Tanggal:16 May 2024

Ingin Bisnismu Meningkat? Pelajari Consumer Behavior!

Consumer behavior atau perilaku konsumen adalah studi yang dilakukan kepada konsumen tentang bagaimana mereka melakukan pembelian dari suatu produk atau layanan. Menurut Cooltrack, mempelajari perilaku konsumen tidak hanya berguna untuk pengembangan produk baru saja, tetapi juga dapat dijadikan analisa dalam perbaikan produk yang sudah ada sebelumnya.

Baca Juga : Customer Value

Memahami perilaku konsumen merupakan kegiatan yang cukup kompleks. Hal itu disebabkan setiap konsumen memiliki cara berpikir serta sikap yang berbeda terhadap pembelian atau konsumsi suatu produk.

Tipe-tipe Consumer Behavior

Agar dapat mempermudah memahami perilaku konsumen, kamu bisa mengetahui tipe-tipe consumer behavior yang akan kamu temui, beberapa di antaranya adalah:

  • Complex buying behavior
  • Dissonance reducing buying behavior
  • Habitual buying behavior
  • Variety seeking behavior

Baca Juga : Customer Engagement

5 Faktor yang Mempengaruhi Consumer Behavior

Terdapat 5 faktor yang mempengaruhi consumer behavior, baik dari pengaruh dalam diri maupun dari luar. Nah, berikut Vocasia telah merangkumnya untuk kamu!

1. Faktor Psikologi

Faktor psikologi merupakan faktor yang datang dalam diri seseorang untuk menentukan tindakan apa yang akan dilakukan. Beberapa faktor kuat yang memutuskan pembelian seseorang yakni, motivasi, persepsi, sikap, dan keyakinan.

2. Faktor Sosial

Manusia merupakan makhluk sosial yang pastinya memiliki lingkungan yang dapat mempengaruhi dirinya. Untuk dapat diterima di masyarakat, mereka akan berusaha meniru perilaku manusia lain pada umumnya. Sehingga keputusan pembelian juga dapat dipengaruhi oleh faktor sosial seperti keluarga, grup, peran, dan status.

3. Faktor Budaya

Faktor budaya merupakan pengaruh yang paling luas dan mendalam. Hal itu disebabkan budaya adalah simbol dan fakta kompleks yang diciptakan oleh manusia, diturunkan dari generasi ke generasi sebagai penentu dan pengatur perilaku manusia dalam masyarakat yang ada.

4. Faktor Personal

Terdapat berbagai faktor pribadi yang berbeda pada setiap orang yang dapat menghasilkan persepsi serta consumer behavior yang berbeda pula. Faktor personal itu ialah usia, pekerjaan, dan gaya hidup.

5. Faktor Ekonomi

Dengan keadaan ekonomi yang berbeda-beda pada setiap orang, dapat mempengaruhi keputusan pembelian pada konsumen. Jika konsumen memiliki uang yang pas-pasan maka ia akan lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan primernya terlebih dahulu.

Setelah memahami lima faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, sebagai seorang marketer kamu juga harus mengetahui model perilaku konsumen. Melalui pemahaman model ini dapat membantu kamu dalam mempertahankan basis pelanggan yang telah dimiliki oleh perusahaan.

Baca Juga : Customer Experience

Model Perilaku Konsumen

1. Input, Process, Output

Model perilaku konsumen ini merupakan model yang sering digunakan oleh perusahaan besar. Input mengacu pada strategi marketing yang dibentuk sebuah perusahaan. Process, yang berhubungan dengan proses transaksi oleh seorang konsumen. Mulai dari mengetahui hingga mengevaluasi kualitas serta harga produk. Terakhir adalah output, sebuah indikator yang merujuk pada respons konsumen terhadap produk atau layanan yang disediakan perusahaan.

2. Sociological Model

Sociological model mengacu pada teori di mana pembelian dipengaruhi oleh tempat individu berdiam dalam kelompok masyarakat. Teori ini menjelaskan bahwa seseorang pada dasarnya akan membeli barang berdasarkan hal yang diperlukan oleh kelompok tempat mereka berada.

3. Learning Model

Terakhir, learning model adalah model yang mengacu pada teori di mana customer behavior biasanya menunjukkan keinginan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan dasar yang diperlukan untuk bertahan hidup.

Bagaimana? Setelah mengetahui penjelasan tentang pentingnya consumer behavior apakah kamu siap untuk meningkatkan bisnismu? Terus semangat dan kembangkan pengetahuanmu agar dapat mencapai target yang diinginkan, ya!

Baca Juga : Customer Loyalty

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *