Tanggal:03 May 2024
makanan rendah lemak

10 Makanan Rendah Lemak, Cocok untuk Diet!

Ingin turun berat badan? Selain berolahraga, mengonsumsi makanan rendah lemak adalah kuncinya. Selain itu, makanan rendah lemak juga bisa mencegah datangnya berbagai penyakit mengerikan seperti diabetes, kolesterol tinggi, sampai penyakit jantung, lho. Dengan demikian, mengonsumsi makanan berlemak rendah secara rutin, dapat membawa dampak baik pada kesehatan.

makanan rendah lemak

source: freepik

Supaya program dietmu berjalan lancar, yuk icip beberapa makanan rendah lemak berikut ini!

Daftar Makanan Rendah Lemak

Perlu diingat bahwa tubuh kita juga membutuhkan lemak dari makanan. Sebab, lemak berfungsi untuk menyuplai tenaga dan mendukung pertumbuhan sel di dalam tubuh. Mengharamkan lemak dalam pola makan, tentu bukan pilihan yang bijak.

Akan tetapi, saat tubuh memiliki lemak berlebih, berbagai penyakit bisa datang menghampiri. Itulah mengapa kamu harus menyeimbangkannya dengan makanan rendah lemak yang akan dibahas di bawah ini.

1. Sayuran hijau

source: pixabay

Sayuran hijau tidak mengandung lemak dan telah memiliki banyak zat mineral serta vitamin yang dibutuhkan tubuh. Salah satunya adalah bayam, yang menjadi sayuran hijau yang sangat familiar di lidah orang Indonesia. Agar tak bosan dengan bayam, masih ada kubis, sawi, selada, dan sebagainya untuk menjadi variasi menu sayuran hijau.

Baca Juga : Olahraga Interval Training, Bikin Cepat Langsing!

2. Buah-buahan

makanan rendah lemak

source: pexels

Makanan rendah lemak yang kedua adalah buah-buahan. Ia menjadi pilihan yang sangat menarik untuk dijadikan cemilan manis yang menyehatkan. Sebab, hampir semua buah-buahan bersifat rendah lemak, tinggi vitamin, mineral, dan serat.

Selain itu, beberapa buah juga mengandung antioksidan yang dipercaya dapat menangkal radikal bebas. Sehingga, penyakit seperti kanker, penyakit jantung, nyeri sendi, hingga penuaan dini dapat dicegah.

Baca Juga : 9 Cara Mudah Detoksifikasi Tubuh

3. Ubi jalar

makanan rendah lemak

source: pixabay

Ubi jalar tentunya menjadi makanan yang sangat familiar bagi orang Indonesia. Satu ubi jalar berukuran sedang hanya mengandung 1,4 gr lemak. Selain dikenal sebagai makanan rendah lemak, ubi jalar juga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan beberapa vitamin B. Ubi jalar juga dilengkapi dengan zat mineral seperti kalium dan mangan.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Body Scrub Untuk Memutihkan Kulit

4. Jamur

nakanan rendah lemak

source: pixabay

Selain memiliki banyak jenis, jamur juga bermanfaat bagi kesehatan. Memang nutrisi yang dikandung setiap jamur berbeda-beda. Tapi, tiap jenis jamur yang bisa dikonsumsi memiliki kesamaan dalam kalium, serat, vitamin B, dan zat mineralnya. Selain itu, jamur juga kaya akan antioksidan yang dipercaya mampu meredakan peradangan dalam tubuh.

Baca Juga : Manfaat Collagen Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wanita

5. Ikan tanpa lemak

makanan rendah lemak

source: pixabay

Ternyata, tak semua ikan mengandung lemak. Faktanya, ada ikan yang rendah lemak seperti ikan cod. Ia hanya berbobot 85 gr dan mengandung 1 gr lemak, 70-100 kalori, dan 16-20 gr protein. Ikan tanpa lemak juga mengandung vitamin B3, B12, fosfor, dan selenium.

Baca Juga : Contoh dan Cara melakukan Self Care

6. Daging ayam tanpa kulit

Selama ini, mungkin kamu makan ayam beserta kulitnya. Padahal, kulit ayam tersebut adalah sumber dari lemak-lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Ya, daging ayam adalah salah satu makanan yang mengandung protein rendah lemak, jika dimakan tanpa kulit.

Kamu bisa mengolah dada ayam tanpa kulit tersebut dengan dipanggang, ditumis, atau dengan cara memasak yang sehat lainnya – bukan digoreng. Setiap makan besar, kamu boleh memakan porsi yang setara dengan 40 gr.

Baca Juga : Cara Perawatan Wajah Secara Alami Di Rumah

7. Putih telur

Perlu diketahui, lemak dan kolesterol pada telur terkandung dalam kuning telurnya. Lalu, bagaimana dengan putih telur? Faktanya, putih telur tidak mengandung lemak sama sekali alias 0 gram. Selain itu, putih telur juga mengandung rendah kalori.

Baca Juga : Cara Mengecilkan Perut Sebelum Tidur

8. Bawang putih

makanan rendah lemak

source: pixabay

Hampir setiap masakan khas Nusantara mengandung bawang putih di dalamnya. Ternyata, dunia Barat mengenalnya sebagai makanan rendah lemak. Bawang putih mengandung sedikit kalori dan hampir tidak memiliki lemak. Bahkan, bawang putih telah terbukti bisa menurunkan tekanan darah tinggi hingga menurunkan kolesterol.

Baca Juga : Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Tubuh

9. Oatmeal tanpa gula

Oatmeal kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Kandungan yang rendah lemak dan tinggi serat membuat oatmeal kerap kali dijadikan pilihan sebagai menu diet. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan tinggi serat serta rendah lemak dapat mencegah berat badan berlebih.

Meski begitu, mengonsumsi oatmeal bisa menjadi bumerang tersendiri kalau kamu salah mengolahnya. Misalnya adalah dengan menyisipkan gula dan buah kering terlalu banyak. Bukannya berkurang, berat badan kamu malah berisiko mengalami kenaikan.

Baca Juga : Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh

10. Produk susu rendah lemak

Susu, keju lembut, hingga yogurt (yang berlabel rendah lemak) menjadi asupan rendah lemak yang bisa masuk dalam menu makan harian kamu. Berbagai asupan tersebut mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mulai dari zat mineral, vitamin B3, B6, dan B12. Selain itu, produk susu berupa yogurt mengandung probiotik, yang tak lain adalah bakteri baik untuk kesehatan usus.

Itu dia deretan makanan rendah lemak yang bisa kamu variasikan ke berbagai menu lezat. Ingat, lemak juga dibutuhkan tubuh untuk menyuplai tenaga. Jadi, kamu disarankan untuk tidak mengharamkan makanan lemak. Seimbangkanlah makanan berlemak dengan makanan rendah lemak di atas agar kesehatanmu tetap terjaga. Semoga program dietmu berjalan lancar, ya!

Baca juga: 9 Manfaat Infuse Water untuk Kesehatan Tubuh

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *