Tanggal:08 September 2024

Mengenal 5 Gaya Hidup Minimalis Beserta Manfaatnya!

Gaya hidup minimalis sangat diperlukan 2 tahun belakangan ini. Efek pandemi Covid-19 membuat orang-orang terpaksa hidup dengan berkecukupan di tengah sulitnya perekonomian. Hidup boros dan berlebihan tentunya menguras banyak biaya dan pikiran. Jika kita mengedepankan kemewahan daripada kenyamanan, siap-siap deh hidupmu perlahan bakalan gitu-gitu aja.

5 Gaya Hidup Minimalis

Hidup minimalis bukan hanya soal menghemat biaya, tetapi juga hidup dengan prinsip meminimalkan apapun yang terasa berlebihan, dengan cara tersebut kamu akan merasakan perbedaan gaya hidupmu yang lama dengan gaya hidup minimalis. Berikut adalah membahas 5 gaya hidup minimalis beserta manfaatnya:

1. Bereskan barang-barang yang sudah tidak terpakai

Jangan suka menyimpan atau menumpuk barang-barang yang sekiranya sudah tak akan kamu pakai lagi. Semua barang itu nantinya hanya akan jadi pajangan tak berguna dan hanya membuat ruang menjadi sempit dan sesak.

Mulailah untuk membereskan barang-barang yang sudah tak terpakai itu agar rumahmu atau kamarmu menjadi lebih enak dipandang dan nyaman.

2. Fokus pada kebutuhan dan minimalkan keinginan

Kebutuhan dan keinginan adalah hal yang berbeda. Kebutuhan adalah hal yang kamu butuhkan untuk memenuhi kelancaran aktivitas sehari-hari. Sedangkan keinginan adalah hal yang kamu inginkan mau itu akan berguna setiap harinya atau bahkan hanya digunakan beberapa kali saja dalam jangka waktu yang lama.

Kebutuhan harus dipenuhi terlebih dahulu agar keuangan lebih tertata, dijamin deh hidup kamu bakalan lebih simple dan nggak ruwet!

Baca Juga | Ini Dia Tips Untuk Kamu Memulai Hidup Frugal Living!

3. Nikmatilah hidup tanpa terobsesi pada sesuatu secara berlebihan

Hidup itu harus dinikmati, jangan hanya fokus pada sesuatu yang sekiranya tak dapat kamu gapai atau terasa memaksa saat melakukannya.

Contohnya adalah seperti saat melihat temanmu selalu membeli tas baru setiap bulannya. Kamu tidak perlu merasa tertandingi dan malah ikut-ikutan membeli tas setiap bulannya hanya karena tidak mau kalah saing dengan dia. Ingat, obsesimu akan merenggut kebahagiaanmu yang sebenarnya lho!

4. Kebahagiaan tak hanya ada pada materi

Pernahkah kamu berpikir barang barang seperti baju baru, tas baru, mobil baru, dan lain-lain sebagainya adalah sumber kebahagiaan? Kalau kamu berpikir seperti itu, lebih baik kamu ubah pola pikirmu sekarang juga!

Kebahagiaan bisa kamu dapatkan dari mana saja, asal kamu melakukannya dengan hati yang lapang, ikhlas, dan senang.

Baca Juga | Cara Mudah Detoksifikasi Tubuh Agar Selalu Sehat

5. Hindari gaya hidup mewah tapi tak berguna

Banyak membeli barang mewah namun ujung-ujungnya tidak dipakai. Itu Namanya pemborosan. Mulai sekarang kamu harus lebih bijaksana dalam membeli barang, ya!

Baca Juga: Desain Ruang Kantor Minimalis 2021

Manfaat Gaya Hidup Minimalis

1. Adanya ruang untuk hal yang lebih penting

Gaya hidup minimalis adalah mengurangi berbagai barang yang kurang memiliki fungsi. Jika hal itu dijalankan, lemari yang tadinya penuh akan memiliki ruang lebih untuk hal-hal yang benar-benar kamu butuhkan.

2. Mengurangi beban pikiran

Dengan memiliki barang yang lebih sedikit, kamu tentu tidak perlu merasa terbebani dengan pemikiran akan kehilangan sesuatu. Plus, ini lebih rapi dan kamu akan lebih mudah mengingat di mana barang-barang kamu berada. Melalui hidup minimalis juga, kamu juga dapat lebih mengerjakan pekerjaanmu, sehingga mengurangi beban pikiran di kantor.

3. Dapat lebih fokus pada hobi dan kesehatan

Tidak hanya soal merchandise, gaya hidup ini juga berarti memaksimalkan apa yang Anda miliki, termasuk waktu. Sebelum Anda menyadarinya, mungkin Anda menghabiskan banyak waktu untuk hal-hal yang tidak begitu berguna.

Dengan menguranginya, kamu bisa lebih fokus mengeksplorasi hobimu. Selain itu, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk berolahraga.

4. Mengurangi ambisi akan hal material

Uang tidak bisa membeli kebahagiaan. Meski begitu, dengan uang kamu bisa membeli barang yang lebih nyaman untukmu. Anda dapat memiliki pakaian, tempat tidur, dll yang paling nyaman.

Kenyamanan yang Anda dapatkan akan membuat Anda merasa “cukup” sehingga tidak ada ambisi yang berlebihan untuk memiliki barang-barang materi lainnya.

5. Menghemat lebih banyak

Meskipun begitu, perlu menjadi catatan bahwa hidup minimalis bukan berarti biaya yang dikeluarkan minimal juga. Justru, karena berfokus pada barang yang memiliki fungsi maksimal, biasanya biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak.

Eits, tapi tunggu dulu. Biaya banyak yang kamu keluarkan itu tidak berlangsung terus-menerus karena barang yang kamu miliki fungsional, nyaman, dan cenderung dapat tahan lama. Dengan kata lain kamu akan lebih hemat dalam jangka panjang.

Baca Juga | Tips Menghilangkan Kebiasaan Negatif 

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *