kamu, maka kebutuhan modal bisa semakin besar pula.

3. Membuat Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis dapat dikatakan sebagai awal permulaan bisnis kamu. Tahap ini adalah bagian penting bagi segala jenis bisnis. Maka dari itu, dalam memulai usaha souvenir pernikahan, perencanaan bisnis harus dirancang dengan akurat. Beberapa poin penting yang harus kamu persiapkan adalah:

  • Garis besar usaha atau inti bisnis
  • Analisis kompetitor
  • Menghitung budgeting
  • Perencanaan operasional dan manajerial
  • Strategi usaha, seperti pemasaran, penjualan, dan lain-lain

4. Menentukan Lokasi Usaha

Membuka usaha souvenir pernikahan kamu tentu membutuhkan gudang untuk menyimpan barang. Apabila kamu memiliki cukup biaya untuk menyewa tempat tertentu, maka pilihlah lokasi yang strategi. Lokasi strategis maksudnya mudah dijangkau dan berdekat dengan bisnis pendukung lainnya, misalnya rias pengantin, wedding organizer, katering, dan sejenisnya. Jika tidak memiliki cukup modal, sebenarnya kamu dapat menggunakan salah satu sudut rumah untuk menyimpan souvenir-souvenir tersebut.

5. Eksekusi

Eksekusi adalah tahap menjalankan bisnis. Pada tahap ini, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh pemula dalam usaha souvenir pernikahan, yaitu:

1) Mempertimbangkan Jumlah dan Harga

Langkah awal eksekusi usaha souvenir pernikahan adalah memperhitungkan dan menyiapkan estimasi pemesanan atau produksi souvenir tersebut. Melalui perkiraan ini, kemudian kamu dapat menghitung harga beli, HPP (harga pokok penjualan), margin, dan harga jualnya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui jumlah dan harga yang pas untuk suatu produk souvenir yang disesuaikan dengan budget bisnis.

2) Membeli Souvenir atau Bahan Baku

Eksekusi usaha souvenir pernikahan dimulai dengan membeli souvenir dari supplier atau bahan baku pembuatan souvenir. Setelah pembelian dilakukan, tentu saja harus langsung disiapkan agar souvenir dapat segera dipasarkan. Kamu dapat menata rapi souvenir-souvenir tersebut berdasarkan kategori tertentu untuk memudahkan dalam pendataan jumlah barang keluar masuk, misalnya menurut harga, ukuran, ataupun warna.

3) Menyusun Strategi Pemasaran

Pemasaran bukan sekedar berupaya untuk menunjukkan produk kepada publik tetapi juga strategi. Bagaimana langkah awal melakukan promosi untuk bisnis baru? Pertama, lakukan strategi pemasaran dengan mengedepankan value atau keunikan dari produk yang kamu jual. Kedua, manfaatkan berbagai media untuk melakukan promosi, baik secara langsung maupun online, seperti e-commerce, Facebook, Instagram, ads, brosur, spanduk, dan lain sebagainya.

Ikuti kelas: Tips Ampuh Bagi Pemula Jualan Laris di Tokopedia

4) Melakukan Evaluasi Rutin

Evaluasi sesungguhnya tahap yang sangat penting di segala bidang, termasuk bisnis. Sebaiknya, lakukanlah evaluasi rutin menggunakan metode tertentu, misalnya SWOT, agar kamu mengetahui secara lebih detail kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan dalam menjalankan bisnis souvenir pernikahan. Selain itu, kamu juga berhak meminta review dari para pelanggan mengenai pelayanan dan kualitas produk souvenir. Kemudian, jadikan evaluasi tersebut sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik.

Baca juga: 

Bisnis Souvenir Pernikahan

Itulah beberapa tips bisnis souvenir pernikahan dari awal untuk para pemula. Usaha jenis ini memang memiliki peluang yang cukup menjanjikan di Indonesia. Namun, bisnis souvenir pernikahan membutuhkan persiapan, strategi, dan teknik yang matang agar usaha berjalan secara stabil, bukan musiman.

Kamu membutuhkan bimbingan yang lebih profesional? Sasaran bisnis adalah pasar. Jadi, langkah awal yang memang harus pebisnis lakukan adalah memvalidasi target pasar. Dengan begitu, langkah-langkah berikutnya akan menjadi lebih mudah. Temukan cara mudah memvalidai target pasar, pebisnis pemula wajib tahu! Ikuti kelas: Langkah Awal Membangun Bisnis: Validasi Target Market

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *