Tanggal:04 May 2024

Mengenal Google Meet: Pengertian, Fitur, Kelebihan, Cara Menggunakannya

Setelah pandemi melanda dunia, semua negara terpaksa mengubah sistem kerja mereka menjadi serba online. Semua aktivitas pertemuan muka diganti menjadi pertemuan virtual. Salah satu aplikasi yang menguntungkan manusia untuk bekerja saat setelah pandemi ini adalah aplikasi Google Meet.

Terdapat banyak fitur, kegunaan, dan kelebihan yang dimiliki Google Meet untuk kita. Google Meet sangat memudahkan manusia pada saat ini untuk melanjutkan aktivitas kehidupan mereka agar tetap berjalan. Berikut Vocasia akan menjelaskan apa itu Google Meet, pengertian, fitur, kelebihan, dan cara menggunakannya.

Baca Juga | 7 Aplikasi WFH Yang Wajib Kamu Miliki, Kamu Sudah Tahu?

Pengertian Google Meet

Google Meet adalah produk Google, layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini merupakan salah satu dari 2 aplikasi dalam versi baru dari versi sebelumnya, yaitu Google Hangouts dan Google Chat. Google sendiri menghentikan versi klasik Google Hangouts pada Oktober 2019.

Aplikasi Google Meet baru dirilis untuk pengguna iOS, namun pada Februari 2017, Google resmi meluncurkan Google Meet kemarin dan bulan depan. Layanan ini diluncurkan sebagai aplikasi konferensi video yang dapat dilihat hingga 30 peserta. Meet adalah versi yang lebih canggih dari pendahulunya, Hangouts, karena Meet dapat ditampilkan di aplikasi web, aplikasi Android, dan iOS.

Baca Juga | Google Ads: Pengertian Serta Manfaatnya

Fitur-Fitur Google Meet

Tentu saja, Google Meet menawarkan banyak fitur yang dapat membantu individu dan perusahaan menggunakannya dalam skala besar. Berikut ini fitur- fitur yang bisa kamu andalkan dari Google Meet:

  • Dapat mengundang hingga 100 peserta per panggilan untuk pengguna G Basic Suite, 150 orang bagi pengguna G Suite Business dan 260 orang per meeting untuk pengguna yang membeli paket G Suite Enterprise.
  • Mempunyai kemampuan untuk bergabung dengan rapat dari web atau melalui aplikasi yang di install oleh pengguna smartphone Android dan iOS.
  • Kemampuan untuk melakukan rapat online dengan nomor dial-in.
  • Jika pengguna edisi G Suite Enterprise memakai nomor dial-in, maka kata sandi atau password pengguna akan terlindungi.
  • Integrasi dengan Google Calendar untuk melakukan panggilan rapat sekali klik.
  • Berbagi layar untuk menyajikan dokumen, spreadsheet atau presentasi.
  • Panggilan terenkripsi di antara semua penggunanya.
  • Teks tertutup yang dihasilkan oleh adanya AI.

Baca Juga | 3 Cara Mudah Menambahkan Lokasi Bisnis Di Google Maps

Kelebihan Google Meet

Penciptaan dan pembaruan Google Meet yang jauh lebih menarik dan menawarkan fitur- fitur terbaik dibandingkan dari pendahulunya Google Hangouts klasik, inilah keunggulan yang ditawarkan Google Meet:

  • Membantu para pekerja dan karyawan untuk tetap melakukan rapat dimana saja mereka berada dengan menggunakan video call.
  • Interface atau antarmuka yang unik dan fungsional dengan ukuran ringan serta cepat, mengedepankan pengelolaan yang efisien, mudah guna (user friendly) yang dapat diikuti semua pesertanya.
  • Pengguna dapat mengundang peserta rapat dan berbagi fitur.

Baca Juga | Cara Membuat Presentasi PowerPoint (PPT) Di Canva

Cara Menggunakan Google Meet

Ada dua cara menggunakan Google Meet, berikut adalah cara-caranya:

Baca Juga | 7 Keuntungan Belajar Online Di Rumah Selama Pandemi Covid-19!

1. Google Meet untuk Pengguna Smartphone

Bagi kamu yang lebih banyak mobile atau lebih memilih menggunakan smartphone maka kamu dapat mengunduh aplikasi ini Play Store dan App Store. Lakukan pendaftaran atau Sign Up dengan menggunakan Gmail Anda. Apabila kamu sudah terdaftar, kamu akan dapat melakukan konferensi online dengan menggunakan fitur chat atau video conference. Klik ikon (+) pada pojok kanan bawa aplikasi dan pilih New Video Call, kemudian tambahkan partisipan dengan memasukkan alamat email atau nomor telepon mereka.

Baca Juga | 25 Cara Menghasilkan Uang Dari Smartphone Tanpa Modal

2. Google Meet untuk Pengguna Komputer atau Desktop

Pengguna komputer dapat mengakses Google Meet pada laman resmi mereka, kemudian klik Join or Start a Meeting. Disini pengguna harus membuat kode rapat dan judul meeting sebelum mengundang partisipan. Website akan meminta izin untuk mengakses mikrofon dan kamera. Klik Join Now untuk bergabung dengan ruang rapat virtual, presentasi akan dilakukan pada layar komputer. Jika kamu ingin mengundang lebih banyak orang, silahkan copy paste video conference atau cukup menambah email partisipan baru.

Baca juga | Cara Membuat Google Docs Dengan Mudah, Yuk Coba!

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *