Tanggal:17 June 2024

Peluang Bisnis! 10 Kerajinan Tangan yang Bisa Jadi Cuan

Usaha kerajinan tangan merupakan peluang bisnis yang bisa dilakukan dari rumah. Menjalankan usaha, salah satu bentuk kegiatan yang bisa menghasilkan uang dan meningkatkan taraf kehidupan seseorang. Oleh karena itu, bisnis yang kita jalankan dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal jika kita tekun dan kreatif dalam menjalankan bisnis tersebut.

Berikut beberapa ide kerajinan tangan yang bisa dijadikan bisnis. Yuk, simak informasinya!

10 Kerajinan Tangan yang Bisa Jadi Cuan

1. Lampu langit dari botol bekas

Usaha kerajinan tangan dari barang bekas yang memiliki bentuk-bentuk menarik adalah lampu langit dalam botol bekas. Botol-botol tersebut kemudian disusun dalam bentuk bulat dengan ukuran sesuai selera Anda. Jika lampunya besar, ukuran lampu hiasnya pun besar, begitu juga dengan lampunya yang kecil maka ukuran lampu hiasnya juga kecil. Produk ini sangat potensial untuk dipasarkan.

Baca Juga :

2.Dompet dari bungkus kopi

Selain bisa digunakan sebagai karpet, bungkus kopi juga dapat dibuat menjadi kerajinan tangan berbentuk dompet. Pembuatannya hampir sama seperti membuat karpet, perbedaannya terletak pada susunan dan proses jahitannya yang berbentuk dompet. Selain itu, ketebalan bungkus kopi yang terlipat juga membuat dompet ini sangat aman dan tahan lama. Bahkan dompet berbahan bungkus kopi pun bisa menjadi salah satu kerajinan tangan yang laris dijual.

3. Hiasan dinding dari koran bekas

Koran bekas jika tidak digunakan dan tidak dibaca sebagai arsip, ternyata dapat diproduksi, loh. Sebagai produk unik yang terbuat dari bahan bekas, Anda dapat membuat hiasan dinding dari koran berbentuk bundar, seperti lempengan atau piring untuk digantung di dinding.

Tulisan berita di kertas koran akan menghasilkan bentuk yang menarik dan berbeda dengan hiasan dinding lainnya. Namun, agar bisa tahan lama, Anda harus memastikan bahwa kondisi kertas koran bekas selalu dalam kondisi baik.

Baca Juga : 

4. Tempat pulpen dari stik es krim

Pasti saat Anda kecil dulu pernah mengumpulkan stik es krim yang dibeli. Setidaknya ketika Anda masih kecil mengumpulkan stik es krim adalah kegiatan yang menyenangkan. Namun, ada satu hal yang perlu diketahui. Stik es krim itu dapat ditumpuk dan dijadikan kerajinan tangan berupa tempat pulpen atau tempat lainnya, loh. Setelah itu Anda dapat mewarnai dan melukisnya dengan bentuk atau pola agar lebih menarik.

5.Hiasan dinding dari kaset CD

Usaha kerajinan tangan menggunakan tanaman sebagai dekorasi interior atau tembikar adalah hal yang lumrah. Namun, bentuk burung yang sedang terbang yang dibuat dari bekas kaset CD dan digunakan sebagai hiasan rumah merupakan sesuatu yang unik dan menarik. Serta bisa menghasilkan keuntungan untuk Anda. Langkah pertama dalam membuat kerajinan ini adalah memotong kaset CD bekas kemudian merapatkannya hingga menjadi bentuk burung. Hasilnya seperti yang bisa Anda lihat pada foto di atas. Kerajinan tersebut memiliki bentuk yang indah dan tingkat artistik yang tinggi.

Baca juga : 

6. Aksesoris dan perhiasan

Tidak hanya untuk wanita, pria juga dapat menggunakan aksesoris kerajinan tangan, seperti gelang, cincin, jam tangan, dll. Pecinta aksesoris sangat banyak, Anda bisa membuatnya dengan bahan kulit atau mutiara yang bisa dibuat sesuai dengan ide Anda. Anda juga dapat mengetahui jenis aksesoris apa yang paling Anda sukai dan memodifikasinya sesuka Anda. Semakin unik, menarik, dan berkualitas bahannya, otomatis semakin tinggi harga yang ditawarkan.

7. Jasa melukis

Sudah pasti kerajinan tangan ini berlaku untuk Anda yang hobi menggambar. Lukisan dapat dijadikan hadiah kepada orang tua, teman yang berulang tahun, ataupun pasangan. Harga yang Anda patokkan untuk setiap lukisan pun dapat berbeda sesuai dengan tingkat kesulitan. Anda dapat memasarkan jasa melukis lewat media online. Sehingga jangkauan pemasarannya pun semakin luas. Nama Anda pun semakin terkenal dan bisa jadi ada beberapa pihak yang akan mengontrak untuk kolaborasi dengan Anda.

Baca Juga :

8.Kerajinan tangan tradisional

Anda hobi memahat, membuat keramik, atau menenun? Nah, kerajinan tangan seperti ini memiliki daya jual dan harga jual yang tinggi, loh. Selain menjual produk, Anda juga bisa membuka jasa pelatihan untuk hobi tersebut. Peminatnya pun cukup banyak. Tak hanya orang dewasa saja, anak kecil pun menyukai kerajinan tangan seperti ini. Hal itu karena dapat melatih kreativitas dan merangsang motorik anak agar lebih aktif lagi.

9.Lilin aroma terapi

Jika Anda suka bereksperimen, membuat lilin aroma terapi adalah jenis bisnis kerajinan tangan yang cocok dengan Anda. Lilin aroma terapi pun banyak diminati sebagai souvenir pernikahan. Hal ini merupakan peluang bisnis yang bagus untuk Anda. Namun, sebelum membuatnya, Anda harus tahu pasti jenis bahan lilin apa yang akan digunakan. Untuk aroma, Anda harus pintar meracik aroma yang menenangkan sekaligus menyegarkan. Pengemasan juga berpengaruh, Anda bisa menggunakan gelas lilin dengan bentuk dan desain menarik yang menggambarkan aroma lilin Anda.

10. Sablon kaos

Yang satu ini termasuk kerajinan yang cocok bagi Anda yang memiliki hobi sablon. Peluang bisnis juga menarik karena semakin banyak distributor kaos. Jangan sampai hobi sablon Anda tidak tersalurkan karena ini sesuatu yang menguntungkan. Anda bisa menawarkan jasa sablon kepada teman atau mahasiswa yang akan mengadakan acara. Namun, Anda juga harus memikirkan bahwa kualitas sablon warna yang dihasilkan adalah yang terbaik agar tidak mengecewakan pembeli.

Baca Juga :

Itu dia informasi kerajinan tangan yang bisa menghasilkan cuan. Menggunakan bahan bekas yang masih layak didaur ulang adalah hal yang bijak untuk kelestarian lingkungan kita. Lebih baik hidup di lingkungan yang sehat untuk kualitas hidup yang lebih baik. Semoga bermanfaat dan nantikan artikel lainnya dari Vocasia, ya!

 

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *