Tanggal:29 April 2024

10 Tokoh Inspiratif Dunia, Bisa Memotivasi Diri Kamu lho!

Jumlah tokoh inspiratif yang namanya sudah sangat populer di semua penjuru dunia tentunya sangat banyak. Di antara kita semua tentu memiliki salah satu tokoh favorit, bukan? Biasanya kita mempelajari kisah inspiratif tokoh tersebut untuk  mendapatkan motivasi dalam diri.

Terutama dari para tokoh inspiratif suka membagikan kisahnya dan memberikan pesan moral agar generasi ke depannya selalu semangat serta pantang menyerah untuk berjuang dalam segala hal. Akan tetapi, bila kamu mengalami rasa jenuh maupun bosan, mungkin sebaiknya kamu bisa istirahat sebentar dalam melakukan aktivitas dan refreshing untuk menjernihkan pikiran.

Baca Juga | Self Development: Pengertian, Cara Melakukan Dan Pentingnya

Sehingga, setelah kembali, kamu dalam keadaan semangat dan tidak ada lagi rasa beban. Kisah sukses tokoh inspiratif di dunia kebanyakan memulai usahanya dari nol dan melewati perjalanan yang panjang serta berliku. Mereka mencapai kesuksesan tidak secara instan dan tentunya pernah mengalami kegagalan.

Mereka kemudian bangkit dan mencari strategi karena baginya kegagalan merupakan awal dari sebuah kesuksesan. Tujuan utama mereka berbagi kisah adalah agar bisa menjadi inspirasi semua orang. Nah, untuk itu sebegitu pentingkah punya tokoh inspiratif? Pada kesempatan kali ini Vocasia akan membagikan informasi tokoh tersebut. Kira-kira ada siapa saja, ya? Yuk, simak penjelasannya sampai selesai!

Baca Juga | Alasan Pentingnya Memiliki Self Confidence Dalam Bekerja

Tokoh Inspiratif Dunia

Ilustrasi Kesuksesan (Pixebay)

Meskipun kita selalu ingin menghindarinya, kegagalan merupakan bayangan yang tak terhindarkan ketika kita mengejar sesuatu yang diinginkan. Hal itu karena proses mencapai sesuatu membutuhkan kerja keras dan waktu yang tidak singkat. Orang sukses di dunia juga pernah mengalami kegagalan dan hal tersebut bukan hanya sekali saja. Berikut beberapa tokoh inspirasi dunia yang bisa kamu jadikan sebagai panutan dan inspirasi.

Baca Juga | 10+ Cara Presentasi Yang Baik Dan Benar Untuk Menarik Audience

1. J.K Rowling

Penulis Buku Harry Potter (Google)

Siapa sih yang tak kenal Harry Potter? Bukunya menjadi salah satu buku yang paling banyak terjual hingga saat ini. Ada banyak penggemar karakter ini, terutama setelah filmnya pertama kali diputar di layar lebar. J.K. Rowling merupakan penulis di balik kisah sukses Harry Potter yang sangat terkenal.

Penulis inspiratif ini tidak menemukan jalan yang mulus diawal membangun kariernya. Ia pernah ditolak puluhan kali oleh editor. Hingga suatu ketika, Bloomsbury akhirnya memberinya kesempatan dan mengantarkannya menjadi seperti sekarang ini. Ketekunan dan kerja keras telah membuat Rowling menjadi salah satu orang paling sukses dengan kekayaan terbesar.

Baca Juga | Apa Itu Mindset? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

2. Oprah Winfrey

Oprah Winfrey (Google)

Seorang wanita berdarah Kosciusko ini lahir dalam keluarga yang berantakan. Kehidupan suram bersama ibunya memaksanya untuk memilih tinggal bersama ayahnya. Ia diasuh oleh pegawai yang terus-menerus menuntut ia untuk membaca dan meringkas setiap akhir pekan. Kebiasaan tersebut membuatnya menjadi orang yang pintar, cerdas, dan percaya diri.

Tak hanya itu, ayahnya pun sangat keras saat mendidiknya. Ia bahkan tidak mau bersamanya kecuali Oprah mendapat nilai A. Benar saja, setelah lulus dari SMA, ia memulai kariernya di televisi dan menjadi wanita termuda yang menjadi penyiar di stasiun televisi lokal. Ia sangat dihormati dalam pertunjukannya selama 25 tahun. Oprah bahkan diberi wewenang untuk menjadi pembawa acara Oprah Winfrey Show. Meski memiliki karier cemerlang, masa lalu kelam Oprah justru menggerakan hatinya untuk membantu antar sesama.

Baca Juga | Apa Itu Inisiatif? Kemampuan Dalam Dunia Kerja Yang Dapat Mendukung Diri Kita!

3. Bill Gates

Pembuat Microsoft (Google)

Pendiri Microsoft ini dilahirkan dengan nama lengkap William Henry Gates III pada tanggal 28 Oktober 1955, di Seattle, Amerika Serikat. Ia tumbuh dalam keluarga berkecukupan. Ayahnya bernama William H. Gates Sr. dan ibunya bernama Marry Maxwell.

Bill Gates memiliki seorang kakak perempuan bernama Kristianne dan seorang adik bernama Libby. Orang tuanya mengajarkan anak-anaknya untuk menjadi pribadi yang kompetitif dan memiliki daya juang yang tinggi. Ia sangat dekat dengan ibunya.

Kini Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih US$ 103,1 miliar. Tetapi, dia pernah gagal beberapa kali ketika mendirikan Microsoft. Berbagai kesulitan telah ia alami dengan prinsip bahwa kegagalan membawa kesuksesan. Berkat kerja keras dan pantang menyerah, hingga saat ini Microsoft menjadi salah satu perusahaan raksasa terbesar yang telah memperkayanya. Kisah tokoh inspiratif ini menunjukan kegagalan bukan sebagai akhir dari segalanya, namun harus bangkit dan mencobanya.

Baca Juga | 7 Cara Menghargai Orang Lain: Sederhana, Mudah Dilakukan, Dan Tepat!

4. Colonel Harland Sanders

Pendiri KFC (Google)

Ia merupakan pendiri KFC (Kentucky Fried Chicken), restoran cepat saji yang menjual ayam goreng dengan rasa yang enak dan disukai banyak orang di seluruh dunia. Sebelum sukses mendirikan KFC, ia pernah bekerja sebagai kuli, petugas taman, dan prajurit militer. Pada tahun 1930 barulah ia mendirikan restorannya untuk pertama kali. Bisnisnya terus berkembang dan menjadi terkenal seperti sekarang.

Sebelumnya, ia pernah melakukan tur untuk menyajikan beberapa resep selama dua tahun dan menerima lebih dari 1.000 penolakan. Akan tetapi, dia terus berupaya untuk membawa KFC ke seluruh penjuru dunia. Kegigihannya menjadi kisah inspiratif bagi orang lain untuk tidak pernah menyerah menghadapi rintangan dan masalah.

Baca Juga | Mengenal Apa Itu Inovasi Beserta Manfaat Dan Contohnya

5. Albert Einstein

Ilmuan Fisika (Google)

Ketika kita berbicara tentang orang-orang yang menginspirasi, kita tidak bisa melupakan tokoh Albert Einstein, bukan? Ya, ia adalah seorang ilmuwan terbesar abad ke-20 yang telah menginspirasi banyak orang di seluruh dunia.

Einstein mendirikan teori relativitas dan memberikan kontribusi besar untuk pengembangan mekanika kuantum, statistik, dan kosmologi. Tapi, siapa sangka Einstein memilki hambatan mental? Hal itu terjadi karena pertumbuhan yang tidak normal. Bahkan, ia tidak bisa berbicara sampai berusia empat tahun. Sebenarnya Einstein memiliki otak intelektual yang kemudian membuatnya menjadi fisikawan yang sukses. Tentu saja, kesuksesannya tidak akan mungkin tercapai tanpa usaha dan integritas.

Baca juga | Mengenal Self Care: Pengertian, Jenis, Dan Cara Melakukannya

6. Elon Musk

CEO Tesla (Google)

Elon Musk adalah salah satu orang terkaya di dunia pada tahun 2021 silam dengan total kekayaan sebesar 151 miliar dolar AS. Namun, siapa yang sangka bahwa Elon Musk punya masa kecil sulit karena mengalami kekerasan dari ayahnya dan juga bullying. Meski begitu, hal ini tidak mengendurkan niatnya untuk terus belajar hingga bisa mencapai kesuksesannya saat ini. Elon Musk memulai karier entrepreneur-nya pada tahun 1995 dengan Zip, perusahaan software yang membantu koran membuat panduan wisata secara online.

Di tahun 1999, Zip dibeli oleh Alta Vista sebesar 340 juta dolar AS. Dana tersebut ia gunakan untuk membangun X.com yang sekarang dikenal sebagai PayPal. Ia juga berperan dalam mendirikan Tesla dengan berkontribusi sebesar 70 juta dolar AS sebagai bagian dari funding-nya. Hal tersebut membuatnya menempati posisi CEO sejak 2007. Tidak hanya itu, ia pun mendirikan SpaceX di tahun 2002 dengan menghabiskan dana sebesar 100 juta dolar AS. Di Tesla, dia berhasil mengembangkan mobil listrik yang diklaim ramah lingkungan berkat tenaga matahari sebagai bahan bakarnya. Sedangkan di SpaceX, dia berhasil bekerja sama dengan NASA dan militer Amerika Serikat untuk membuat roket serta teknologi yang mendukung kegiatan militer.

Baca Juga | Yuk Mengenal Kakeibo, Teknik Mengatur Keuangan Ala Orang Jepang!

7. Stephen Hawking

Seorang Profesor di Universitas (Google)

Di awal hidupnya, Stephen bukanlah anak yang pekerja keras. Bahkan ia adalah orang yang cenderung pemalas. Hingga akhirnya ia bertemu dengan guru matematika yang dikaguminya, Dicklan Tata. Metode pengajarannya yang sungguh luar biasa memungkinkan Stephen untuk mencoba menjadi profesor di Universitas Cambridge. Selain kecintaannya pada matematika, ia juga mampu merakit komputer, bagian mekanik jam tangan, papan kabel telepon, dan komponen lainnya. Melihat kecerdasannya, ia melanjutkan pendidikannya di Departemen Kosmologi Universitas Cambridge.

Baca Juga | 5 Sikap Dan Perilaku Wajib Untuk Menjadi Wirausahawan Sukses!

8. Zig Ziglar

Seorang Motivator (Google)

Zigglar merupakan pembicara dan motivator terkenal. Dia dulunya adalah seorang salesman untuk sebuah perusahaan peralatan masak. Zigglar memutuskan untuk meninggalkan karier penjualannya dan fokus menjadi seorang pembicara publik. Zigglar juga merupakan sosok inspiratif yang pernah menghadapi penolakan. Tidak setengah-setengah, hampir 30 penerbit menolak naskahnya. Hingga pada akhirnya, sebuah penerbit melirik naskahnya serta menerbitkan buku berjudul “See You at the Top”. Buku ini telah terjual 250.000 eksemplar dan masih dicetak hingga sekarang.

Baca Juga | Decision Making: Pengertian, Manfaat, Contoh Dan Cara Meningkatkannya Sebagai Keterampilan

9. Nick Vujicic

Tokoh Inspiratif Zig Ziglar (Google)

Pernahkah kalian membayangkan dilahirkan dengan bagian tubuh yang tak sempurna? Pria yang berasal dari Australia ini tidak merasa sedih dan rendah diri, tetapi hidup dengan sepenuh hati walaupun tanpa anggota tubuh lengkap. Kisah hidupnya juga menginspirasi karena ia telah berhasil membangun rumah dan hidup bahagia bersama kedua anaknya. Tentu saja, hidup Nick tidak semudah orang yang mempunyai anggota badan lengkap. Namun, ia membuktikan bahwa kekurangan bukanlah penghalang seseorang untuk sukses dan bahagia.

Baca Juga | Mengenal Imposter Syndrome: Keraguan Terhadap Diri Sendiri

10. Agnes Monica

Penyanyi Internasional (Google)

Agnez Monica kini dikenal sebagai Agnez Mo. Ya, ia merupakan salah satu sosok inspiratif, terutama bagi anak muda. Dia membuktikan bahwa memiliki kualitas terbaik akan membawanya ke panggung internasional. Bersaing di pentas internasional memang tidak mudah. Agnez Monica juga mengalami kegagalan dalam hidupnya. Namun, semuanya dijadikan pelajaran untuk mencapai hasil yang lebih baik di masa depan.

Ia mengawali kariernya sebagai penyanyi anak-anak hingga mampu go internasional di usianya yang terbilang cukup muda. Dari Agnez Monica kita belajar bahwa kerja keras, keuletan, konsistensi, dan setiap usaha yang dilakukan dengan pantang menyerah merupakan tanda bahwa kesuksesan berpihak pada kita.

Itulah beberapa tokoh inspiratif yang bisa kamu jadikan panutan. Kisah-kisah bisa kamu jadikan sebagai pelajaran dan motivasi untuk dorongan dalam mencapai kesuksesan dalam hidupmu. Semoga bermanfaat dan nantikan artikel lainnya dari Vocasia, ya!

Baca Juga | Apa Itu Law Of Attraction? Yuk, Ketahui Tujuan Hidup Dan Cara Mendekatkan Mimpi Kita

sukses wawancara - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *