Tanggal:17 May 2024

Perbedaan Bulking vs Cutting, Mana yang Cocok untuk Membentuk Tubuh Idealmu?

Memiliki tubuh ideal memang idaman sebagian orang. Ada berbagai cara untuk memiliki tubuh indah ideal dengan jumlah otot yang maksimal, termasuk melakukan bulking dan cutting. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu membentuk tubuh ideal dengan meningkatkan masa otot.

Baca Juga: Perbedaan Gym Dan Fitness Yang Orang Sering Keliru

Namun, masih banyak yang belum bisa membedakan kedua teknik tersebut sehingga keliru dalam menerapkannya. Berharap mendapatkan tubuh yang indah dan ideal, malah jadi tidak seimbang. Tentu saja kamu tidak ingin hal itu terjadi bukan? Nah, untuk memahami perbedaan keduanya, kamu bisa simak artikel berikut:

Bulking

Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

Tujuan utama bulking adalah fokus terhadap peningkatan masa otot tubuh. Ternyata masih banyak orang yang salah paham bahwa bulking adalah hanya menambah berat badan saja, sehingga konsumsi makanan apa pun seolah boleh dimakan tanpa memperhatikan nutrisi yang diperlukan tubuh. Padahal bulking tidak seperti itu karena akan menimbulkan penambahan berat badan dan masa otot yang tidak seimbang.

Teknik bulking ini sangat tepat dilakukan oleh kamu yang ingin memiliki badan ideal dengan melakukan program fitness. Maka dari itu, kamu harus fokus pada penambahan masa otot. Seperti yang telah disinggung diatas, proses bulking sering kali gagal karena pola konsumsi makanan yang tidak seimbang. Meskipun berat badan mengalami kenaikan, tetapi kenaikan tersebut bukan dari penambahan masa otot, melainkan penimbunan lemak yang berlebihan. Pada akhirnya proses pembakaran lemak menjadi lebih sulit.

Baca Juga: Lebih Baik Makan Sebelum Atau Sesudah Olahraga? Berikut Penjelasan Ilmiahnya!

Tetapi bukan berarti kamu mengkonsumsi makanan tidak memiliki kandungan lemak, kamu masih membutuhkannya. Kamu hanya perlu memperbanyak konsumsi lemak tak jenuh dan mengurangi lemak jenuh. Kemudian untuk mempermudah pembakaran lemak, lakukanlah kardio seperti jogging, lompat tali, berenang, aerobik dan lain-lain, selama kamu melakukan bulking.

Selain itu, istirahatlah dan jaga pola tidur yang baik, minimal kamu memiliki jam tidur 7-8 jam setiap hari. Tetap fokus melakukan latihan yang menargetkan otot-otot besar seperti punggung, kaki, bahu, dan dada sebelum otot-otot lainnya.

Baca juga: 6 Makanan Pembesar Otot, Wajib Harus Kamu Konsumsi Untuk Ototmu!

Cutting

Gambar oleh roxanawilliams1920 dari Pixabay

Sederhanya, cutting dalam fitness bisa diartikan sebagai pengeringan dan pengencangan otot. Misalnya, kamu memiliki berat badan yang melebihi batas normal, maka langkah yang ditempuh adalah mengurangi berat badan, kemudian membentuk otot di tubuh. Otot tersebut bisa disebut basah karena mempunyai kandungan lemak yang banyak.

Jika berat badanmu di atas normal melakukan bulking merupakan hal yang tidak tepat, akan membuat badan kamu lebih membesar. Hal tersebut yang harus kamu lakukan adalah cutting. Teknik ini dapat pula disebut sebagai pemangkasan jumlah lemak dalam tubuh. Caranya ialah dengan membakar lemak melalui proses metabolisme.

Baca Juga:  10 Makanan Rendah Lemak, Cocok Untuk Diet!

Hal yang perlu diperhatikan adalah apa yang dibakar pada proses metabolisme untuk diolah menjadi energi? Karbohidrat, lemak, atau protein. Jadi, konsumsi bahan makanan yang mengandung protein tinggi merupakan kewajiban saat melakukan proses ini.

Selain itu, asupan lemak tak jenuh dan karbohidrat kompleks juga penting. Beberapa makanan berlemak tak jenuh yang bisa dikonsumsi, yaiyu ikan yang kaya omega-3. Sementara itu, karbohidrat kompleks dapat diperoleh dari roti gandum. Perbanyaklah sayur dan buah supaya proses metabolisme tubuh menjadi lancar. 

Baca juga: Cara Ampuh Defisit Kalori Untuk Menurunkan Berat Badan!

Kesimpulan

Pada intinya, teknik bulking dan cutting memiliki tujuan yang sama yaitu membentuk tubuh ideal dengan meningkatkan masa otot. Namun, antara bulking dan cutting sebaiknya disesuaikan dengan kondisi tubuhmu, apakah tubuhmu normal, over weight atau under weight?

Bulking difokuskan untuk meningkatkan berat badan sedangkan cutting difokuskan untuk menurunkan berat badan yang berlebihan. Pilihlah teknik atau program yang tepat, konsiten latihan, konsumsi makanan yang sehat, serta hindari minuman dan makanan manis dan junk food yang bisa memicu terjadinya obesitas.

Baca juga: Makanan-Makanan Yang Wajib Kamu Hindari Saat Pembentukan Otot!

Nah, itu dia sekilas informasi mengenai teknik bulking dan cutting. Mana yang cocok untuk membentuk tubuh idealmu?

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *