Tanggal:17 June 2024
laporan keuangan

Pentingnya Memahami Manfaat Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah catatan yang memuat informasi keuangan di sebuah instansi pada periode tertentu. Segala transaksi bisnis, baik pengeluaran maupun pemasukan akan dicatat dalam laporan tersebut. Selain untuk mencatat histori keuangan, laporan keuangan juga digunakan untuk memberikan gambaran hasil kinerja dari suatu perusahaan. Dikarenakan laporan keuangan merupakan cerminan perusahaan, maka laporan harus dibuat relevan dengan kondisi bisnis, mudah dipahami, dan sesuai standar yang berlaku. Untuk lebih memahami seberapa penting laporan keuangan, artikel ini akan menyajikan informasi mengenai fungsi dan manfaat laporan keuangan.

Baca juga: Cara Membaca Laporan Keuangan dengan Mudah dan Benar

Fungsi Laporan Keuangan

Setelah mengetahui apa itu laporan keuangan, rasanya tidak complete apabila tidak menyinggung fungsi laporan keuangan. Apakah laporan keuangan dibuat dengan sesuka hati? Tentu saja tidak. Berikut adalah beberapa fungsi laporan keuangan.

1. Menggambarkan Kondisi Perusahaan

Perusahaan dikatakan berkembang ketika nilai imbal hasil terus naik setiap periode. Kestabilan perusahaan dapat dinilai berdasarkan arus kas yang berjalan lebih lancer dari periode sebelumnya.

2. Menunjukkan Kredibilitas Perusahaan

Laporan keuangan merupakan salah satu bukti operasionalisasi perusahaan. Kredibilitas perusahaan juga dapat dilihat dari seberapa jelas dan transparan catatan keuangan.

3. Sebagai Bahan Pertimbangan dan Pertanggungjawaban

Laporan keuangan adalah salah satu bentuk pertanggungjawaban perusahaan atas seluruh sirkulasi dana. Laporan tersebut bukan hanya bahan pertimbangan bagi internal perusahaan tetapi juga pihak eksternal. Misalkan, investor berhak mengetahui kondisi perusahaan melalui laporan keuangan sebelum memutuskan untuk melakukan penanaman modal.

4. Sebagai Bahan Evaluasi Kerja

Fungsi berikutnya adalah sebagai bahan evaluasi kinerja perusahaan yang sekaligus menjadi bahan acuan strategi operasionalisasi di masa depan.

Baca juga: Cara-Cara Mudah Untuk Membuat Laporan Keuangan!

Manfaat Laporan Keuangan

Bagi Investor

Manfaat laporan keuangan yang pertama adalah untuk memberikan pandangan kepada investor mengenai potensi menanam modal di perusahaan tersebut.

Bagi Karyawan

Penting bagi karyawan untuk mengetahui laporan keuangan dari perusahaan yang mereka tempati. Melalui laporan tersebut karyawan dapat mengetahui stabilitas dan profitabilitas keuangan perusahaan. Selain itu, karyawan juga mampu menilai kelayakan gaji yang diterima atas kontribusi yang diberikan kepada perusahaan.

Baca juga: Apa itu Profit?

Bagi Pemberi Pinjaman

Laporan keuangan adalah dasar pertimbangan pemberi pinjaman untuk memberi pinjaman atau tidak kepada perusahaan.

Bagi Pelanggan

Pelanggan dapat menilai seberapa besar kelangsungan dan perkembangan perusahaan melalui laporan keuangan. Selain itu, laporan keuangan juga memengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan atau produk tertentu.

Bagi Pemerintah

Laporan keuangan merupakan acuan bagi pemerintah untuk menetapkan pajak dan bahan menyusun statistik pendapatan nasional.

Tidak peduli besar atau kecil suatu perusahaan atau badan usaha. Nyatanya, laporan keuangan penting disusun untuk mengetahui up date terkini kondisi perusahaan. Dengan kata lain, menyusun laporan keuangan adalah suatu keharusan.

Baca juga: Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *