Tanggal:29 April 2024

7 Keuntungan Belajar Online di Rumah Selama Pandemi Covid-19!

Metode online learning atau e-learning telah digunakan beberapa tahun ke belakang saat pertama kali pandemi Covid-19 muncul. Pembelajaran secara daring dianggap dapat menjadi alternatif untuk proses belajar yang lebih fleksibel dan praktis serta disukai oleh generasi pelajar saat ini. 

Kursus online IELTS Vocasia

Dampak Covid-19 yang begitu terasa dari berbagai lembaga, mengharus pembelajaran secara tatap muka ditiadakan. Namun, ada banyak sekali manfaat online learning dari berbagai sisi. Ingin tahu apa saja keuntungannya? Simak penjelasan lebih lengkap di bawah ini!

Baca juga: 3 Tipologi Pers dalam Jurnalistik beserta Penjelasannya

Keuntungan Belajar Online

Keuntungan Belajar Online. Sumber: pexels.com

Online learning adalah kegiatan dalam melakukan proses belajar mengajar dengan memanfaatkan internet dan media digital untuk penyampaian materinya. Metode online learning dianggap sangat akrab dengan generasi pelajar pada era yang serba digital dan menggunakan produk-produk teknologi. 

Online learning mulai menjadi tren di era digital untuk dapat digunakan pada banyak situasi. Berikut di bawah ini beberapa manfaat online learning yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Cara Membangun Brand Clothing

1. Praktis dan fleksibel

Online learning secara praktis terjadi antara interaksi guru dan siswa karena tidak harus menempuh perjalanan untuk bertemu. Selain itu, proses pembelajaran bisa diakses dengan mudah hanya dengan menggunakan smartphone, komputer, dan laptop yang terhubung dengan jaringan internet. 

Kemudahan lainnya yaitu bisa didapatkan dengan melakukan proses pembelajaran yang bisa dilakukan dengan fleksibel baik di ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, hingga di tempat lain yang suasananya lebih nyaman.

Selain itu, waktu belajar jauh lebih fleksibel jika dibandingkan belajar di sekolah secara tatap muka karena bisa dilakukan kapan saja karena biasanya terdapat pilihan waktu belajar yang bisa dipilih. Dalam satu kali pertemuan, akan dibutuhkan waktu mulai dari 1-3 jam saja. Tentu saja proses pembelajaran seperti itu dapat menghemat banyak waktu.

2. Pengalaman belajar yang menyenangkan 

Online learning dilakukan dengan mendapatkan pengajaran yang lebih menarik dan inovatif melalui berbagai format media baik foto, video, atau audio. Hal tersebut memberikan kamu pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan tidak monoton. Suasana belajar yang berbeda akan menjadi lebih menyenangkan daripada biasanya. 

3. Hemat waktu dan biaya terjangkau

Kamu tidak perlu menempuh waktu perjalanan untuk mencapai kelas dengan tergesa-gesa. Kamu bisa segera memulai kelas dengan hanya membuka smartphone dan siap mengikuti kelas dengan baik. Selain itu, dengan belajar online kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya-biaya lain seperti membayar parker kendaraan, penggunaan fasilitas, maupun sumber daya material seperti buku catatan, dan cetakan karena materi sudah tersedia secara online.

Bagi kamu yang berminat mengikuti kelas online di luar sekolah, sudah banyak lembaga penyedia untuk meningkatkan skill kamu pada bidang tertentu. Jangan khawatir karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan beragam. Banyaknya platform online dengan biaya terjangkau bisa kamu dapatkan DISINI

4. Mudah didokumentasi

Keuntungan lainnya adalah kamu tidak perlu menyalin materi pelajaran dengan media kertas. Media digital memungkinkan siswa untuk melakukan dokumentasi dengan merekam dan menyimpan materi yang diberikan secara online. Salinan materi tersebut mudah diakses dan dipelajari kembali di kemudian hari. Oleh sebab itu, kamu perlu menyimpan dengan rapi dan baik, ya!

5. Ramah lingkungan

Belajar online di rumah dapat mengurangi mobilitas yang secara tidak langsung mengurangi penyebaran polusi yang ditimbulkan oleh kendaraan. Dengan begitu, udara yang ada di sekitar kita menjadi lebih bersih.

Selain itu, online learning tidak memerlukan banyak media kertas sebagaimana poin sebelumnya baik dalam pemberian materi, soal, dan keperluan pendataan. 

Hal tersebut tentu berdampak positif bagi lingkungan karena mengurangi penggunaan konsumsi kertas yang jika penggunaannya meningkat, lambat laun dapay merusak lingkungan.  Hal tersebut juga menjadi upaya dalam mengurangi sampah yang dihasilkan dari penggunaannya.

6. Pembelajaran lebih luas

Peningkatan pembelajaran berbasis digital memunculkan banyak beberapa materi pelajaran pada e-learning yang belum tersedia di media cetak seperti buku fisik. Selain itu, pengajar bisa lebih leluasa mengedit dan menambahkan informasi terbaru karena bentuk modulnya adalah digital yang tidak perlu dilakukan proses percetakan yang kurang praktis.

7. Melek teknologi

Keuntungan yang paling dirasakan adalah, genarasi memanfaatkan teknologi dengan sangat baik. Hal tersebut karena alat utama yang digunakan dalam belajar online tidak lain berhubungan dengan teknologi.

Sudah banyak aplikasi yang menunjang pembelajaran online baik dalam melakukan komunikasi dua arah seperti zoom dan google meet, juga menggunakan aplikasi lainnya dalam mengisi soal, mengunduh pembelajaran, dan mencari referensi tugas. Baik pengajar maupun siswa bersama-sama belajar untuk memanfaatkan teknologi yang ada.

Baca juga: Penggunaan as if dan as though

Itu dia 7 keuntungan belajar online di rumah selama pandemi Covid-19 masih melanda. Kamu tidak perlu mengeluh karena dibalik itu sudah banyak keuntungan yang kamu peroleh. 

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Temukan kursus yang ingin kamu ikuti untuk mengasah berbagai kemampuan dan skill dengan klik tautan berikut

Vocasia adalah platform online yang menyediakan berbagai kursus online dan dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis! Tunggu apalagi, nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai pelatihan agar skill dan pengetahuan kamu makin meningkat! 

Baca juga: 5 Aplikasi Layanan Penyimpanan Foto

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *