Tanggal:20 June 2024
Medium.com

Kumpulan Teks Editor Terbaik Untuk Pemrograman

Text editor adalah sebuah aplikasi yang biasanya digunakan oleh programmer untuk menyusun kode program sehingga menjadi sebuah aplikasi baru. Bagi Anda pengguna Windows mungkin pernah membuka aplikasi Notepad. Aplikasi tersebut merupakan contoh editor teks yang ada saat ini.

Di bagian pembuka, kita telah membahas sedikit tentang pentingnya editor teks. Ya, editor teks adalah bagian penting bagi programmer. Bahkan bisa dibilang editor teks adalah senjata utama para programmer untuk membangun sebuah aplikasi. Apalagi coding (penyusunan baris kode) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pekerjaan seorang programmer.

Ada banyak pilihan editor teks. Mulai dari editor teks dengan fitur sederhana hingga editor teks dengan fitur yang sangat lengkap dengan berbagai plugin tambahan yang tersedia. Namun, Anda tidak dapat memilih editor teks berdasarkan fitur saja.

Setidaknya ada tiga faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih editor teks seperti persyaratan fitur, spesifikasi komputer yang digunakan, dan bahasa pemrograman yang digunakan. Misalnya, ketika Anda mengembangkan aplikasi menggunakan C# akan lebih kompatibel jika Anda menggunakan Visual Studio. Tapi sekali lagi, itu juga tergantung dari kenyamanan masing-masing pengguna text editor.

Jika Anda masih bingung memilih editor teks yang tepat untuk kebutuhan Anda. Di bawah ini adalah daftar beberapa editor teks terbaik saat ini.

Daftar 6 Editor Teks Terbaik untuk Pemrograman

Ada berbagai macam editor teks yang populer saat ini. Beberapa di antaranya memiliki keunggulan fitur yang lengkap, bobot yang ringan, atau dukungan dengan berbagai bahasa pemrograman dan integrasi dengan program lain.

Pada bagian ini, kita akan membahas editor teks termasuk Atom dan Sublime Text yang mendukung berbagai sistem operasi. Ada juga Vim yang termasuk editor teks paling ringan di antara yang lainnya.

  1. Notepad++

Siapa yang tidak tahu Notepad? Editor teks bawaan Windows ini sering digunakan untuk membuat file txt atau mengetik catatan ringan. Sedangkan Notepad++ merupakan pengembangan dari Notepad bawaan Windows.

Notepad++ memberikan fitur tambahan yang lebih modern dan canggih. Notepad hanya menggunakan tampilan menu sederhana dengan latar belakang putih, sedangkan pada Notepad++ Anda akan melihat banyak pilihan menu dan ikon.

Anda dapat melakukan banyak hal menggunakan Notepad++. Aplikasi ini dapat membaca berbagai bahasa pemrograman. Ada juga menu plugin untuk menambahkan fitur.

Notepad++ menggunakan tampilan jendela tab. Fitur ini akan sangat berguna ketika Anda membuka beberapa file secara bersamaan. Terdapat juga tampilan tata letak file yang sedang Anda buka sehingga memberikan informasi tentang posisi file dalam folder kerja.

Selain fitur di atas, fitur lain yang cukup berguna adalah kustomisasi pintasan, pemendekan teks, perekaman makro, pelengkapan otomatis, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang membutuhkan editor teks ringan dengan kebutuhan terbatas, Notepad++ adalah pilihan yang tepat. Bagaimana dengan lisensinya? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Notepad++ secara gratis.

Anda bisa langsung mengakses halaman Notepad++ untuk mencobanya secara langsung.

  1. Sublime Text

Salah satu keunggulan Sublime Text adalah tampilannya yang dinamis. Ada juga beberapa tema yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda.

Sublime Text termasuk dalam editor teks yang mendukung berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac, dan Linux. Jadi, tidak masalah jika Anda mengerjakan pengembangan aplikasi menggunakan beberapa sistem operasi yang berbeda.

Linux merupakan sistem operasi yang paling kompatibel dengan Sublime Text, kinerjanya dimaksimalkan pada sistem operasi ini. Fungsi pencarian Sublime Text dapat bekerja lebih maksimal di Linux karena ada

Keuntungan lain dari Sublime Text adalah cepat dan dapat digunakan bahkan pada perangkat dengan sumber daya kecil. Sublime Text juga memungkinkan Anda untuk menambahkan fitur dengan menginstal plugin. Anda dapat menginstal beberapa plugin jika Anda memiliki sumber daya yang cukup.

  1. Visual Code Studio

Selain Notepad, editor teks lain yang dikerjakan oleh Windows adalah Visual Code Studio. Tampilan Visual Code Studio cukup menarik dengan beberapa ornamen unik yang ada.

Kode Visual adalah editor teks gratis dan kuat. Anda juga akan menyukainya. Kode Visual ini menyediakan fitur yang dapat melengkapi baris kode yang Anda tulis secara otomatis. Selain itu, ada banyak fitur tambahan yang bisa membuat Anda nyaman menggunakannya.

Anda dapat menyembunyikan menu dan ikon dengan menggunakan mode Zen. Mode ini mendukung Anda untuk tetap fokus pada aplikasi yang sedang dikembangkan. Untuk menavigasi antara fitur satu dengan yang lain, Anda dapat memanfaatkan shortcut keyboard yang juga tersedia di Visual Code.

Menariknya, ada juga integrasi dengan Git dan fitur debugging yang dapat membantu Anda memeriksa kesalahan dalam baris kode. Ini sangat ideal untuk programmer. Meskipun awalnya lebih mendukung penggunaan bahasa pemrograman C#, Visual Code Studio juga dapat digunakan untuk bahasa pemrograman lainnya.

Bagi Anda yang ingin mencobanya, tersedia versi gratis dan berbayar. Anda bisa langsung mengunjungi halaman Visual Code Studio untuk mendapatkan file instalasinya.

  1. Komodo Edit

Selain Sublime Text, ada lagi aplikasi yang cukup mirip yaitu Komodo Edit. Keduanya memiliki fitur yang cukup lengkap dan juga bisa digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac OS.

Komodo Edit sudah ada sejak lama. Aplikasi ini resmi diperkenalkan pada tahun 2007 yang kemudian untuk melengkapi IDE Komodo ActiveState berbayar.

Bagaimana dengan dukungan bahasa pemrograman? Tidak perlu khawatir karena Komodo Edit juga mendukung bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti HTML, SQL, CSS, Python, PHP, Ruby, dan lain sebagainya.

Akses langsung ke halaman Komodo Edit GitHub untuk mencoba editor teks ini pada sistem operasi yang Anda gunakan.

  1. Atom

Atom, editor teks open source terbaik yang tersedia saat ini. Aplikasi ini tersedia untuk Mac OS, Linux, dan Windows. Saya sendiri sering menggunakan Atom untuk mengatur baris kode atau terkadang hanya untuk mencatat beberapa catatan.

Atom tidak kalah elegan dari Sublime Text. Selain tampilannya yang menarik dan desain yang elegan, aplikasi ini juga mendukung banyak bahasa. Jika Anda menginginkan fitur tambahan, Anda dapat dengan mudah menambahkannya melalui menu plugin yang tersedia.

Fitur-fitur yang tersedia di Atom termasuk teknologi berbasis web, pencari fuzzy, seluruh proyek cepat, browser sistem file, tata bahasa TextMate, integrasi dengan Node.js, dan banyak keunggulan lain dari Atom dibandingkan dengan editor teks lainnya.

  1. Vim

Vim bisa dibilang editor teks yang cukup tahan lama. Aplikasi ini diperkenalkan pada tahun 1991 dan merupakan salah satu editor teks terbaik hingga saat ini.

Jika Anda pengguna Linux, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Vim adalah editor teks bawaan Linux yang sering berguna untuk membuka dan mengedit baris kode dalam file.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan berbagai fitur. Vim mendukung ribuan bahasa pemrograman, seperti skrip bash, C, dan PHP. Vim juga memiliki log riwayat edit yang dapat membantu untuk kembali ke awal ketika terjadi kesalahan.

Kesimpulan

Ada banyak editor teks terbaik yang tersedia. Sesuaikan opsi dengan kebutuhan Anda. Sebuah editor teks yang dapat memenuhi kebutuhan yang sama dapat menghasilkan aplikasi secara efisien dan efektif.

Anda tidak perlu membuka file kecil menggunakan Sublime atau Atom karena cukup berat. Anda dapat membuka file kecil menggunakan Vim atau Notepad++ dan menggunakan yang lain untuk membuka file dan projek dengan kapasitas besar.

Kursus MySQL dan Kursus PHP
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *