Tanggal:17 June 2024

13 Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan di Tahun 2022

Bisnis menjanjikan di zaman modern kebanyakan memanfaatkan perkembangan teknologi. Tak perlu diragukan dampak dari kemajuan teknologi ini. Hampir seluruh kehidupan masyarakat menggunakan media internet untuk berkomunikasi dengan mudah.

Salah satu sektor yang terkena dampak dari kecanggihan teknologi informasi dan telekomunikasi adalah bisnis. Saat ini masyarakat cendurung mencari berbagai produk melalui online. Hal itu karena harga yang ditawarkan sangat murah dan beragam promo lainnya.

Tak hanya itu, bisnis digital juga mampu menyediakan layanan jasa maupun barang yang nantinya dikirimkan dengan cepat sesuai permintaan. Melalui media internet termasuk bisnis menjanjikan. Bisnis digital dikenal juga oleh masyarakat dengan sebutan e-commerce. Biasanya, media pemasarannya melalui digital marketing.

Buat kamu yang ingin membangun bisnis di dunia digital, jangan FOMO alias hanya ikut-ikutan saja, ya! Harus memikirkan dan menyiapkannya secara matang. Saingan kompetitor lain pastinya banyak dan harus kamu tinjau. Oleh karena itu, kamu harus riset terlebih dahulu jika ingin memulainya.

Baca Juga : Cara Menemukan Peluang Bisnis

13 Contoh Bisnis Digital yang Paling Menjanjikan

1. Dropshipper

Ilustrasi Dropshipper (Pixebay)

Bagi kalian yang senang berkecimpung dalam internet, tak ada salahnya mencoba usaha sebagai seseorang dropshipper. Kamu hanya perlu menjual produk orang lain. Bisnis ini cukup mudah lantaran tak perlu menyimpan barang dan hanya meneruskan pesanan barang pada supplier.

Selain itu, kemudahan lainnya adalah tak perlu mengeluarkan modal yang besar. Kamu cukup menggunakan smartphone dan kuota internet buat melayani pembeli. Ingat, buat menjalankan bisnis ini yang terpenting mencari seseorang supplier terpercaya. Hal itu dilakukan agar pembeli tak merasa kecewa membeli barang yang kamu tawarkan.

Baca Juga : Cara Kerja Dropshipper

2. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing (Pexels)

Affiliate marketing memungkinkan kamu menerima uang dengan mempromosikan produk milik pihak lain. Bisnis ini merupakan salah satu model peluang bisnis yang menjanjikan. Sebab, untuk memulainya cukup dengan modal yang minim. Bahkan, tidak menutup kemungkinan kamu bisa melakukannya tanpa modal, loh.

Cara kerjanya pun relatif mudah. Apabila seorang membeli produk memakai kode referral yang kamu berikan, dan akan menerima komisi sesuai dengan perjanjian yang disepakati. Namun, hal yang paling penting dalam mempromosikan produk affiliate adalah memiliki audiens yang tepat.

Nah, untuk menarik audiens, kamu bisa memulainya dengan membuat konten. Banyaknya platform media sosial di zaman sekarang, bukan hal yang tidak mungkin lagi untuk mendapatkan audiens sesuai dengan niche kita.

Baca Juga :

Cara Kerja Affiliate Marketing

Apa itu Program Afiliasi?

3. Online Shop

Bisnis Online Shop (Pixebay)

Seperti namanya, toko online adalah toko yang menawarkan produk atau jasa secara online. Jualan online merupakan salah satu ide atau contoh bisnis digital terbaik karena potensi e-commerce di Indonesia cukup besar.

Secara umum, bisnis ini bisa dimulai dengan memiliki website atau platform sebagai media jual beli produk melalui internet. Efek dari kemajuan teknologi, bahkan pemula dapat membuat situs web mereka sendiri menggunakan platform pembuatan situs web yang sederhana dan mudah seperti WordPress.

Baca Juga : Jenis-jenis Usaha Online

4. Content Creator

Ilustrasi Conten Creator (Pixebay)

Di era sekarang content creator istilah yang merujuk pada seseorang yang membuat berbagai konten dalam bentuk teks, gambar, video, audio, atau kombinasi dari dua atau lebih dokumen. Sekarang, konten yang dibuat oleh pembuat konten sering diunggah ke platform digital, seperti YouTube, Instagram, Snapchat, WordPress, dan lainnya. Topik yang dipilih oleh para pembuat konten juga sangat beragam. Mulai dari fashion, kecantikan, memasak, hingga vlog harian.

Keberadaan profesi pembuat konten tidak terlepas dari kemajuan teknologi. Apalagi dengan semakin terbukanya akses informasi. Tentunya semakin membuka peluang kamu untuk menjadi content creator. Jika kamu benar-benar berniat untuk membuat konten, pengikut, pelanggan, AdSense, rekomendasi, dan lain-lain akan secara otomatis mengikuti.

Baca Juga : Pentingnya Content Creator Dalam Bisnis

5. Desain Grafis

Bisnis Desain Grafis (Pexels)

Untuk kalian yang memiliki keahlian desain grafis, memberikan jasa desain adalah pilihan yang tepat. Tidak hanya memiliki penghasilan, tetapi juga meningkatkan keterampilan dan pengalaman. Tawarkan layanan desain kamu melalui situs freelance, seperti Fiverr, Upwork, Freelancer, dll. Sebelum itu, pastikan kamu telah menyusun portofolio terbaik. Sehingga, calon klien dapat melihat pekerjaan yang telah kamu lakukan. Kalian dapat melihat contoh dompet web terbaik yang mungkin dapat menginspirasimu untuk membuatnya.

Baca Juga : Jenis Desain grafis Yang Dapat Menunjang Usahamu

6. Influencer

Ilustrasi Influencer (Pixebay)

Apakah kamu sering aktif di media sosial dan memiliki banyak pengikut? Tidak ada salahnya mencoba menjadi digital influencer. Bisa menggunakan waktumu di media sosial untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ada banyak hal positif yang bisa dibagikan melalui jejaring sosial.

Tapi, kamu perlu memilih genre tertentu untuk konten media sosialmu. Contohnya seperti memasak, fotografi, perjalanan, atau mode. Susun konten yang menarik dengan memperhatikan aspek estetika. Jika jumlah engagement meningkat,  kamu dapat menerima tawaran kerja sama dalam bentuk publikasi atau ulasan berbayar.

Baca juga: 9 Strategi Promosi Untuk Mengembangkan Bisnismu!

7. Joki Game

Ilustrasi Game (Pixebay)

Meski terdengar sepele, menjadi seorang gamer merupakan ide bisnis digital lain yang patut dicoba. Joki game menyediakan layanan untuk menaikkan pangkat atau level orang yang ingin naik level atau mengikuti kompetisi dalam suatu permainan. Untuk menekuni profesi ini, kamu harus menguasai permainan dan karakter di dalamnya.

8. Penerjemah

Ilustrasi Penerjemah (Pixebay)

Kemampuan menulis dan menerjemahkan bahasa asing juga menawarkan peluang untuk memulai bisnis digital. Menerjemahkan dokumen atau artikel dapat dilakukan di mana saja. Permintaan yang meroket untuk terjemahan bahasa adalah peluang menghasilkan uang. Dapat menyediakan layanan terjemahan untuk dokumen penting perusahaan, artikel, proposal, dan lainnya. Target pasar bisnis digital juga cukup luas, mulai dari orang yang membutuhkan layanan tersebut, pelajar, hingga pebisnis.

9. Jasa Buat Situs Web

Pembuat Website (Pexels)

Kamu memiliki keahlian dalam pembuatan situs web dan ingin memanfaatkan keterampilan tersebut? Cobalah untuk membuka layanan pembuat situs web. Penyedia jasa pembuatan situs web merupakan ide bisnis digital yang menguntungkan. Karena sudah familiar dengan pembuatan website, kamu pastinya sudah mengetahui semua langkah membuat website. Mulai dari membeli nama domain, memilih hosting, mendapatkan sertifikat SSL yang bagus, dan lain-lain. Saat ini banyak bisnis membutuhkan jasa pembuatan website profesional untuk meningkatkan citra bisnis mereka.

Baca Juga : Cara Membuat Blogspot

10. Youtuber

Ilustrasi Youtuber (Pixebay)

Sebagai kreator yang dapat selalu menghasilkan ide, kamu dapat memasukkan ide tersebut ke dalam konten. Kemudian kamu dapat membagikan konten itu di saluran YouTube pribadimu. Dengan menerapkan strategi pemasaran video yang terbaik, kamu bisa meningkatkan jumlah pelanggan dan penayangan dalam akunmu. Dari sana, kamu dapat memperoleh penghasilan yang menjanjikan.

Baca Juga : Cara Membuat Konten Youtube Yang Menarik

11. Konsultasi SEO

Bisnis SEO (Pixebay)

Jika memiliki keahlian di bidang SEO, kamu dapat menawarkan jasa sebagai konsultan SEO untuk sebuah perusahaan. Bagi website bisnis atau korporat, peran SEO sangatlah penting. Selain mendatangkan traffic situs web, teknik SEO yang baik akan membuat sebuah bisnis mencapai konversi besar-besaran. Saat ini semua orang menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan informasi tentang banyak hal. Di saat itulah peran SEO dibutuhkan. Kamu bisa membantu calon klien mengembangkan bisnisnya dengan teknik SEO yang kamu kuasai.

Baca Juga : Tugas-tugas SEO Specialist

12. Layanan Periklanan Digital

Periklanan Digital (Pixebay)

Mungkin dari kamu memiliki pengalaman di bidang periklanan? Membuka layanan periklanan digital merupakan peluang bisnis untuk kamu. Ada banyak platform periklanan digital yang bisa kamu gunakan. Contohnya seperti Google Ads, Google AdMob, dan berbagai media sosial yang menyediakan fitur periklanan. Adanya itu, kamu bisa membidik bisnis yang belum familiar dengan digitalisasi bisnis sebagai target pasar.

Baca Juga : Keuntungan Iklan Online

13. Guru Privat Online

Ilustrasi Teacher Private Daring (Pixebay)

Memiliki pengetahuan di bidang tertentu? Menjadi guru privat online adalah pilihan yang bagus. Saat ini sudah banyak aplikasi untuk mendukung pembelajaran online. Ini adalah salah satu sarana bagi kamu untuk meningkatkan pendapatan dengan modal yang relatif kecil. Kamu cukup memanfaatkan koneksi Internet dan peralatan yang tepat untuk melakukannya. Posisi ini cocok untuk mahasiswa tingkat akhir yang sedang menunggu kelulusan.

Itulah informasi mengenai bisnis menjanjikan di tahun 2022. Semoga informasi ini bermanfaat dan nantikan artikel-artikel berikutnya dari Vocasia, ya!

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Online

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *