Tanggal:29 April 2024
channel marketing

Mengenal Jenis-Jenis Channel Marketing

Mengenal jenis-jenis channel marketing tentulah sangat penting untuk dilakukan. Channel marketing adalah saluran pemasaran yang digunakan oleh para pebisnis. Terdapat jenis-jenis channel marketing yang wajib kamu ketahui. Jenis-jenis channel marketing dibuat terpisah menyesuaikan kebutuhan kamu, loh. Kamu dapat memilih dari jenis-jenis channel marketing yang ada dengan melihat kebutuhan pasar. Channel marketing sangat dibutuhkan untuk membantu kamu mengoptimalkan berbagai saluran pemasaran yang ada.

Jenis-jenis channel marketing dapat kamu pilih sesuai dengan hasil market research yang telah didapatkan. Kamu bisa menganalisis hasil dari kebutuhan dan keinginan konsumen sesuai dengan jenis channel marketing yang tepat. Ketepatan pemilihan channel marketing juga sangat menentukan distibusi pesan secara tepat pula. Kamu harus mampu memilih channel marketing yang sangat sesuai dengan produk yang ditawarkan. Alih-alih salah memilih channel marketing justru informasi produk kamu akan terbuang percuma. Yuk, simak jenis-jenis channel marketing dibawah ini.

1. Display Advertising

Jenis channel marketing ini sangat berkaitan dengan periklanan di dunia digital. Display advertising ialah iklan digital yang dapat kamu gunakan pada sebuah website maupun kanal dunia maya. Iklan digital ini bisa kamu pasang dalam bentuk foto, video, pesan teks, maupun audio saja. Jenis channel marketing ini cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan awareness produk yang ditawarkan.

Baca Juga | Cara Belajar Digital Marketing  Sampai Mahir, Yuk Simak!

2. Afiliasi Channel Marketing

Afiliasi yakni jenis channel marketing dengan mengandalkan distribusi tautan melalui website maupun media sosial. Jenis channel marketing ini biasanya digeluti oleh para selebgram maupun influencer. Kamu bisa mendistribusikan tautan dan mendapatkan komisi dari transaksi penjualan tersebut. Hanya bermodalkan pengikut yang banyak, pundi-pundi rupiah pun bisa kamu dapatkan.

Baca Juga | Apa itu Program Afiliasi?

3. Email Marketing

Jenis channel marketing yang satu ini tentu saja menggunakan email sebagai channel utamanya. Kamu dapat mendistribusikan pesan terkait produk melalui pengiriman pesan email. Email dapat kamu sesuaikan dengan target pasar. Kamu hanya perlu memastikan kesesuaian pemilik email dengan target pasar yang ditentukan.

Baca Juga | Email Marketing

4. Social Media Marketing

Social media marketing tentu saja hanya menggunakan satu channel, yakni media sosial. Jenis social media marketing yang kamu pilih haruslah sesuai dengan target pasar. Kamu wajib mengetahui pengguna dari masing-masing media sosial. Tentunya agar kamu tidak salah alamat dalam memasarkan produk melalui channel ini. Tak jarang pengguna media sosial Facebook ialah para orang tua sedangkan kaum milenial cenderung menggunakan Instagram ataupun Twitter.

Baca Juga | Pengertian Marketing Mix 7P dan Contoh Penerapannya!

5. Konsultan Channel Marketing

Jenis channel marketing yang satu ini terbilang unik dan terpercaya. Konsumen akan lebih mudah dalam memahami detail produk yang ditawarkan beserta dukungan opini yang sesuai. Para konsultan akan membantu perusahaan dalam memberikan opini, saran, maupun pendapat berdasarkan data kepada konsumen. Jenis channel marketing ini sangat tepat untuk kamu yang ingin memberikan kepercayaan lebih pada setiap konsumen.

Itulah jenis-jenis channel marketing yang perlu kamu ketahui. Tentu saja pengetahuan terkait jenis-jenis channel marketing dapat membuat strategi pemasaran kamu lebih cepat berhasil. Kamu hanya perlu memahami dan menerapkan sesuai apa yang dibutuhkan pasar, ya. Pilihlah jenis channel marketing yang tepat supaya bisnis kamu dapat dikenal secara luas dan tentunya meningkatkan aspek pemasaran!

Baca Juga | 7 Tips Menjadi Konsultan Digital Marketing

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *