Tanggal:03 May 2024
tips ramadhan produktif

9 Tips Tetap Produktif saat Puasa di Bulan Ramadan

April 2022 merupakan bulan yang penuh berkah. Pasalnya, umat islam sedang memasuki bulan Ramadan. Saat Ramadan, salah satu amalan wajib yang harus dijalankan adalah puasa. Puasa di bulan Ramadan berdurasi satu bulan penuh atau 30 hari. Namun, terdapat beberapa keringanan untuk orang-orang tertentu seperti lansia, ibu hamil dan menyusui, serta perempuan yang tengah haid. Meski demikian, untuk beberapa kategori tetap harus membayar puasanya saat ia mampu. 

Lalu, bagaimana hukum puasa untuk orang bekerja? Hukum puasa untuk pekerja adalah wajib. Meskipun semua tahu bahwa berpuasa sambil bekerja adalah hal yang tidak mudah. Pasalnya, badan menjadi lemas dan kurang produktif.

Tak perlu khawatir, karena kamu berada pada artikel yang tepat. Artikel ini akan membahas seputar tips Ramadhan produktif. Apa saja tipsnya? Tips tersebut dapat kamu temukan dalam pembahasan di bawah ini.

Baca juga : Peluang Bisnis! Berikut 10 Ide Usaha Rumahan di Bulan Ramadan

Tips Ramadhan Produktif

Seperti yang sebelumnya dibahas, berpuasa membuat badan menjadi lemas. Baiknya hal tersebut tidak dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Kamu harus tetap produktif agar memperoleh pahala yang lebih banyak. Berikut adalah tips Ramadan produktif yang dapat kamu ikuti.

  • Mengontrol waktu tidur

Mengontrol waktu tidur adalah cara jitu agar membuatmu tetap produktif. Jika kamu terbiasa tidur larut malam, cobalah untuk memulainya lebih awal. Setelah itu, kamu boleh bangun jika ingin melaksanakan tahajud.

Hal serupa juga perlu kamu perhatikan saat sahur. Ketika sahur, sebaiknya jangan tidur lagi. Lakukan aktivitas lain yang menyibukkan seperti tadarus maupun berolahraga. Melaksanakan waktu tidur yang demikian dapat membuat badanmu lebih fresh dan menjadikanmu produktif.

  • Sahur yang cukup

Sebagian orang mengonsumsi makan sahur secara berlebihan. Tetapi, ada juga yang terlalu sedikit dan bahkan tidak makan. Padahal makan sahur adalah kunci agar tubuhmu tidak letih saat berpuasa di siang hari. 

Makanan sahur yang baik adalah sesuai dengan porsi badanmu. Jangan makan terlalu banyak dengan alasan takut lapar. Hal tersebut tidak dibenarkan karena semakin banyak makanan yang dikonsumsi, tingkat kantuk menjadi lebih tinggi. 

Kamu juga tidak boleh mengabaikan sahur dan memilih porsi yang terlalu sedikit. Sebab hal itu dapat memicu timbulnya rasa letih dan lemas akibat nutrisi yang tidak terpenuhi.

  • Membuat planning harian

Tips ketiga yang dapat kamu lakukan adalah membuat jadwal kegiatan. Tulis dan susun kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan di hari itu. Letakkan kegiatan yang membutuhkan effort lebih di pagi hari. Kamu bisa berkaca pada pembuatan rencana harian yang baik, di sini.

Pada pagi hari, badan dan otak sedang dalam keadaan paling segar. Maknanya, ia siap diajak bekerja dengan tempo yang keras. Berbeda dengan siang dan sore hari yang merupakan jam-jam lapar dan membuat kantuk.

  • Olahraga

olahraga ringan

Olahraga menjadi pilihan terbaik untuk menjaga produtivitasmu. Bagaimana bisa? Bukankah olahraga itu melelahkan dan membuat haus? Eits, tentu yang dipilih adalah olahraga dengan intensitas ringan. Olahraga ringan tidak membutuhkan effort yang menguras banyak tenaga. 

Selain intensitas, penempatan waktu yang tepat juga harus kamu perhatikan. Kamu bisa berolahraga setelah sholat Shubuh dan menjelang berbuka.

Baca juga : 8 Cara Efektif Atasi Malas Belajar, Bikin Semangat Kamu Bangkit!

  • Manfaatkan waktu istirahat dengan maksimal

Istirahat dan tidur saat puasa juga termasuk ibadah. Namun, akan menjadi tidak baik jika waktunya terlalu lama. Waktu tidur siang ideal yang dapat kamu terapkan adalah sekitar 20 hingga 30 menit. Dengan durasi pas, tubuhmu akan menjadi lebih produktif setelah melakukannya.

  • Ibadah 

Berpuasa tidak boleh menjadikanmu lupa dengan ibadah lainnya. Sholat dan membaca Quran juga wajib dilakukan saat dan di luar bulan Ramadan. Melalui ibadah, tubuhmu menjadi lebih segar, hati dan jiwamu juga semakin tenang.

  • Mengonsumsi makanan sehat

makanan puasa

Pilihan makanan saat sahur dan berbuka adalah hal yang sangat dasar. Meski dianggap dasar dan sepele, ia memiliki dampak yang cukup besar bagi produktivitas tubuh. Makanan sehat seperti buah, sayur, dan ikan, menjadikan  tubuhmu semakin bersemangat. Hindari makanan berlemak dan cepat saji yang dapat membuatmu lemas dan kantuk seharian.

  • Melakukan hobi

Hal yang dapat kamu lakukan agar tetap mood seharian adalah melakukan hal yang menyenangkan. Kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan saat puasa adalah membaca buku, menonton film, dan membuat kue kering. Saat mendekati waktu berbuka, ngabuburit dapat menjadi pilihan aktivitasmu.

  • Porsi bermain medsos yang cukup

Dewasa ini, sebagian besar dari sekian juta jiwa orang menggunakan medsos. Medsos dilengkapi kecanggihan yang dapat menjaga mood selalu baik. Namun, memainkannya terlalu lama juga dapat menimbulkan sesuatu yang negatif. Pasalnya, dalam medsos terdapat beragam konten yang di antaranya dapat mengurangi pahala kamu. Selain itu, durasi yang berlebihan menjadikanmu malas melakukan aktivitas lain.

Itulah beberapa tips Ramadhan produktif yang dapat kamu terapkan. Kumpulkan pahala sebanyak-banyaknya dan hindari perbuatan maksiat, ya. Selamat menjalankan ibadah puasa sobat Vocasia!

Baca juga : 7 Tips WFH agar Tetap Produktif & Tehindari dari Stress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *