Tanggal:17 June 2024

7 Ide Bisnis Hanya Modal HP, Gampang Banget!

Bisnis hanya bermodalkan HP.

Semakin maju dunia teknologi masa kini, segala sesuatu menjadi serba mudah dan praktis bagi manusia. Salah satunya bagaimana mereka ingin membuka dan memulai suatu bisnis atau usaha. Ditunjang adanya kemudahan akibat teknologi tersebut, memulai bisnis menjadi bukan masalah yang sulit untuk dilakukan lagi. Misalnya saja teknologi bernama HP atau handphone. Hanya bermodalkan HP saja, manusia sudah bisa memulai bisnis yang diinginkan. Meskipun pekerjaan hanya modal HP ini terdengar sepele dibandingkan berbisnis secara tradisional semisal membuka toko, tentunya kamu tak bisa meremehkan bisnis terssebut. Justru beberapa pekerjaan modal HP berikut ini malahan tak membutuhkan modal banyak, dibandingkan modal yang akan dikeluarkan jika kamu membuka berbisnis secara tradisional tersebut. Dari segi keuntungan pun, kamu akan mendapatkan laba yang lumayan bahkan bisa besar jika kamu beruntung. Nah, berikut akan dijabarkan beberapa ide berbisnis hanya bermodalkan HP saja. 

1. Admin Online Shop/Customer Service (CS)

Bisnis modal HP dengan menjadi seorang customer service. Sumber: Picjumbo.com/Pexels
Bisnis modal HP dengan menjadi seorang customer service. Sumber: Picjumbo.com/Pexels

Ide bisnis modal HP pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menjadi seorang admin dari suatu online shop. Pekerjaan ini mungkin lebih kamu kenal dengan sebutan customer service.  Nah, kamu bisa mulai mencari dan mendaftar diri sebagai admin atau customer service di salah satu online shop yang tersedia di internet. Nantinya tugasmu menjadi seorang admin online shop ini adalah melayani para calon pembeli yang berkunjung. Tentunya dengan menjadi seorang admin online shop, kamu dituntut untuk sigap dan ramah kepada calon pembeli ini. Bisnis modal HP ini tentunya sangat cocok untukmu yang membutuhkan pekerjaan sampingan yang fleksibel terhadap tempat kerjanya.

2. Dropshipper

Bisnis modal HP dengan menjadi seorang dropshipper juga bisa kamu lakukan.
Bisnis modal HP dengan menjadi seorang dropshipper juga bisa kamu lakukan. Sumber: Rodnae Productions/Pexels

Ide bisnis modal HP kedua yang bisa dilakukan olehmu adalah dengan menjadi seorang dropshipper. Apa itu dropshipper? Mungkin istilah ini masih asing di telingamu. Nah, pekerjaan menjadi seorang dropshipper adalah pekerjaan di mana kamu akan memasarkan produk dari penjual tertentu. Kamu akan menawarkannya ke banyak orang, dan jika di antara mereka terdapat oranga yang tertarik untuk membelinya, kamu akan mengirimkan sinyal ke penjual tersebut. Jadi, dengan menjadi seorang dropshipper, tugasmu hanyalah memasarkan produk tersebut. Meskipun tugasmu hanya mempromosikan, keuntungan yang akan kamu dapatkan pun lumayan. Bisnis ini bisa kamu lakukan hanya bermodal HP. Kamu bisa memanfaatkan HP tersebut untuk menyebarkan promosi produk di seluruh media sosial yang kamu miliki. 

3. Membuat Thriftshop

Bisnis modal HP dengan membuka thriftshop. Sumber: Burst/Pexels
Bisnis modal HP dengan membuka thriftshop. Sumber: Burst/Pexels

Nah, ide bisnis ini mungkin tidak sepenuhnya akan kamu lakukan melalui HP. Ya, bisnis Thriftshop. Jika kamu merasa ingin memulai bisnis dengan menjual barang-barang bekas dengan harga yang miring, kamu bisa coba untuk membuka bisnis ini. Seperti yang diinformasikan, bisnis ini mungkin tak sepenuhnya akan kamu lakukan online via HP. Hal itu dikarenakan nantinya jika bisnismu mendapatkan seorang pelanggan, kamu tetap akan melayaninya secara luring misalnya saja membungkus dan mengirimkan produk ke tempat pembeli. Namun, untuk pemasaran tokomu tersebut, barulah kamu bisa memanfaatkan HP-mu untuk promosi. Kamu bisa mulai dengan membuat akun bisnis untuk tokomu di Instagram. Setelahnya kamu bisa mulai mempromosikan jualanmu itu di sana.

4. Jual Pulsa dan Kuota

Bisnis modal HP dengan berjualan pulsa dan kuota.
Bisnis modal HP dengan berjualan pulsa dan kuota. Sumber: Artem Portez/Pexels

Ide bisnis hanya modal HP keempat adalah dengan menjual pulsa dan kuota. Bisnis modal HP ini sangat fleksibel untuk kamu geluti. Hal itu karena kamu bisa melakukannya dimana pun dan kapan pun kamu inginkan. Jadi, kamu bisa menjual pulsa dan kuota ini dimana pun kamu berada, dan kapan pun waktunya. Nah, selain menjual pulsa dan kuota, kamu juga bisa menambahkan jualan lain seperti jual token listrik, air, dan sebagainya. Kamu juga tak perlu cemas dengan keuntungan yang akan didapatkan karena dengan berjualan ini, tentunya kamu bisa memenuhi kebutuhan hidupmu sehari-harinya.

5. Bisnis Paid Promote

Bisnis modal HP dengan membuka jasa endorsement.
Bisnis modal HP dengan membuka jasa endorsement. Sumber: Lisa/Pexels

Nah, jika akun media sosialmu memiliki ribuan atau jutaan pengikut, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuka bisnismu sendiri, lho. Hanya bermodalkan media sosial dan HP, kamu sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan, nih. Bisnis modal HP ini yaitu dengan membuka usaha paid promote atau endorsement. Kamu bisa membuka kesepakatan dengan para wirausahawan lain. Kamu bisa menawarkan diri untuk mempromosikan produk mereka di paltform media sosialmu tersebut. Darinya, tentu kamu akan mendapatkan imbalan berupa bayaran akan kerjasama tersebut. Jadi, manfaatkanlah pengikut di media sosialmu dengan cermat, ya!

6. Content Creator

Bisnis modal HP dengan menjadi seorang content creator.
Bisnis modal HP dengan menjadi seorang content creator. Sumber: Freestocks/Pexels

Bisnis modal HP yang bisa kamu coba untuk lakukan selanjutnya adalah dengan menjadi seorang content creator. Jika kamu hobi dan senang dalam membuat video dan mengeditnya, kamu bisa coba bisnis yang satu ini. Manjadi seorang content creator di Youtube bisa dilakukan hanya bermodalkan HP. Kamu bisa coba untuk membuat video-video menarik seperti memasak, keseharianmu, dan sebagainya. Nah, keuntungan yang akan kamu dapatkan pun akan sangat besar jika akun Youtubemu tersebut juga semakin meningkat dari segi pengikut ataupun penontonnya. Bahkan banyak youtuber hanya berpatok penghasilan dari konten youtube mereka lho! Hal itu karena besarnya keuntungan yang akan didapatkan jika konten-kontennya itu juga banyak ditonton.

7. Content Writer/Copywriter/Penulis Cerita

Bisnis modal Hp dengan menjadi seorang penulis.
Bisnis modal Hp dengan menjadi seorang penulis. Sumber: Lisa/Pexels

Nah, bisnis modal HP yang terakhir adalah menjadi seorang penulis. Jika kamu memiliki kemampuan dalam bidang kepenulisan, kamu bisa mencoba bisnis dengan menjadi seorang content writer, copywriter, ataupun penulis cerita. Biasanya menjadi seorang content writer/copywriter, kamu akan dituntut untuk bisa menulis artikel mengenai kelebihan produk yang dijual tempatmu bekerja, sehingga hal itu akan berdampak ke angka pembelian produk tersebut. Adapun menjadi seorang penulis, kamu bisa menuangkan ide cerita-ceritamu menjadi sebuah buku. Ketiga tipe penulis tersebut tentunya bisa dilakukan hanya bermodalkan HP, dan kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Nah, kamu minat untuk mencoba yang mana?

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *