Tanggal:03 May 2024

4 Hal Mengapa Belajar Bahasa Inggris Cukup di Duolingo!

Keberadaan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional di kehidupan sosial memang sangat penting. Namun, bukan berarti penggunaan bahasa lainnya tidak penting. Setiap bahasa memiliki ciri khas masing-masing dan digunakan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Ketika kamu bisa menggunakan Bahasa Inggris kamu akan dimudahkan dalam beberapa kondisi, terlebih saat kamu berada di luar negeri. Penggunaan Bahasa Inggris juga amat penting mengingat segala persyaratan studi maupun beasiswa ke universitas top di dunia pasti memiliki persyaratan untuk melampirkan kemampuan kamu berbahasa Inggris. 

Artikel kali ini akan membagikan informasi mengenai suatu aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh kamu yang ingin cepat mahir dalam berbahasa asing khususnya bahasa inggris. Aplikasi apakah itu? Simak jawabannya di bawah ini!

Baca Juga:

Cara Belajar Bahasa Inggris di Duolingo

Belajar bahasa inggris di duolingo. Sumber: pexels.com

Duolingo merupakan suatu aplikasi yang dikhususkan untuk belajar Bahasa Asing. Aplikasi ini sudah tersedia bagi segala pengguna smartphone antara lain android, Ios, Windows Phone, PC/Laptop. Aplikasi ini diperuntukkan bagi semua kalangan yang ingin cepat mahir berbahasa Inggris. Kamu tidak perlu khawatir karena tersedia beberapa tingkatan untuk menunjang pembelajaran Bahasa Iggris bagi pemula yang dimulai dari anak TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, hingga umum.

Menggunakan aplikasi Duolingo dalam belajar bahasa asing, kamu dapat menggunakan gabungan metode antara audio, visual dan juga pertanyaan-pertanyaan tentang grammar bahasa Inggris. Kelebihan aplikasi Duolingo ini juga bisa kamu nikmati dengan cuma-cuma alias gratis dan merupakan situs belajar bahasa inggris terbaik saat ini.

Artikel ini akan membahas 4 hal mengapa belajar Bahasa Inggris cukup di aplikasi Duolingo! Bagi kamu yang tertarik mencobanya, yuk simak penjelasannya terlebih dahulu!

Baca Juga:

1. Terjemahan Bahasa Inggris ke Indonesia

Duolingo sebagai aplikasi penyedia belajar bahasa asing juga bisa dijadikan mesin terjemahan Bahasa Inggris ke Indonesia. Hal ini memudahkan kamu karena tidak memakan banyak ruang kapasitas dalam ponsel pintar yang kamu miliki. Penerjemah ini digunakan agar pengguna Duolingo yang ingin belajar bahasa asing dapat turut serta menerjemahkannya jika terdapat kosa kata yang belum diketahui.

Baca Juga : Deretan Singkatan Dalam Bahasa Inggris Terpopuler

2. Solusi Belajar Bahasa Inggris yang Efektif

Adanya penelitian yang dilakukan dengan menunjukkan bahwa seseorang yang tidak memiliki pengetahuan bahasa Spanyol membutuhkan antara 26 sampai 49 jam (atau rata-rata 34 jam) untuk menyelesaikan materi pada semester pertama kuliah Bahasa Spanyol. Satus emester setara dengan waktu sekitar 11 minggu. Oleh sebab itu penelitian disimpulkan bahwa Duolingo lebih efektif dari mengikuti kuliah kelas bahasa di lembaga lain. 

Dalam aplikasi Duolingo kamu dapat menguji kemampuan menekan tombol yang berada di pojok kanan atas di setiap halaman yang bertuliskan “Test out of this skill.” Jika melewati tes ini, akan secara otomatis pindah tab dan pelajari skill berikutnya.

Jika kamu ingin menguji beberapa skill di aplikasi Duolingo sekaligus, kamu bisa klik gembok yang terdapat di direktori skill dalam halaman beranda kamu. Lulus ujian ini akan membuka kunci semua skill di direktori skill sampai tempat kunci yang kamu klik.

Jika satu bahasa asing tidak cukup, mungkin kamu tertantang untuk belajar bahasa asing lainnya? Kamu bisa klik ikon bendera di pojok kiri atas Duolingo dan pilih bahasa asing lain yang ingin kamu pelajari.

Menambah pembelajaran bahasa lain tidak akan menghilangkan kemajuan kamu di bahasa asing sebelumnya. Kamu bisa menggunakan menu tarik-turun kapan pun kamu ingin bertukar bahasa yang kamu pelajari.

Baca Juga :

3. Poin Skill dan Level

Duolingo menyediakan poin skill setiap kali melakukan sesuatu yang meningkatkan kemampuan bahasa asingmu. Misalnya ketika kamu berhasil menyelesaikan sebuah pelajaran, menerjemahkan kalimat, dan menilai terjemahan orang lain.

Kamu juga baru akan mencapai level baru saat telah selesai dalam mengumpulkan jumlah poin skill yang dibutuhkan untuk tiap levelnya. Saat ini sudah tersedia 25 level dan kamu bisa melihat seberapa jauh capaian level berikutnya lewat halaman beranda kamu kapan saja.

Baca Juga :

4. Percakapan Bahasa Inggris

Duolingo menggunakan plug-in Adobe Flash untuk menerima masukan kemampuan percakapan bahasa inggris atau bahasa lainnya. Harap pastikan bahwa Flash sudah terpasang di perangkat atau komputer yang kamu gunakan.

Jika Flash sudah terpasang, tetapi masukan kemampuan bicara tetap tidak bekerja dengan baik dan semestinya, kamu bisa refresh halaman. Jika tidak dapat menyelesaikan masalah, kamu dapat mencoba menutup dan membuka kembali halaman tersebut. Beberapa ekstensi yang diketahui dapat mengganggu kinerja Flash dalam aplikasi Duolingo di antaranya adalah Ghostery, Adblock, Flashblock, dan DNT.

Baca Juga:

Itu dia 4 hal mengapa belajar Bahasa Inggris di Duolingo. Setelah ini, kamu bisa langsung mengunduh serta melakukan login dan sign in atau mendaftar cukup dengan menggunakan akun google atau facebook. Selamat mencoba!

Untuk membaca artikel lainnya kamu dapat klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu juga dapat segera mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC hanya dengan klik tautan berikut. Vocasia juga menghadirkan pelatihan yang akan membantu kamu dalam mengukur seberapa jauh penguasaan kemampuan dalam berbahasa Inggris! 

Segera lengkapi kursus Bahasa Inggris yang kamu butuhkan dan dapatkan penawaran diskon sampai dengan 80%! Tunggu apalagi, yuk gabung juga di kursus Vocasia!

Baca Juga:

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *