Tanggal:05 May 2024

7 Tips Menjadi Pribadi Yang Proaktif Saat Bekerja

Catatan Grafik Di Sebuah Kertas

Di era global saat ini persaingan dalam dunia kerja menjadi semakin ketat, seorang pekerja harus memiliki kemampuan maupun keterampilan yang mumpuni untuk bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan maksimal. Salah satu kemampuan yang bisa dikembangkan adalah sikap proaktif. Sikap proaktif adalah sikap pribadi seseorang yang cenderung berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak. Sikap proaktif membuat kita bertanggung jawab atas hidup kita sendiri. Ciri-ciri dari sikap proaktif ini dapat dilihat dari keaktifan individu dalam mersepon segala hal yang terjadi di dalam hidupnya.

Cara berpikir seseorang yang proaktif dapat dilihat dari cara mereka mengenali diri mereka. Mereka bukanlah tipe orang yang menyalahkan keadaan, kondisi, dan masa lalu. Mereka sadar sebelum bertindak mereka tidak boleh membuat keputusan dengan melibatkan perasaan atau hal-hal yang telah terjadi di masa lalu. Seseorang yang proaktif terus selalu aktif bergerak maju, dan selalu bersemangat. Mereka selalu aktif terlibat dalam berbagai kegiatan, tidak menjadi pasif yang hanya sekedar mengamati saja. Mereka menjadi seseorang yang proaktif di dalam berpikir, dan bertindak.

Sikap proaktif sangat dibutuhkan sekali dalam dunia kerja, karena seseorang dengan sikap proaktif memiliki visi yang jelas, selalu aktif tidak pasif, mampu menangkap peluang, dan juga selalu berusaha melakukan hal yang terbaik untuk mningkatkan kualitas performanya dalam bekerja. Bagi kamu yang ingin sekali membentuk pribadimu menjadi seseorang yang proaktif saat bekerja. Di sini aku akan memberikan tips-tips yang bisa kamu coba. simak di bawah ini, ya!

7 Tips Menjadi Pribadi Yang Proaktif Saat Bekerja

1. Bersikap Optimis Terhadap Diri Sendiri

Ilustrasi Wanita Yang Sedang Tersenyum

Ilustrasi Wanita Yang Sedang Tersenyum(pexels.com/andrea piacquadio)

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah cobalah untuk bersikap optimis. Bersikap optimis dalam hal ini kamu harus percaya pada dirimu sendiri, percaya akan kemampuan dan juga potensi yang kamu miliki. Seringkali seseorang itu menjadi pasif karena kurang yakin bahwa dirinya sanggup untuk melakukan suatu hal. Nah keyakinan yang ada pada dirimu ini perlu di perkuat, agar kamu tidak merasa ragu ketika menghadapi apapun, dan kamu terus memiliki harapan yang baik. Sehingga keyakinan itu membuatmu berani menjadi pribadi proaktif yang selalu aktif dalam bertindak.

2. Miliki Inisiatif Yang Tinggi Saat Bekerja

Ilustrasi Seorang Pria Yang Sedang Bekerja Dengan Menggunakan Kompute

Ilustrasi Seorang Pria Yang Sedang Bekerja Dengan Menggunakan Komputer(pexels.com/burst)

Selanjutnya tips yang kedua yang bisa kamu coba adalah memiliki inisiatif dalam bekerja. Inisiatifmu dalam bekerja sangat diperhitungkan. Kamu bisa mulai melatih inisiatifmu dengan memberikan ide, gagasan, maupun saran kepada atasan ataupun rekan kerja tanpa perlu diminta. Ide, gagasan, maupun saran darimu ini akan menjadi nilai tambah dirimu di mata atasan.

3. Menjadi Pribadi Yang Fleksibel

Ilustrasi Gerigi Kendaraan

Ilustrasi Gerigi Kendaraan(pexels.com/miguel a padrinan)

Selain harus memiliki inisiatif, seseorang yang proaktif juga harus bisa fleksibel dalam setiap pekerjaannya. Artinya kamu harus bisa menempatkan dirimu dengan baik dalam pekerjaan. Apalagi di era global saat ini, dengan menggunakan teknologi kita dapat mengerjakan pekerjaan kita secara efisien. Jadi kamu bisa mengerjakan pekerjaanmu dengan fleksibel, baik itu secara waktu, situasi maupun kondisi. Selain itu menjadi fleksibel juga bisa ditunjukkan dengan kreatifitasmu dalam bekerja, bagaimana kamu mampu menghandle semua pekerjaanmu dengan baik.

4. Bertanggung Jawab Atas Semua Tindakanmu

Ilustrasi seorang pria yang mengacungkan jari jempo

Ilustrasi Seorang Pria Yang Mengacungkan Jari Jempol(pexels.com/pixabay)

Tips yang keempat adalah bertanggung jawab atas segala tindakanmu. Seseorang yang proaktif adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab tinggi terhadap semua tindakan yang dilakukannya. Jika kamu ingin menjadi seseorang yang proaktif kamu harus belajar bagaimana caranya bertanggung jawab. Kamu harus memikirkan matang-matang segala keputusan sebelum bertindak. Jangan pernah lari dari masalah selain berpengaruh terhadap penilaian atasanmu, lari dari masalah juga akan merugikan dirimu sendiri. Karaktermu tidak akan berkembang menjadi lebih baik.

5. Belajar Membuat Keputusan Yang Tepat Saat Di Situasi Sulit

Ilustrasi Catatan Grafik Dan Laptop

Ilustrasi Catatan Grafik Dan Laptop(pexels.com/lukas)

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah belajar membuat keputusan yang tepat di situasi sulit. cobalah untuk belajar menjadi seseorang pribadi yang memiliki kemampuan berpikir kritis. Berpikir kritis akan menuntunmu untuk membuat keputusan bedasarkan proses analisa, dan evaluasi secara logis dan kritis. Sehingga membuatmu dapat mengambil keputusan yang tepat dan rasional di situasi sulit. Kalau kamu penasaran bagaimana caranya untuk berpikir kritis, kamu bisa langsung mampir ke artikel Begini 8 Cara Melatih Diri Supaya Berpikir Kritis, Cobalah Perlahan

6. Jadilah Seorang Pembicara Di Tim

Ilustrasi Wanita Melakukan Presentasi Dengan Tim

Ilustrasi Wanita Melakukan Presentasi Dengan Tim(pexels.com/christina morillo)

Tips selanjutnya kamu bisa mencoba menjadi pembicara di dalam tim mu. Tunjukkan lah bahwa kamu mampu menjadi promotor tim dengan mengungkapkan ide, gagasan, solusi kepada rekan-rekan kerjamu, bahkan kepada atasanmu. Berikan nilai positif dan arahan yang baik, agar kerja sama dalam tim mu berjalan dengan optimal.

7. Mampu Beradaptasi Dengan Adanya Perubahan

Ilustrasi Wanita Melakukan Presentasi Dengan Tim

Ilustrasi Wanita Melakukan Presentasi Dengan Tim(pexels.com/alexas fotos)

Perkembangan zaman membuat segalanya cepat berubah, begitu juga standarisasi dalam pekerjaan. Perusahaan juga harus selalu beradaptasi dengan adanya perubahan dan trend agar bisa selalu bertahan dan berjalan maju. Begitu halnya pula dengan kamu, kamu harus siap untuk menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi, jangan pernah berpuas diri. Teruslah belajar, kembangkan soft skill tambahan agar kamu mampu beradaptasi dengan adanya perubahan.

Nah, Itu dia tadi penjelasan mengenai tujuh tips menjadi pribadi yang proaktif saat bekerja. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk menjadi pribadi yang proaktif saat bekerja yaa. Untuk kamu yang pengen banget nih! membangun kesan di mata atasan atau bos kamu, kamu bisa banget ikutan kursus Sukses Membangun Kesan Ke Atasan di web Vocasia.Id mumpung masih ada diskon, jadi hanya 300 ribu aja kamu bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat yang bisa di akses dimanapun, dan seumur hidup. Tunggu apalagi, yuk ikutan kursusnya!

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Bersikap Open Minded

Sukses Membangun Kesan - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *