Tanggal:04 May 2024

5 Tips yang Bisa kamu Lakukan untuk Memulai Hidup Frugal Living

Istilah frugal living menjadi tren yang populer sejak di beberapa media, sejak tahun 2007 lalu. Frugal living menjadi sebuah jawaban dari para kaum-kaum anak muda zaman sekarang yang memiliki gaya hidup yang boros. Namun sebelumnya, tahukah kamu apa sih itu frugal living?. 

Secara umumnya, frugal living adalah gaya hidup yang diterapkan agar lebih pintar dalam mengatur uang bulanan. Sehingga ketika seseorang sedang menjalani frugal living. Seseorang tersebut sangat diharapkan mampu mengetahui besaran pendapatan, dan pengeluaran yang dibutuhkan untuk membayar tagihan perbulan. Dengan begitu, seseorang dapat dengan bijak membuat keputusan dalam mengeluarkan biaya bulanan. 

Sederhananya, frugal living adalah kegiatan mencoret list barang ataupun kegiatan yang tidak dibutuhkan, sehingga dikesampingkan ke hal-hal yang lebih penting dahulu. Contohnya adalah tidak perlu membeli handphone baru, karena yang lama masih bisa berfungsi dengan baik.

Lantas, bagaimanakah cara menerapkan hidup frugal living ini?. Eitss, kamu nggak perlu khawatir. Artikel ini telah merangkum tujuh tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai hidup frugal living ini. Simak dibawah ini, ya!

5 Tips yang Bisa kamu Lakukan untuk Memulai Hidup Frugal Living

1. Perhatikan Kebutuhan Hidup dengan Membuat Daftar Anggaran

List(pexels.com/energipic.com)

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk memulai hidup frugal living adalah dengan membuat daftar anggaran per-bulan. Perhatikan semua kebutuhan hidupmu. Baik itu kebutuhan rumah seperti peralatan kebersihan, dan mandi. Anggaran biaya untuk makan, ataupun transportasi pergi ketempat kerja. Semuanya harus diperhatikan, dirincikan dengan sebaik mungkin. Kemudian disesuaikan dengan anggaran, jangan sampai boros dalam kebutuhan sehari-hari ya. Selalu siapkan dana darurat, karena kita tidak bisa menebak pengeluaran apa saja yang tidak terduga.

2. Berhentilah Foya-foya

Uang Logam(pexels.com/pixabay)

Jika kamu memiliki kebiasaan menghambur-hamburkan uang dengan membeli barang atau pun keperluan yang tidak mendesak atau penting. Mulai dari sekarang stop deh. Karena jika kamu masih foya-foya seperti itu, kamu yang akan rugi. Uangmu akan habis seketika, tanpa ada tabungan atau dana darurat yang bisa dipakai saat di saat mendesak. Foya-foya itu tidak ada gunanya lho, kamu yang ada semakin tidak puas terhadap apa yang kamu miliki. Kalau kamu terus selalu mengikuti hawa nafsumu maka tidak akan ada habisnya. Oleh karena itu, mulai dari sekarang berhenti foya-foya, ya!

3. Memanfaatkan Potongan Harga yang ditawarkan

Diskon(pexels.com/artem beliaikin)

Pada dasarnya hidup frugal living adalah gaya hidup dengan berusaha hemat. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba untuk memanfaatkan potongan harga atau diskon yang ditawarkan di supermarket. Tidak ada salahnya lho, kamu bisa menekan biaya anggaran hidup yang terlalu tinggi dengan memanfaat diskon tersebut. 

4. Menjaga Kesehatan

Pola Hidup Sehat(pexels.com/nathan cowley)

Salah satu cara agar kamu bisa memulai hidup frugal living adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Mengapa demikian?. Karena pada umumnya harga makanan yang sehat seperti sayuran dan buah harganya relatif terjangkau dibandingkan makanan yang kurang sehat seperti junk food. Dengan makan-makanan yang sehat dan berserat, kamu akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. 

Selain itu jika kamu tidak menjaga kesehatan dengan menerpakan pola hidup yang sehat. Maka tubuhmu akan rentan terhadap penyakit. Kalau sudah begini, pengeluaran pun yang ada makin bertambah, karena biaya perawatan dan juga pengobatan tidak sedikit. Oleh karena itu, mulai dari sekarang jagalah kesehatan tubuhmu. Terapkan pola hidup yang sehat, dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan berolahraga secara rutin. Dengan begitu tubuhmu akan lebih sehat dan bugar, sehingga kamu bisa meminimalisir adanya pengeluaran biaya tambahan lainnya, seperti berobat.

5. Menabung dan Berinvestasi

Tabungan(pexels.com/energipic.com)

Salah satu manfaat dari hidup frugal living ialah memperoleh kebebasan secara finansial. Untuk dapat memperoleh kebebasan secara finansial bisa didapatkan dengan cara menabung ataupun berinvestasi. Sisishkan tiap per-bulannya uangmu untuk ditabungkan ataupun di investasikan. Jika kamu menyisihkan uang dengan menabung, kamu bisa memisahkan antara bank yang kamu biasa pakai sehari-hari, dengan yang khusus untuk kamu simpan sebagai tabungan ataupun dana darurat. Dengan begitu uangmu tidak akan tercampur, serta pengelolalan keuanganmu stabil. Karena kamu bisa melihat dengan jelas berapa jumlah pengeluaran, dengan jumlah tabungan darurat yang kamu miliki.

Namun jika kamu juga memilih untuk menyisihkan uangmu dengan berinvestasi, kamu bisa mencoba berbagai macam jenis investasi dengan segala pertimbangan resikonya. Ingat, kamu perlu berhati-hati juga ya!

Jika kamu berkeinginan untuk mencoba trading saham. Kini Vocasia menghadirkan kelas Trading Si Koko Saham, lho. Kursus ini akan membantu kamu untuk memahami teknikal analisis saham yang di bimbing langsung oleh instruktur Andy Senjaya. Kabar baiknya lagi kursus ini GRATIS. Widiihh, mantep bukan? yuk buruan gabung. Cek info selengkapnya disini!
Nah, itu tadi penjelasan mengenai lima tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai hidup frugal living. Bagaimana nih menurutmu readers? jangan lupa komen dibawah, ya!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Sukses karir profesional - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *