Tanggal:21 June 2024

5 Kiat Sukses dalam Interview Kerja

Diterima di suatu perusahaan merupakan tujuan bagi kebanyakan orang. khususnya kamu yang baru saja telah menyelesaikan masa pendidikannya. Walaupun begitu. untuk bisa diterima di suatu tempat kerja yang kamu inginkan diperlukan beberapa tahap seleksi selama proses perekrutan perusahaan tersebut. Tentu saja agar bisa diterima tidaklah semudah isapan jempol. Besar kemungkinan kamu akan mengalami banyak kegagalan atau menerima banyak penolakan dalam mendapatkan pekerjaan. Nah, salah satu proses yang akan kamu lalui nanti ialah tahap wawancara atau interview.

Bagi suatu perusahaan atau HRD, wawancara merupakan salah satu tahap yang sangat krusial dan penting sekali dalam mempertingkatkan calon karyawan. Tahap interview ini juga sekaligus menjadi salah satu batu sandungan bagi kamu yang sedang gencar mencari tempat kerja, penyebabnya adalah dikarenakan kamu harus siap untuk berhadapan langsung dengan wakil dari perusahaan yang akan menilai kalayakan kamu apakah kamu pantas atau tidak pantas untuk diterima bekerja di perusahaan. Maka dari itu kamu harus mempersiapkan matang-matang sebelum melakukan wawancara kerja. Kira-kira apa saja persiapan yang perlu kamu lakukan untuk bisa lolos tahap wawancara kerja ?

Cara Ampuh Sukses Wawancara Kerja

Berikut di bawah ini beberapa tips-tips yang akan membantumu lebih siap dan berhasil lolos tahap interview :

1. Berikan Kesan Pertama yang Positif

Lakukan Kontak Mata dengan Interviewer
Lakukan Kontak Mata dengan Interviewer – @pexels.com

Tips yang pertama adalah memberikan first impression atau kesan pertama yang positif kepada lawan bicaramu ketika melakukan wawancara kerja. Kesan pertama dapat memberikan pengaruh besar di banyak hal tak terkecuali dalam interview kerja. Berhasilnya kamu membuat first impression yang positif kepada interview akan memperlancar dan mempermudah proses wawancaramu.

Untuk menciptakan kesan pertama yang postif kamu bisa melakukan beberapa hal, misalnya seperti datanglah tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan dan sebaiknya lagi kamu datang beberapa menit sebelum interview dimulai agar kamu bisa jauh lebih siap secara mental. Interviewer atau perusahaan akan melihat kamu sebagai orang yang sangat bersungguh-sungguh untuk bekerja di perusahaan tempat kamu melamar.

Kemudian kamu bisa memberikan first impression yang baik dengan berjabat tangan dengan cukup erat dan percaya diri, lalu lakukanlah kontak mata yang baik dengan interviewermu selama wawancara.

Perlihatkan kepercayaan dirimu agar dapat diterima oleh perusahaan yang kamu lamar

Baca juga: Cara menjadi HRD yang benar

2. Bepenampilan yang Baik

orang berpakaian rapi
Pakaian yang rapi akan memeberikan kesan pertama yang baik – @Pexels.com

Hal pertama yang akan diperhatikan oleh interviewer tidak lain dan tidak bukan adalah caramu dalam berpenampilan. Tidak hanya pakaian yang kamu kenakan atau kerapian rambut, tetapi wajah juga harus terlihat segar, fresh dan jika kamu wanita usahakan untuk menggunakan make up yang sederhana saja. Perhatikan juga bagian kukumu, usahakan tidak terlalu panjang dan terlihat bersih. Gunakan parfum dengan wangi yang enak namun tidak menyengat karena bisa mengganggu kenyamanan dan terakhir kenakanlah pakaian yang profesional dengan warna yang tidak terlalu mencolok dan warna baju, celana dan sepatu yang tidak terlalu kontras.

Baca juga: 4 peluang usaha yang menjajikan di tahun 2021

3. Riset Perusahaan

orang sedang meriset
Carilah informasi tentang perusahaanmu sebelum wawancara – @pexels.com

Salah satu pertanyaan yang sangat sering dilontarkan oleh interviewer yaitu pertanyaan “Apa yang kamu ketahui tentang posisi yang kamu lamar dan tentang perusahaan ini?”. Jadi kamu sangat disarankan untuk melakukan penelitian perusahaan tersebut.

Salah satu cara terbaik untuk bisa mengatasi pertanyaan seperti ini tentu saja melakukan riset pada perusahaan tersebut beberapa hari sebelum interview dilaksanakan. Carilah informasi yang lebih mendalam dan mendatil tentang perusahaan tersebut, lalu informasi tentang posisi yang menjadi incaranmu. Riset ini akan membuat kamu jauh lebih siap saat wawancara, selain itu kamu akan terlihat lebih cermat, memiliki wawasan yang luas dan lebih berpengalaman di mata interviewer. Jadi Riset adalahsalah satu kunci sukses wawancara kerja.

Baca juga: 5 ciri bahwa belum hidup seutuhnya, jangan sia-siakan hidupmu!

4. Kepercayaan Diri dan Antusiasme

orang bersemangat dan bergairah
Bersikap percaya diri – @pixabay.com

Rasa antusias dan percaya diri merupakan hal yang tidak bisa disepelekan dalam proses penerimaan kerja. Kepercayaan diri akan mencegah kamu untuk berbohong kepada HRD yang akan nantinya jadi nilai minus di mata perusahaan yang kita lamar.

Jangan terlalu memaksakan dirimu untuk terlihat sangat pantas di mata perusahaan dengan cara berbohong. Kamu tetap bisa menjelaskan kekurangan atau hal-hal negatif pada diri kamu saat interview tetapi kamu juga bisa menjelaskan hal-hal apa saja sih yang sudah kamu lakukan untuk mengatasi semua kekurangan kamu itu. Jangan juga kamu memaparkan atau menjelaskan sesuatu yang tidak dipertanyakan oleh interviewer apalagi jika sampai di luar konteks.

Baca juga: Kreator youtuber yang paling hits di Indonesia di tahun 2021

5. Berikan Jawaban https://vocasia.id/blog/kreator-youtube-indonesia-paling-hits/Cerdas

Orang mendapat ide
Berikan jawaban yang tepat, singkat dan padat – @pexels.com

Pahamilah pertanyaan interviewer dengan seksama dan berikan jawaban yang tepat, tanpa harus berbelit-belit. Jawablah pertanyaannya secara singkat dan padat, disarankan menjawab dalam satu sampai 2 menit saja.
Jangan terlalu cepat berkata tidak, misalkan terdapat pertanyaan seperti “Apakah kamu bisa menggunakan MS Excel ?” hindari menjawab “saya tidak bisa” dan hanya berhenti sampai disitu. Tambahkan jawaban tersebut dengan kalimat yang menunjukan kalau kamu siap mempelajari itu kedepannya

Baca juga: Cara mahir bermain gitar

Nah itu dia beberapa hal yang bisa membantumu aga sukses menghadai wawancara kerja. Buat kamu yang sedang mencari pekerjaan tetap semangat dan janga mudah menyerah.
Kamu juga bisa melatih dirimu menjadi lebih baik lagi untuk kesiapan bekerja nanti
Di Vocasia juga kami menyediakan banyak pelatihan online di beragam macam bidang
Yuk daftar dan belajar bersama Vocasia

Referensi Artikel : Daihatsu.co.id

Mahir Excel
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *