Tanggal:20 July 2024
desain ruang meeting yang tidak serius dan kaku

Desain Ruang Kantor Minimalis 2021

Sebagian besar pekerja kantoran akan lebih banyak menghabiskan waktunya di lingkungan kantor. Maka dari itu penting bagi pihak perusahaan untuk mendsain kantornya senyaman dan sebagus mungkin untuk para karyawannya.

Banyak hal yang bisa diupayakan perusahaan untuk memperbagus lingkungan kantornya, seperti menambahkan hiburan dalam kantor, tempat istirahat, ketersediaan kantin, desain kantor yang bagus dan fasilitas lain sebagainya.

Bagian interior dan eksterior kantor tidak kalah pentingnya dalam menunjang kenyamanan di lingkungan kantor. Jaman sekarang sangat banyak desainer interior atau eksterior yang ahli dalam mendesain ruangan kantor dan isi di dalamnya dengan tujuan kenyamanan karyawan, misalnya saja seperti pemilihan dan penempatan furnitur, peralatan kerja, kombinasi warna, sirkulasi udara yang keluar masuk serta bagaimana pencahayaan yang baik di dalam kantor.

Jika kamu merupakan salah satu orang yang berkeinginan merenovasi kantor dan membuatnya lebih minimalis. Merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan memberi tahumu mengenai bagaimana mendesain kantor yang minimalis namun tetap nyaman bagi para karyawan

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel berikut ini sampai tuntas!

1. Desain ruang kerja

Rruang kerja merupakan tempat dimana karyawan akan banyak menghabiskan waktunya untuk kerja, maka dari itu ruang kerja yang nyaman akan membuat karyawan merasa nyaman seperti rumah huniannya sendiri. Bahkan dengan memanfaatkan ruang kerja yang minimalis, karyawan akan merasa nyaman seperti di rumah beneran atau bahkan bisa jadi lebih nyaman dibandingkan di rumah mereka sendiri.

Gunakanlah konsep desain kerja yang open space atau ruangan yang terbuka. Dengan begitu, suasana ruang kerja akan menjadi lebih lega dan leluasa ketika bekerja. Pastikan juga sirkulasi udara dan pencahayaan dalam kondisi yang baik.

Kelebihan dari ruang kerja yang open space adalah mmemudahkan para karyawan untuk berinteraksi.

Perhatikan juga komposisi warna di ruangan kerja, pastikan warnanya pas dan tidak berlebihan. Warna yang tidak pas akan mengurangi rasa nyaman dari para karyawan ketika bekerja.

Disarankan untuk menggunakan warna yang hangat seperti kuning kecoklatan dan furniter yang desainnya simple.

2. Desain ruang meeting

desain ruang meeting yang tidak serius dan kaku

desain ruang meeting yang tidak serius dan kaku – @rawpixel.com

Setiap kantor wajib memiliki ruang meeting. Maka dari itu pastikan ruang meeting layak untuk digunakan agar terasa nyaman. Banyak ruang meeting di perkantoran yang desainnya kaku dan terlalu serius. Alasannya karena ruangan ini memang dipergunakan untuk membuat keputusan serius dan penting.

Pada nyatanya ruangan kaku dan serius malah membuat karyawan kurang nyaman untuk melakukan diskusi.

Kamu bisa menggunakan desain ruangan yang open space sehingga lebih nyaman dan memberikan kesan yang berbeda dengan kantor tempat kerja lainnya.

Konsep open space akan memberikan kesan yang nyaman dan hangat. Tak jarang ide cemerlang muncul dari suasana yang nyaman. Untuk mengurangi suasan serius dan kaku, cobalah menghiasi dinding dengan lukisan atau menggunakan karpet yang cukup indah untuk dilihat.

Nah untuk kamu yang ruangan rapatnya tertutup atau agak private, kamu bisa menggunakan hiasan lampu yang unik, warna dinding yang tidak kaku. Disarankan menggunkan warna biru muda atau warna cerah lainnya sehingga akan memberikan energi positif ketika rapat.

3. Desain pantri

Pantri atau yang sering dibilang tempat istirahat para karyawan, merupakan salah satu tempat yang bisa kamu desain sedemikan rupa.

Untuk membuat pantri yang nyaman, coba gunakan sofa dan meja makan. Tidak harus menggunakan furnitur yang mewah, kamu cukup menggunakan sofa dan meja makan yang sederhana saja namun tetap ditata dengan pas.

Pastikan juga pantri di kantor terlihat rapi, sehingga karyawan akan tidak melihat suasana berantakan di pantri di kala mereka sedang beristirahat.

4. Desain lobi kantor

lobby minimalis

lobi minimalis – @rawpixel.com

Lobi atau yang biasa dibilang ruangan depan merupakan tempat yang akan pertama kali dilihat karyawan ketika masuk kantor, tidak hanya karyawan melainkan konsumen, tamu maupun klien akan melihat ruangan ini terlebih dahulu.

Maka dari itu desain lobi kantor yang baik adalah salah satu hal yang wajib kamu perhatikan. Usahakan desain lobi kantor kamu bisa memberikan kesan pertama yang baik ketika ada orang yang memasukinya. Lobi kantor yang baik juga bisa memberikan penampilan kantor dari luar terlihat baik di mata masyarakat.

Untuk mendesain lobi yang baik, hindari meletakan furnitur yang berlebihan. Gunakan furnitur yang sederhana namun cukup nyaman untuk menunggu karena pada dasarnya lobi merupakan tempat dimana orang akan menunggu dan tidak ingin berdiam diri terlalu lama.

Gunakan pencahayaan yang bagus karena hal ini akan memberikan kesan pertama yang mewah dimata pengunjung kamu.

Demikian 4 desain ruang kantor minimalis. Semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *