Tanggal:15 May 2024
Bulan puasa

Susah Fokus Saat Puasa? Ini 7 Cara Menjaga Fokus Saat Puasa!

Bulan Ramadan sudah di depan mata. Sebagai seorang muslim, kita diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa.

Namun, apakah puasa bisa menjadi dalih kita untuk bermalas-malasan? Tentu saja tidak. Saat puasa, kita pun dituntut untuk produktif agar pahala senantiasa mengalir dalam jiwa kita!

Kinerja otak yang menurun kala menahan haus dan lapar memang dapat berperan besar dalam berkurangnya produktivitas. Akan tetapi hal ini bisa saja disiasati apabila kamu mengetahui cara menjaga konsentrasi. Lantas, bagaimana sih caranya? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Cara menjaga fokus saat puasa

Pernahkah kamu merasa sulit untuk berkonsentrasi saat berpuasa? Ya, memang tidak dapat dipungkiri bahwa puasa akan membuat konsentrasi kita mudah terganggu karena otak kekurangan nutrisi. Namun, hal itu tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak produktif, ya! Nah, lalu bagaimana ya caranya supaya tetap fokus saat puasa? Yuk, lihat tipsnya berikut.

1. Perhatikan asupan sahur dan berbuka

Tips fokus puasa yang pertama adalah dengan memperhatikan asupan saat sahur dan berbuka. Pasalnya, hidangan yang penuh vitamin dan nutrisi ini bisa jadi bekal energi sepanjang hari. Saat kita memiliki energi yang cukup, kita pun bisa produktif meskipun sedang berpuasa. Sebaiknya saat sahur dan berbuka hindari makanan manis, produk olahan, serta asupan berminyak atau berlemak. Demi meningkatkan konsentrasi dan fokus selama bulan puasa, pastikan kamu mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan vitamin B, C, E dan magnesium seperti jeruk, wortel, bayam, atau sayuran hijau lain. Makanan ini merupakan pendukung konsentrasi yang baik.

Baca juga: 10 Resep Menu Sahur Sehat agar Tidak Lemas Saat Puasa!

2. Jaga tubuh tetap terhidrasi

source: pixabay

Selain menjaga asupan pola makan yang sehat, kamu juga perlu menjaga tubuhmu tetap terhidrasi. Tetap terhidrasi berdampak positif pada konsentrasi. Bahkan, dehidrasi ringan bisa menyebabkan seseorang sulit mengingat atau mempelajari hal baru, lho.

Maka dari itu, pastikan kamu mengonsumsi air yang cukup saat sahur dan berbuka. Kamu bisa meminum 2 gelas saat sahur dan 4 gelas saat berbuka.

3. Pastikan jam tidur cukup

source: pexels

Pasti kamu sudah tahu bahwa kurang tidur dapat berpengaruh kepada kemampuan berkonsentrasi. Kurang tidur dapat menganggu proses penyimpanan informasi sehingga kamu menjadi sulit mengingat atau mempelajari hal baru. Hal ini tentu saja dapat menghambat efisiensi kamu dalam beraktivitas apalagi saat puasa.

Jam tidur standar pada manusia umumnya adalah 7-8 jam. Namun, hal ini bergantung kepada masing-masing orang. Jadi, sebisa mungkin walaupun di bulan puasa, kamu harus dapat memastikan bahwa jam tidur kamu tercukupi.

Karena kamu harus bangun sahur, sebaiknya kamu tidur lebih awal dibandingkan hari biasanya. Kamu bisa membuat jadwal tidur dan bangun yang disesuaikan dengan bulan Ramadan atau menggunakan alarm untuk mengingatkan waktu tidur dan bangun.

4. Buat agenda pekerjaan

source: pexels

Untuk membantu fokus saat puasa, buatlah daftar pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari itu. Jadi, kamu sudah tahu akan melakukan apa sebelum memulai hari sehingga dapat meminimalisir kegiatan lain yang kurang efektif.

Kamu bisa membuat rencana yang terstruktur. Sehingga kamu akan lebih mudah konsentrasi dalam melakukan produktivitas di hari itu juga.

Baca juga: 7 Cara Membuat Action Plan

5. Beristirahat di sela kegiatan

source: pexels

Dalam menjaga produktivitas saat puasa, bukan berarti kamu harus terpaku pada agenda pekerjaan tanpa adanya jeda sejenak. Hal itu justru akan membuatmu mudah stres dan berakibat menurunnya konsentrasi, lho.

Maka dari itu, ada baiknya kamu mengambil jeda di sela-sela kegiatanmu minimal 10-15 menit untuk mengembalikan tenaga dan semangat kamu.

6. Melakukan olahraga ringan

Bulan puasa

source: worldofbuzz

Kata siapa kita tidak dapat berolahraga saat berpuasa? Justru kita disarankan untuk berolahraga, lho. Namun, bukan olahraga berat yang dapat menguras kekuatan fisik dan konsentrasi, akan tetapi olahraga ringan 1-2 jam setelah sahur atau 1-2 jam setelah berbuka. Menurut sebuah penelitian dari Universitas Illinois, olahraga dapat meningkatkan fungsi kognitif otak yang berkaitan dengan fokus dan perhatian. Jadi, jangan takut untuk berolahraga saat berpuasa, ya!

7. Eliminasi distraksi

Bulan puasa

source: pixabay

Seperti yang kita tahu, memang konsentrasi merupakan kunci utama untuk menjaga produktivitas berjalan secara maksimal. Namun, terkadang distraksi di sekitar kamu dapat mengacaukan konsentrasimu, lho.

Beberapa hal yang berpotensi mengganggu konsentrasi kamu misalnya suara telepon masuk atau notifikasi dari ponsel. Dengan mematikan nada dering ponsel kamu, maka hal tersebut dapat membuat konsentrasi kamu lebih terjaga.

Intinya, jangan sampai puasa menganggu produktivitasmu, ya. Kamu tetap bisa menyeimbangkan kualitas produktivitasmu kok walaupun sedang menahan lapar dan haus. Kalau ingin mengisi aktivitas yang bermanfaat di sela-sela waktumu, kamu bisa join kursus online bersetifikat di Vocasia untuk menajamkan wawasan, ilmu, dan skill kamu. Semangat berpuasa untuk kamu yang menjalankannya!

Baca juga: 9 Tips Tetap Produktif saat Puasa di Bulan Ramadan

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *