Tanggal:29 April 2024
Cara Memilih Fungsi dan Kualitas Produk Kerajinan

Cara Menentukan Fungsi dan Kualitas Produk Kerajinan

Kerajinan adalah barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan. Umumnya kerajinan dibuat dengan memenuhi beberapa fungsi. Ada yang berfungsi untuk meringankan pekerjaan, ada juga yang berfungsi sebagai hiasan bernilai seni. Namun, beberapa pertanyaan pasti terlintas di pikiran seseorang ketika hendak menggunakan produk kerajinan, yaitu bagaimana kualitas produk? Apakah produk ini akan berfungsi sesuai dengan yang diharapkan? Oleh karena itu, sebelum membeli produk kerajian, alangkah baiknya dipertimbangkan terlebih dahulu bagaimana cara menentukan fungsi dan kualitas produk kerajinan tersebut. Langkah ini penting dilakukan agar tidak terjadi penyesalan saat produk tersebut sudah berada di tangan. Yuk simak cara menentukan fungsi dan kualitas produk kerajinan.

Baca juga: Ketahui 8 Faktor dalam Desain Produk Ini, Agar Brand Kamu Menarik!

Bagaimana Cara Menentukan Fungsi dan Kualitas Produk Kerajinan?

Produk yang baik sepatutnya memiliki fungsi dan kualitas yang mumpuni. Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk menentukan fungsi dan kualitas produk, yaitu:

1. Bentuk atau Wujud Fisik Produk Kerajinan

Produk biasanya memiliki bentuk yang berbeda-beda, sesuai dengan target pasar dan tren yang sedang ramai. Bentuk yang berbeda pula yang menyebabkan fungsi produk berbeda. Unsur-unsur yang harus diperhatikan ketika menentukan fungsi dan kualitas produk adalah garis, tekstur, ruang, dan bidang. Melalui unsur tersebut akan terlihat bagaimana kualitas produk dan fungsinya bagi di pemakai. Misalkan, seorang pengrajin membuat tas tenteng daun pandan dengan ukuran 16 cm x 43 cm x 56 cm. Sangat mungkin tas tersebut difungsikan sebagai tas belanja harian apabila kuat menahan beban. Namun, apabila sebaliknya, kemungkinan hanya digunakan untuk mewadahi jajanan kering.

Baca juga: Pilih Kemasan Produk yang Tepat, Agar Penjualanmu Meningkat!

2. Fungsi Produk Kerajinan

Pengrajin secara sengaja menghubungkan antara bentuk dan fungsi produk kerajinan. Hal ini dilakukan agar pemakain mendapatkan kualitas produk terbaik dengan kegunaan yang tepat sasaran. Sebagai contoh: pengrajin ingin membuat produk kerajinan untuk hiasan atau pajangan. Maka dari itu, pengrajin akan sangat memperhatikan aspek keindahan produk. Semakin indah penampakan produk maka semakin nyaman untuk dipandang. Selain keindahan, pengrajin memilih bahan yang tahan lama agar keindahan produk dapat bertahan lama.

3. Bahan yang Digunakan untuk Membuat Produk Kerajinan

Kualitas dan fungsi produk dapat dilihat dari bahan-bahan yang digunakan. Bahan-bahan yang dipilih harus disesuaikan dengan jenis produk yang akan dibuat. Misalkan, pengrajin ingin membuat gelang tangan. Untuk menghasilkan gelang tangan yang cantik dan tahan lama, maka bahan yang dapat digunakan adalah manik-manik, bukan kayu. Kualitas bahan akan menentukan kualitas dan bagaimana produk akan difungsikan serta lama pengunaan produk.

Demikianlah cara menentukan fungsi dan kualitas produk kerajinan. Semoga artikel ini memberikan kamu wawasan baru tentang pilih-memilih produk. Pilihan kamu terhadap suatu produk hendaknya disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Baca juga: Cara Menulis Deskripsi Produk yang Baik

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *