Tanggal:13 May 2024

8 Tips Produktif di Pagi Hari

Rutinitas pagi hari mempengaruhi suasana hati. Kamu bisa membangun mood positif di pagi hari karena pada saat itu kamu mendapati udara yang masih bersih serta suasana yang tenang. Terdapat fakta menarik mengenai rutinitas pagi nih, Sobat Vocasia. Ternyata, rutinitas yang kamu lakukan di pagi hari menjadi hal yang menentukan seberapa produktif kamu di sepanjang hari tersebut, lho. Maka dari itu, kamu harus memanfaatkan momen emas itu untuk memulai hari dengan kebiasaan-kebiasaan baik.

Ilustrasi bangun pagi (freepik)

Namun, bagi sebagian orang mengalami kesulitan untuk bangun pagi sehingga mereka kesulitan untuk menjalani rutinitas pagi hari. Akibatnya, pikiran akan sulit untuk fokus sehingga dapat mengganggu kegiatan sehari-hari yang dapat menghambat kamu untuk produktif. Untuk menghindari hal itu, Vocasia telah merangkum 8 tips produktif di pagi hari yang bisa kamu terapkan. Tips ini merupakan cara mudah untuk memompa semangat dan meningkatkan produktivitas. Simak artikelnya sampai tuntas, ya!

Apa Itu Produktif?

Produktif artinya memanfaatkan waktu dalam sehari dengan maksimal (freepik)

Sebelum membahas tentang tips produktif di pagi hari, kamu perlu memahami dulu tentang apa itu produktif. Produktif diartikan sebagai sebuah cara untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dengan sedikit waktu dan sedikit usaha. Mungkin yang terlintas di benak kamu adalah sosok produktif adalah sosok yang selalu sibuk setiap harinya. Padahal, hal itu bukanlah gambaran produktif. Definisi sibuk dengan produktif memang terkadang saling tumpang tindih dan kamu harus memahami bahwa sibuk dengan produktif bukanlah hal yang sama.

Sibuk adalah kegiatan yang berorientasi pada waktu sedangkan produktif adalah kegiatan yang berorientasi pada hasil atau manfaat. Jika kamu telah memahami definisi produktif, kamu tak lagi merasa dikejar oleh deadline setiap harinya karena orang yang produktif bisa mengerjakan sesuatu lebih awal. Dengan demikian, pekerjaan yang dilakukan lebih berkualitas.

Kegiatan yang produktif dilakukan secara rutin dan tidak memberatkan. Bila dikaitkan dengan waktu, kegiatan ini memanfaatkan waktu dalam satu hari yaitu 24 jam dengan maksimal. Hal-hal yang dapat meningkatkan produktivitas, yaitu pengetahuan, keterampilan, usia, dan sikap atau kebiasaan. Sikap atau kebiasaan ini meliputi pola tidur, olahraga, dan skala prioritas yang ditetapkan oleh seseorang.

Baca juga: 7 Tips WFH Agar Tetap Produktif & Tehindari Dari Stress

Tips Produktif di Pagi Hari

Nah, setelah memahami penjelasan tentang arti produktif, tahukah kamu alasan mengapa kamu memerlukan hari yang produktif? Jawabannya adalah produktif dapat membuat kamu untuk memaksimalkan banyak pekerjaan dalam waktu yang singkat. Kamu bisa memanfaatkan waktu seefektif mungkin dan menghindari diri dari berbagai macam gangguan dengan begitu akan membantumu untuk fokus melakukan beberapa pekerjaan. Selain itu, kamu punya banyak waktu untuk melakukan kegiatan lain di luar rutinitasmu sehari-hari. Taraf kehidupanmu juga akan meningkat sehingga menjadikanmu lebih baik dari waktu ke waktu.

Baca Juga : Membangun Pola Kerja yang Cermat dan Produktif

Lalu, bagaimana cara produktif di pagi hari? Kamu bisa mencoba tips produktif yang bisa kamu terapkan mulai besok pagi. Berikut 8 tips yang bisa kamu lakukan.

  1. Tak perlu begadang kalau bukan untuk urusan mendesak

Ilustrasi begadang (freepik)

Begadang, jangan begadang. Kalau tiada artinya. Begadang boleh saja. Kalau ada perlunya ~

Hayo, kamu tentu gak asing kan dengan penggalan lirik lagu itu? Ternyata, lirik lagu itu ada benarnya juga, lho. Jangan begadang kalau tidak ada urusan mendesak. Kamu harus menerapkan pola tidur yang baik agar produktif, salah satunya adalah dengan tidur 7-8 jam di malam hari. Sayangnya, pola tidur ini seringkali diabaikan karena kebiasaan begadang masih sering dilakukan. Nah, inilah yang menjadi kesalahan terbesar orang yang ingin memiliki pagi produktif.

Setelah bekerja keras seharian, tubuhmu memerlukan istirahat di malam hari. Sel-sel akan beregenerasi secara optimal saat kamu tidur. Untuk mencapai kondisi prima, jangan sampai kamu bedagang hanya untuk hal yang tidak penting seperti maraton drama atau bermain game online. Kamu bisa melakukan kedua hal itu pada esok hari di waktu senggang. Jangan korbankan waktu tidurmu hanya untuk urusan yang tidak mendesak, ya.

  1. Wajib pasang alarm

Ilustrasi mematikan jam beker (freepik)

Bagi kamu yang masih suka bangun kesiangan, tips ini wajib kamu terapkan. Bangun kesiangan membuat kamu kalang kabut di pagi hari untuk menyiapkan berbagai hal. Kamu bisa mengatur alarm melalui jam beker atau melalui ponsel. Buat beberapa alarm di waktu berbeda agar kamu tidak ketiduran. Ada satu trik yang mungkin bisa kamu coba, yaitu meletakkan alarm di luar jangkauan tanganmu. Saat hendak mematikannya, kamu akan melangkahkan kaki dan itu membuat kesadaranmu cepat pulih dari tidur.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Gangguan Tidur, Efektif Kamu Coba!

  1. Segera nyalakan lampu kamar

Menyalakan lampu kamar akan membuatmu segera bangun dari tidur (Lifestyle Kompas)

Tips ini efektif untukmu apabila kamu terbiasa tidur dengan lampu yang mati. Udara dingin dan kamar yang gelap akan membuatmu nyaman untuk melanjutkan tidur meski hari sudah beranjak siang. Respons alami tubuh yang terdistraksi dengan cahaya akan membuatmu bergegas bangun dari tidur. Begitu kamu mematikan alarm, segera lanjutkan dengan menyalakan lampu kamar, ya!

  1. Segera minum air setelah bangun tidur

Minum air putih setelah bangun tidur (freepik)

Hidrasi tubuhmu dengan air ketika bangun di pagi hari. Selama kamu tidur di malam hari, tubuh akan melakukan detoksifikasi racun. Dengan meminum air di pagi hari, kamu bisa memetik banyak manfaat. Dalam beberapa penelitian, minum air saat perut kosong dapat meningkatkan metabolisme tubuh, mengontrol berat badan, dan memperbaiki imunitas. Selalu siapkan air putih di dekat tempat tidurmu agar kamu bisa kamu jangkau dengan mudah.

Baca Juga : 9 Manfaat Infuse Water untuk Kesehatan Tubuh

  1. Jaga kebersihan diri

Jaga kebersihan diri dengan mandi (freepik)

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan diri kamu dengan mandi. Mandi adalah ritual pagi yang tak boleh kamu lewatkan. Jadi, jangan tunda untuk pergi ke kamar mandi apalagi jika kamu lebih memilih bermain ponsel setelah bangun tidur. Untuk memulai hari, pastikan tubuhmu bersih dengan mandi di pagi hari. Mandi juga membuat tubuhmu terasa lebih segar. Agar lebih bersemangat, kamu bisa melanjutkan ritual lain untuk merawat kulit dengan memakai skincare, menambahkan lotion, dan memakai parfum favoritmu.

  1. Setel playlist kesukaanmu

Mendengarkan musik dapat memperbaiki mood (freepik)

Mendengarkan musik di pagi hari mampu memperbaiki mood kamu juga, lho. Pilih lagu-lagu dengan nada riang dan memiliki lirik yang membuatmu kian semangat menjalani hari. Kamu juga bisa menyetel playlist kesukaanmu. Sembari mendengarkan musik, kamu bisa melakukan aktivitas lain seperti membersihkan tempat tidurmu atau menata ulang meja kerja yang berantakan.

Baca Juga : Rekomendasi Lagu-Lagu Untuk Menemani Kerja!

  1. Meditasi dan buat to-do list

Meditasi membantu merelaksasikan pikiran (freepik)

Pernahkan kamu merasa waktu terlalu cepat berlalu dan pekerjaanmu terasa tidak kunjung selesai? Mungkin kamu butuh sedikit ketenangan dengan cara melakukan meditasi. Iringan musik lembut dapat merelaksasikan pikiran dan hatimu. Setelah merasa lebih tenang, mulailah menulis prioritas kegiatanmu. Buatlah detail aktivitas atau to-do list yang akan kamu lakukan selama satu hari di buku khusus. Dengan ini, kamu tidak akan kebingungan untuk menyelesaikan pekerjaanmu dan tidak ada pekerjaan penting yang terlewat.

Baca juga: 8 Cara Meditasi Untuk Menenangkan Pikiran

  1. Lakukan Olahraga Ringan

Lari pagi merupakan olahraga untuk melengkapi rutinitas pagi (freepik)

Olahraga ringan bisa kamu lakukan untuk menyempurnakan rutinitasmu di pagi hari. Berolahraga pagi adalah salah satu investasi yang menguntungkan. Kamu bisa memilih aktivitas ringan seperti lari pagi di sekitar komplek atau mengikuti gerakan yoga di YouTube. Kamu tidak perlu menyisihkan waktu terlalu banyak, cukup 15 menit setiap hari. Dengan melakukannya secara rutin, tubuhmu akan lebih sehat dan bugar.

Itulah tips ampuh yang bisa meningkatkan produktivitasmu di pagi hari. Mungkin terlihat berat tapi kamu tidak akan pernah tahu sebelum mencobanya. Kamu perlu menerapkan tips ini secara rutin tiap hari agar menjadi kebiasaan baik. Nah, membahas mengenai kebiasaan dan produktivitas, kamu bisa mengakses kursus menguasai kebiasaan orang yang efektif untuk meningkatkan produktivitas kerja di Vocasia. Melalui kursus tersebut, kamu akan memahami 7 kebiasaan manusia yang bisa dipraktekan agar hidup bisa lebih produktif dan efektif serta memetakan kebiasaan baik dan buruk menjadi 3 golongan.

Akses kursusnya disini, ciptakan kebiasaan yang baik, dan tingkatkan produktvitasmu!

Baca Juga : Manfaat Handgrip untuk Otot Tangan dan Tips Memilihnya!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *