Tanggal:30 May 2024

Intip, Cara Membuat Studio Foto Di Rumah!

Kamu merupakan content creator? Sering mengambil shoot foto untuk produk ataupun yang lainya? Namun, bingung harus selalu ke studio foto untuk itu semua, jangan khawatir! Kamu bisa membuat studio foto di rumah, lho! Gimana caranya? Simak berikut ini, ya.

Studio foto dapat didefinisikan sebagai tempat atau ruang kerja yang didesain khusus untuk menunjang aktivitas fotografi. Saat ini, kita bisa mengambil foto dengan mudah dan menghasilkan foto dengan kualitas baik. Kamera maupun smartphone yang ada saat ini sudah memiliki teknologi yang mampu untuk menghasilkan foto seperti itu. 

Namun, untuk kamu yang ingin membuat foto dengan hasil seperti foto profesional, kamu akan memerlukan perlengkapan yang banyak. Salah satu perlengkapan yang dibutuhkan adalah studio. Kamu bisa menyewa studio, tetapi tentu hal tersebut akan menghabiskan banyak biaya.

Jadi, solusi terbaik yang bisa digunakan adalah membuat studio sendiri. Ada banyak jenis studio yang bisa dibangun di rumah. Seperti studio foto, studio musik, studio review produk, atau untuk podcast. Selain itu, terdapat kegiatan pemotretan yang dilakukan di ruangan studio foto secara teknis dapat disebut dengan istilah fotografi studio, di antaranya: 

  • Hal yang utama dan terpenting dalam fotografi studio, yaitu terletak pada cara seseorang dalam mengendalikan maupun mengontrol situasi.
  • Bagaimana cara seseorang mengatur tata letak obyek foto serta suasana yang akan diciptakan dalam foto.
  • Pengendalian terhadap pencahayaan yang masuk akan dibutuhkan didalam foto studio.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan jenis studio yang ingin dibuat. Bila kamu ingin membuat foto produk, studio foto mini bisa menjadi pilihannya. Tetapi, jika kamu ingin memotret objek berupa orang atau kamu ingin membuat foto model, dibutuhkan studio yang lebih besar. Lalu bagaimana cara membuat studio foto di rumah naum tetap berkualitas? Yuk, simak berikut ini.

Cara Membuat Studio Foto Di Rumah 

Ruang Studio Foto di Rumah (Sumber: Pexels)

Tidak sedikit fotografer yang mulai membuat studio di rumah sendiri. Bahkan, content creator juga perlu. Karena bisa saja mendapatkan endorse untuk foto produk atau makanan. Selain lebih hemat biaya, membuat studio di rumah tentunya memudahkan untuk mengerjakan kegiatan atau tugas lainnya. Masalah perencanaan dalam membuat studio dapat menjadi sesuatu yang melelahkan. Cara membuat studio di rumah, di antaranya:

1. Pilih Ruangan Untuk Studio.

  • Untuk membuat studio foto sederhana di rumah pertama-tama tentukan ruangan mana yang akan kamu sulap menjadi studio foto. 
  • Sebisa mungkin pilih ruangan di rumah yang masih kosong dan di dalamnya cenderung minim perabotan.
  • Pilih ruangan di rumah yang memiliki pencahayaan bagus dan natural.
  • Pilih ruangan yang memiliki jendela dan ventilasi udara, agar sirkulasi udara di dalamnya tetap bagus.
  • Utamakan memiliki ruangan dengan dinding putih karena warna ini dapat memantulkan cahaya dengan lebih baik. Jika tidak kamu bisa menambahkan backdrop, khusus untuk spot foto. Dalam membuat studio foto, tidak masalah kalau ruangan yang kamu pilih cenderung sempit, selama frame dalam foto bisa menangkap objek yang difoto dengan sempurna.

2. Mempersiapkan Perlengkapan Dasar  

Cara membuat studio di rumah untuk foto yang paling penting tentunya mempersiapkan perlengkapan fotografi. Perlengkapan dasar tentu hal yang penting untuk dipenuhi. Tidak perlu membeli semua perlengkapan, cukup yang dibutuhkan saja. Berikut adalah daftar peralatan dasar untuk membangun studio foto di rumah, di antaranya:

  • Flash Trigger, pastikan memilih alat yang kompatibel dengan strobo dan kamera yang ada.
  • Pengubah pencahayaan, reflektor dan payung adalah sesuatu yang harus dimiliki. Cobalah untuk memilih yang bisa dilipat agar mudah disimpan dan digunakan secara portabel.
  • Dudukan Lampu, setiap lampu membutuhkan dudukan agar dapat berdiri tegak. Pastikan membeli dudukan lampu yang kokoh agar tetap stabil.

Baca JugaRekomendasi studio foto Tanggerang

3. Siapkan Kain untuk Backdrop

Perlengkapan Backdrop Studio Foto di Rumah (Sumber: Pexels)

Berikutnya siapkan backdrop khusus yang digantungkan pada tiang atau ditempelkan di dinding ruangan studio foto. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan kain yang lebar, seperti halnya tirai, sprei, kain kanvas, kain blacu atau bahan lain dengan warna polos.

  • Backdrop foto memiliki fungsi yang sangat penting, yakni menutup dinding ruangan studio foto.
  • Dengan adanya backdrop, tampilan foto produk baju bisa menjadi terlihat lebih menarik.

4. Lengkapi Dengan Lampu  

Untuk memaksimalkan kualitas foto yang kamu tangkap, lengkapi ruang studio foto yang kamu buat dengan lampu yang terang, di antaranya:

  • Dalam fotografi studio, penggunaan lampu yang tepat dapat membuat foto menjadi lebih dramatis dan artistik.
  • Lampu bisa dijadikan sebagai sumber pencahayaan yang tepat untuk memberikan visual yang khas pada hasil foto.
  • Lampu juga penting agar produk dapat terlihat dengan jelas dan hasil foto cemerlang.
  • Lampu bisa dipakai sebagai alternatif sumber cahaya pengganti jika mendung atau kamu ingin melakukan pemotretan di malam hari.
  • Untuk pencahayaan studio foto, kamu dapat menggunakan standing lamp yang memiliki kemampuan untuk memperhalus cahaya sehingga bayangan yang dihasilkan tidak seberapa kuat. Ketinggian serta jarak sumber cahaya dengan model juga perlu kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan softbox yang berukuran kecil untuk menciptakan cahaya yang lembut dan merata, jika kamu memiliki budget lebih.

Baca JugaRekomendasi studio foto Surabaya

5. Siapkan Kamera yang Berkualitas  

Siapkan kamera yang bagus untuk melengkapi studio foto rumahan yang kamu buat. Tidak masalah kalau kamera yang kamu pakai memori penyimpanannya kecil, yang penting kamu rajin memindahkan file ke komputer atau laptop. Kamu juga perlu mempehatikan beberapa hal berikut.

  • Soal lensa pilihlah lensa kamera yang sesuai dengan keperluan fotografi produk fashion.
  • Foto produk biasanya membutuhkan lensa yang mengutamakan fokus agar dapat mengambil detail secara sempurna.
  • Jika diperlukan, kamu bisa menambah flash di kamera agar pencahayaan yang dihasilkan lebih teratur dan rapi.

6. Siapkan Tripod  

Lengkapi studio foto rumahan yang kamu buat dengan tripod untuk menyangga atau menopang body kamera saat melakukan pemotretan.

  • Tripod dapat membantu untuk mengurangi guncangan, sehingga kamera lebih stabil.
  • Keberadaan tripod dapat membuat aktivitas memotret menjadi lebih nyaman dan hasil fotonya tidak blur.

Cara menggunakan tripod ini cukup mudah, kamu hanya perlu mengatur jarak tripod dengan objek foto serta tinggi tripod sesuai dengan kebutuhan pemotretan, lalu letakkan kamera pada dudukan tripod.

7. Siapkan Reflektor

Untuk membuat studio foto sederhana di rumah kamu juga perlu menyiapkan yang namanya reflector sebagai pengatur pencahayaan. Dalam hal ini kamu tidak perlu membeli reflector fotografer profesional yang mahal, cukup gunakan kain atau kertas yang tebal sebagai gantinya.

Untuk memberi efek cahaya yang hangat dan mirip dengan matahari terbenam gunakan reflector yang berwarna emas. Untuk menyeimbangkan cahaya dari lampu flash dan menyaring cahaya agar jatuhnya lebih lembut, gunakan reflector yang berwarna putih. Untuk menyerap warna dan mencegah adanya pantulan cahaya pada area tertentu pada objek foto, gunakan reflector yang berwarna hitam.

Baca JugaRekomendasi studi foto Jogja

Itu dia, pembahasan mengenai cara membuat studio foto sederhana di rumah dengan menggunakan alat dan bahan yang ada disekitar kamu. Semoga bermanfaat dan kamu dapat menciptakan alternatif cara foto produk yang lebih mudah dan murah, ya.

Kursus belajar jadi video editor vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *