Tanggal:17 May 2024

Yuk, Ketahui Apa itu Customer Engagement

Dalam dunia bisnis perlu adanya kerja sama yang baik. Semua pihak yang terlibat di dalam bisnis tersebut haruslah saling terikat. Customer engagement atau keterikatan pelanggan membentuk sebuah hubungan erat yang terjalin. Customer engagement adalah hubungan komunikasi atau interaksi yang terjalin antara pelanggan dan pihak produsen atau perusahaan melalui berbagai saluran. Beragam saluran dapat menjadi jembatan penghubung dalam menjalin keterikatan pelanggan. Kamu bisa membangun customer engagement agar dapat membantu kemajuan bisnis dalam jangka panjang.

Baca Juga : Customer Journey Map

Proses membangun keterikatan pelanggan tentu perlu komunikasi secara instens. Kamu bisa melihat hasil customerengagement dari beragam reaksi pelanggan terhadap bisnis. Hal itu dapat terjadi melalui suatu interaksi, reaksi, efek, atau pengalaman yang dirasakan pelanggan secara keseluruhan terhadap produk atau layanan jasa yang dipilih. Kamu bisa membangun customer engagement secara offline maupun online. Komunikasi secara langsung juga tak kalah efektif dibandingkan melalui penggunaan media. Kamu juga bisa membangun keterikatan pelanggan melalui cara berikut.

1. Pertahankan Loyalitas Pelanggan 

Ilustrasi Pelanggan Loyal Produk Fashion (sumber: pexels)

Customer engagement adalah metode yang bertumpu pada pengalaman pelanggan. Kamu harus pandai memelihara dan mempertahankan pelanggan setia dalam bisnis. Berikan pengalaman terbaik yang bisa didapatkan oleh pelanggan secara maksimal. Kamu juga perlu terus membangun hubungan interaksi secara lebih dekat. Tujuannya agar pelanggan tetap merasa nyaman dan diperhatikan dari segi keinginannya. Kamu harus pandai mempertahankan hati pelanggan yang setia agar terus mampu bertahan bersama bisnis yang berjalan. Pastikan pelanggan tetap menjadi aset berharga utama, ya. 

Baca Juga : Customer Loyalty

2. Menyapa Pelanggan Melalui Pesan Singkat 

Ilustrasi Menyapa Pelanggan Melalui Media Sosial (sumber: pexels)

Kamu dapat membangun customer engagement melalui pola komunikasi secara efektif. Hal ini dapat terjalin melalui beragam cara dan media. Kamu bisa memanfaatkan media komunikasi sebagai cara jitu membangun customer engagement. Sapa pelanggan kamu melalui pesan singkat. Kamu dapat menggunakan email, aplikasi chatting, atau media sosial. Tanyakan kabar dan buat kesan ingatan baik terhadap bisnis kamu. Pelanggan akan merasa diberikan kemudahan interaksi tanpa harus bertatap muka secara langsung. Kamu bisa membuatnya secara lebih personal dengan penggunaan bahasa yang sesuai. 

3. Berikan Pengalaman Tak Terlupakan Bagi Pelanggan

Ilustrasi Pelanggan Merasa Gembira (sumber: pexels)

Kamu bisa memukau pelanggan melalui beragam cara. Hal ini dapat kamu amati dari ciri masing-masing kesukaan pelanggan. Kamu bisa membuat promo menarik, kejutan menarik, ataupun hal menarik lain yang mampu membuat takjub para pelanggan. Customer engagement sangat menekankan pengalaman pelanggan sebagai modal utama. Kamu bisa membangun keterikatan pelanggan dari cara yang paling sederhana. Contohnya seperti memberikan kesan ramah dan solutif kepada setiap pelanggan kamu. Buat pelanggan merasa nyaman dan tertarik akan pelayanan bisnis yang kamu suguhkan. Tambahkan kesan humoris ataupun kejutan menarik sesekali dapat menjadi trik istimewa bagi bisnis kamu.

4. Bersikap Responsif Kepada Pelanggan

Ilustrasi Wajib Menjawab Pertanyaan Pelanggan (sumber: pexels)

Kamu harus bisa menjaga hubungan baik dengan setiap pelanggan. Membangun keterikatan dengan pelanggan sangatlah penting. Kamu dituntut responsif atas segala macam bentuk pertanyaan pelanggan. Buat pelanggan merasa mendapatkan solusi terbaik atas pertanyaan yang dilontarkan. Kamu harus pandai membaca sumber kenyamanan setiap pelanggan. Berikan respon dan perhatian terbaik kamu terhadap setiap pelanggan. Buat setiap pelanggan merasakan kenyamanan yang sama. Tunjukkan bahwa bisnis kamu berbeda dari yang lain, ya. Jangan biasakan membuat pelanggan menunggu terlalu lama atas jawaban kamu. Bersikaplah tanggap dan cekatan dalam memberikan sebuah respon.

Baca Juga : Customer Behavior

5. Buat Pelanggan Tergoda melalui Media Sosial

Ilustrasi Melihat Postingan Menarik di Media Sosial (sumber: pexels)

Media sosial dapat menjadi cara ampuh membangun customer engagement secara cepat. Kamu hanya perlu membuat dokumentasi produk secara menarik. Buatlah pelanggan merasa tergoda akan postingan bisnis kamu di media sosial. Visual menjadi penunjang utama yang dapat memikat pelanggan dengan cepat. Kamu harus pandai menyulap tampilan produk menjadi lebih unik dan membuat setiap mata melirik. Pelanggan dapat dengan mudah tergoda akan bukti visual produk melalui media sosial. Hal ini dapat membuat level customer engagement terus meningkat. Suguhkan visual yang menarik dan informatif.

Baca Juga : Sosial Media Marketing

Itulah penjelasan seputar customer engagement. Kamu bisa membangun keterikatan dengan pelanggan sebagai cara ampuh meningkatkan kemajuan bisnis. Berbagai cara diatas bisa kamu lakukan untuk membangun keterikatan yang lebih terhadap setiap pelanggan. Buatlah pelanggan merasa mendapatkan kesan berharga dan berbeda dari yang lain. Hal ini juga akan mendorong pelanggan menjadi pelanggan yang setia, loh. Kamu harus pandai menemukan celah ketertarikan pelanggan, ya. Tentunya supaya customer engagement yang kamu lakukan bisa maksimal.

Baca Juga:

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *