Tanggal:02 May 2024

9 Cara Mudah Detoksifikasi Tubuh agar Selalu Sehat

Siapa sih disini yang tidak ingin memiliki tubuh yang sehat ? pasti semuanya mau dong. Memiliki tubuh yang sehat merupakan hal yang didambakan oleh setiap orang. Pasalnya tubuh yang sehat sangat penting agar kita dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa terkendala. Tubuh yang sehat pun dapat mengoptimalisasikan kerja otak, sehingga setiap pekerjaan yang kita lakukan akan mendapatkan hasil yang maksimal. Tak hanya itu, tubuh yang sehat, dapat menangkal segala jenis penyakit, serta dapat memperpanjang usia.

Begitu banyak manfaat dari memiliki tubuh yang sehat, namun memiliki tubuh yang sehat itu dibutuhkan berbagai usaha lho. Kita perlu menerapkan pola hidup sehat, agar dapat mewujudkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan detoksifikasi tubuh. Pasti disini pada bertanya-tanya, apa sih itu detoksifikasi tubuh ?. Sederhananya detoksifikasi tubuh adalah proses mengeluarkan atau membersihkan racun-racun yang ada pada tubuh kita. 

Detoksifikasi mengharuskan seseorang untuk melakukan kegiatan tertentu, dalam jangka waktu tertentu. Supaya bisa mengeluarkan racun yang berasal dari lingkungan, maupun makanan yang berada pada tubuh. Untuk melakukan detoksifikasi itu bisa dilakukan dengan cara-cara yang mudah dan sederhana lho. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan ringan seperti yang ada dibawah ini. Simak yuk!

9 Cara Mudah Detoksifikasi Tubuh agar Selalu Sehat

1. Berolahraga

Berlari(pexels.com/tirachard kumtanom)

Selain dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar, berolahraga juga dapat mengeluarkan racun dari tubuh atau detoksifikasi. Mengapa demikian? karena disaat kita berolahraga, tubuh kita mengeluarkan keringat. Dilansir dari hello sehat, dalam sebuah penelitian mengemukakan bahwa terdapat kandungan kadmium, timbal, arsenik, dan merkuri yang ada pada keringat. Nah, salah satu cara agar kita bisa mengeluarkan keringat adalah dengan berolahraga. Kamu bisa melakukan berbagai jenis olahraga yang kamu sukai. Seperti berlari, bersepeda, yoga, dan lain sebagainya. Lakukanlah olahraga dengan rutin seperti 30 menit setiap harinya, buatlah jadwal olahraga agar tubuh mu menjadi lebih bugar, ya!

2. Minum Air Putih

Air Mineral(pexels.com/pixabay)

Kandungan air dalam tubuh manusia mencapai 60% – 80%. Oleh karena itu, tubuh kita membutuhkan air agar bisa menunjang segala fungsinya. Selain dapat menghilangkan rasa haus, minum air putih juga dapat membantu untuk membersihkan atau menghilangkan racun-racun yang berada dalam tubuh. Racun-racun tersebut akan dinetralisir oleh air dan dikeluarkan saat kita buang air kecil. Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda, tergantung pada usia, jenis kelamin, maupun bentuk tubuh. Pada orang dewasa kebutuhan minum air putih, disarankan sekitar 8 gelas yang berukuran 230 ml atau 2 liter. Namun disaat kamu ingin mengeluarkan racun dari tubuh, kamu mungkin membutuhkan konsumsi air lebih banyak daripada yang direkomendasikan biasanya.

Baca Juga : Makanan Yang Di Hindari Saat Pembentukan Otot

3. Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat

Sayur dan Buah(pexels.com/pixabay)

Tak bisa dipungkiri makanan yang mengandung serat tinggi, yaitu sayuran dan buah memiliki beragam manfaat untuk tubuh kita. Makanan berserat dapat membantu proses pencernaan, dan menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, makanan yang mengandung serat juga dapat membantu untuk membersihkan racun-racun yang berada didalam tubuh. 

Asal muasalnya racun-racun yang ada pada tubuh, disebabkan oleh faktor lingkungan seperti kebersihan, dan juga berasal dari makanan yang kita konsumsi. Apabila makanan yang kita konsumsi itu tidak sehat, alhasil makanan tersebut berubah menjadi racun yang menumpuk dalam tubuh. Sehingga hal itu bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, mulai dari sekarang perhatikan pola makananmu ya, konsumsilah makanan yang bergizi dan berserat tinggi agar tubuhmu selalu sehat.

Baca Juga : Tips Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

4. Tidur yang Cukup

Beristirahat(pexels.com/cottonbro)

Tubuh kita membutuhkan istirahat berupa tidur yang cukup. Selain dapat membuat tubuh segar dan bugar pada keesokan harinya. Dengan tidur yang cukup dapat membantu tubuh mengeluarkan racun-racun yang ada pada tubuh. Karena pada saat itu organ-organ dalam tubuh tidak bekerja sekeras sewaktu kita bangun. Apabila kita kurang tidur, maka sistem imun tubuh kita melemah, alhasil kita bisa jadi gampang sakit. Kamu tidak mau bukan ? oleh karena itu, berilah tubuhmu waktu untuk tidur yang cukup ya. Pada orang dewasa, normalnya membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per-harinya.

Baca Juga : 10 Manfaat Pemasanan Sebelum Olahraga

5. Mengonsumsi Teh Hijau

Green tea(pexels.com/nipanan lifestyle)

Cara lain yang mudah agar kamu bisa detoksifikasi atau membuang racun yang berada pada tubuhmu, adalah dengan meminum teh hijau. Teh hijau bisa mengeluarkan racun secara alami dalam tubuh, karena teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan berfungsi untuk mencegah kerusakan sel akibat dari radikal bebas. Selain itu, teh hijau memiliki kandungan polifenol yang dapat membantu proses pengaturan gula dalam darah. Sehingga teh hijau juga dapat mencegah munculnya penyakit diabetes.

Baca Juga : Pengertian Self Care

6. Mengurangi Konsumsi Gula

Donat(pexels.com/cottonbro)

Jika kamu ingin mengeluarkan racun-racun yang ada pada tubuhmu, kamu bisa mengurangi konsumsi gula, seperti stop makan makanan cemilan ataupun snack. Dilansir dari hello sehat, mengonsumsi makanan dengan banyak kandungan gula dapat memberatkan kerja pankreas dalam menghasilkan insulin. Oleh karena itu, lebih baik pilihlah makanan sumber gula yang juga mengandung serat seperti gandum, oat, maupun beras merah. Sehingga kamu bisa merasakan manfaat yang lainnya.

7. Mengonsumsi Bawang Putih Utuh ataupun Olahan

Aneka Bawang(pexels.com/karolina grabowska)

Mengonsumsi bawang putih merupakan salah satu cara agar bisa mengeluarkan racun dalam tubuh. Karena terdapat senyawa allicin pada bawang putih yang bisa menyaring racun. Sehingga dapat membuat tubuh sehat, dan menangkal berbagai macam penyakit.

Baca Juga : Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh

8. Berendam Air Hangat

Bathub(pexels.com/max vakhbovych)

Berendam dengan air hangat bisa membantumu mengeluarkan racun dalam tubuh. Karena, dengan berendam air hangat bisa membantu meningkatkan sistem getah bening dalam tubuh. Hal itu kemudian dapat menyebabkan kamu berkeringat, dan keringat yang keluar itu akan membawa racun-racun dari dalam tubuhmu.

Baca Juga : Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut Sebelum Tidur

9. Berpuasa

Puasa(pexels.com/naim benjelloun)

Puasa merupakan salah satu cara agar bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Sewaktu kamu berpuasa, kamu tidak akan makan dan minum selama beberapa jam. Pada saat itu lah kamu sedang melakukan pembersihan tubuh dari racun. Saat berpuasa, manfaatkan waktu untuk melakukan pemulihan diri dengan beristirahat sejenak. Maka setelahnya, tubuhmu akan lebih sehat dan pikiranmu akan kembali segar.


Nah, itu tadi sembilan cara mudah yang bisa dilakukan untuk detoksifikasi tubuh agar selalu sehat. Bagaimana menurutmu cara diatas ? komen dibawah ya!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *