Tanggal:17 June 2024

12 Rekomendasi Ide Usaha Rumahan di Desa, Mudah dan Menguntungkan!

Menjadi pebisnis tidak hanya berhasil di kota-kota besar saja, di pedesaan pun kamu juga bisa sukses berbisnis, lho! Biasanya, hidup di perkotaan itu kondisinya sangat berbeda dengan hidup di pedesaan. Seperti menyangkut tentang keuangan, gaya hidup, sampai minat masyarakat terhadap sesuatu.

Baca Juga : Peluang Usaha Rumahan

Nah, sebenarnya banyak sekali, lho, ide usaha rumahan yang bisa kamu jadikan acuan untuk bisnismu di desa. Dengan berbisnis di desa, kamu dapat membantu warga sekitar dalam mendapatkan kebutuhan yang mereka ingin mendapatkan kebutuhannya tetapi sulit untuk mendapatkannya karena tidak banyak yang menyediakan di desa.

Baca Juga : Cara Melihat Peluang Bisnis

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan rutin dari usaha rumahan yang kamu lakukan di desa. Persiapkan saja mental pedagangmu, dan yakinkanlah tekadmu untuk membuka usaha rumahan ini. Pikirkan matang-matang usaha rumahan jenis apa yang cocok untuk kamu jalani.

Baca Juga : Ide Usaha Rumahan di Bulan Rammadhan

Untuk kamu yang saat ini tinggal di desa, Vocasia telah menyiapkan 12 rekomendasi ide usaha rumahan yang bisa kamu pilih nih, Sobat Voca. Rekomendasi ini adalah berisi tentang kumpulan ide usaha rumahan yang mudah dan menguntungkan kamu, lho. Yuk, langsung saja simak di bawah ini!

12 Rekomendasi Ide Usaha Rumahan

1. Jasa Tour Guide

Banyak desa yang ditunjuk sebagai desa wisata karena keindahan alam, kerajinan khas, atau bahkan desa yang berlokasi dekat dengan situs sejarah. Dengan adanya desa wisata, Sobat Vocasia bisa menyediakan jasa tour guide untuk mendampingi wisatawan agar bisa menikmati agenda wisata yang menyenangkan.

2. Penyewaan Rumah untuk Penginapan

Menyewakan rumah yang tidak sering kamu tinggali juga dapat membuat kamu cuan berkali-kali lipat, lho! Jika kamu menyewakan rumahmu untuk jadi penginapan para wisatawan ada kemungkinan besar bisnismu akan selalu ramai. Pasalnya saat ini wisatawan saat ini lebih memilih untuk tinggal di penginapan rumahan untuk merasakan langsung suasana alam di desa tersebut.

Baca Juga : Peluang Usaha Makanan 2022

3. Penyediaan Lahan Parkir

Tidak hanya di kota besar dan tempat-tempat ramai lainnya, lahan parkir juga ramai digandrungi wisatawan. Lahan parkir di tempat-tempat ramai seperti stasiun, mall, pasar besar, dan tempat wisata sangat laku, lho. Hal itu disebabkan karena biasanya tempat-tempat ramai pengunjung selalu membutuhkan lahan parkir lebih untuk para pengunjung. Kamu bisa mencoba ide usaha yang satu ini!

4. Jasa Rias Pengantin

Di daerah terpencil atau di pedesaan biasanya tidak banyak orang yang membuka jasa rias pengantin, tetapi jasa ini sangat dibutuhkan sebenarnya di mana pun. Kamu bisa buka jasa rias pengantin ini di rumah, dan kamu bisa mempromosikannya lewat sosial media ataupun mempromosikannya ke tetangga dari mulut ke mulut. Jasa rias pengantin sangat dicari orang-orang di daerah pedesaan setiap minggunya.

Baca Juga : Usaha Kerajinan Tangan

5. Kios Bensin

Buka kios bensin di depan rumah juga membantu kamu untuk mendapatkan cuan rutin setiap hari, nih, Sobat Vocasia. Kios ini pasti laris karena banyak aktivitas bermotor di desa. Tinggal kamunya saja untuk pintar memilih tempat strategis yang mudah didatangi kendaraan bermotor, ya!

6. Jual Bahan Bangunan

Permasalahan pembelian bahan bangunan yang dialami oleh pembeli yang tinggal di desa adalah biaya angkut dan kirim yang cukup tinggi. Jika ada toko bahan bangunan di sekitar desa, toko bangunan tersebut berpotensi punya banyak pelanggan dari daerah sekitar.

7. Jual Pakaian

Pakaian kekinian sangat digandrungi oleh masyarakat di Indonesia, kamu bisa mencoba peruntungan di desa dengan menjual pakaian di depan rumahmu. Kamu juga bisa membuka kios pakaian yang sedang tren agar dapat membuat remaja-remaja di sana tertarik. Ide usaha ini patut kamu coba!

8. Jual Kebutuhan Bayi

Toko pakaian dan kebutuhan bayi, jelas bisa ditemukan dengan mudah di tengah kota, namun tidak mudah ditemukan di desa. Dengan adanya peluang tersebut, membuka toko kebutuhan bayi bisa jadi pilihan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan.

9. Toko Elektronik

Sebenarnya toko elektronik bisa ditemukan dengan cukup mudah di pedesaan, namun umumnya terlihat sebagai toko alat-alat listrik yang hanya menjual perlengkapan kelistrikan rumah tangga. Dengan membuka usaha toko elektronik yang menjual kulkas, rice cooker, dispenser, dan alat elektronik lainnya, Sobat Vocasia punya kesempatan meraih untung dengan mewujudkannya sebagai usaha sampingan di desa.

10. Warung Kopi

Manfaatkan lingkunganmu untuk mencari keuntungan yang mudah dan strategis. Kamu bisa mencoba untuk membuka warung kopi yang sering didatangi oleh anak-anak muda sampai orang tua sekalipun. Biasanya warung kopi selalu didatangi pengunjung setiap hari.

Baca Juga : Cara Memulai Usaha Frozen Food

11. Warung Internet

Menempati peringkat sembilan adalah warung internet atau biasa disebut dengan warnet. Keterbatasan teknologi di pedesaan menjadi peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan dengan membuka warnet. Selain untuk bisnis, membuka warnet juga berkontribusi untuk meningkatkan literasi komputer masyarakat desa, terutama anak-anak yang suka dengan perkembangan teknologi.

12. Warung Fotocopy

Membuka usaha fotocopy adalah jenis usaha lainnya yang bisa kamu coba lakukan di desa. Kamu gak perlu bangunan yang besar untuk memulainya, cukup dengan garasi rumah berukuran 4×4 meter saja sudah bisa kok membuka jasa fotocopy.

Baca juga: Bisnis Thrift Shop, Peluang Bisnis Yang Menjanjikan? Definisi, Fungsi, Cara Penerapan, Dan Jenisnya

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *