Tanggal:25 April 2024

Meta Keyword : Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Meta keyword adalah meta tag yang bisa kamu gunakan dengan tujuan untuk memberikan lebih banyak informasi kepada mesin pencari tentang informasi konten yang terdapat dalam halaman website. Hal ini dapat ditemukan pada kode sumber HTML halaman web, dan tidak terlihat oleh pengunjung. 

Namun, apakah fitur ini memiliki manfaat dalam meningkatkan SEO? Simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu Meta Keyword?

Meta keyword adalah struktur dari meta HTML yang berisi kumpulan keyword tertentu dan menjadi target dalam sebuah website. Keyword ini dibutuhkan untuk memberikan data kepada mesin pencari mengenai konten atau artikel dalam sebuah website. 

Pada dasarnya, meta keyword memiliki peran penting dalam pembuatan konten website agar lebih teroptimasi dengan struktur Search Engine Optimization (SEO). Bahkan, meta keyword juga bisa menghasilkan struktur yang tepat agar target kata kunci menjadi optimal.

Manfaat Meta Keyword

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, meta keyword adalah kumpulan informasi data kata kunci terhadap mesin pencari. Lalu, apa saja manfaat meta keyword bagi sebuah website? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Membuat Keyword Lebih Spesifik

Manfaat penggunaan meta keyword adalah membuat kata kunci menjadi lebih spesifik. Dengan menggunakan meta keyword, konten pada sebuah website akan berisikan banyak kata kunci dengan satu kata kunci sebagai target utama.

Hal tersebut akan bermanfaat bagi mesin pencari untuk mengidentifikasi kata kunci dalam sebuah konten website. Selain itu, jika kamu memasukkan beberapa contoh meta keyword yang relevan, tentunya optimasi website akan semakin baik.

2. Mempermudah untuk Menemukan Keyword Utama

Meta keyword memiliki manfaat untuk mempermudah seorang developer website dalam menemukan kata kunci utama. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan meta keyword yang berisi kumpulan kata kunci. Terlebih lagi, hal ini juga bermanfaat untuk pembuatan konten website agar lebih teridentifikasi oleh mesin pencari.

Ketika mengelola sebuah website, banyak kompetitor yang tentunya memuat kata kunci yang spesifik dalam konten yang mereka buat. Dengan menggunakan meta keyword, peluang kamu dalam mendapatkan kata kunci utama dari sebuah konten akan semakin besar.

Baca juga| Silo SEO: Apa Itu, Manfaat, Cara Menerapkan Dan Tipsnya

Pentingnya Penggunaan Meta Keyword

Google menginformasikan bahwa tidak lagi menggunakan meta keyword untuk membantu memberi peringkat halaman website. Namun, perlu diingat bahwa ada lebih banyak optimasi SEO yang dilakukan. Nah, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kamu masih membutuhkan meta keyword dalam mengelola website.

1. Meta Keyword Berpeluang Bekerja di Mesin Pencari Yandex

Yandex adalah mesin pencari asal Rusia yang memiliki pangsa pasar hampir sama dengan Google. Dokumentasi resmi Yandex menyatakan bahwa kata kunci dapat digunakan saat menentukan relevansi halaman dengan kueri penelusuran.

Lalu, apakah meta keyword adalah faktor penentu peringkat yang terbukti dalam Yande? Ternyata tidak juga. Namun, karena halaman itu masih baru dan tayang sejak akhir 2018, informasi tersebut masih berpeluang keakuratannya.

2. Bing

Tahun 2014 Bing menyatakan dalam sebuah postingan blog bahwa meta keyword dikatakan mati dalam hal nilai SEO. Hal ini dikonfirmasi pada 2020 oleh perwakilan Bing yang memposting melalui Twitter. Namun, pada tahun 2011 Bing mengisyaratkan bahwa itu dapat digunakan sebagai sinyal spam untuk membantu mengidentifikasi halaman berkualitas rendah, Tidak diketahui sekarang apakah hal tersebut masih terjadi, namun yang jelas hal tersebut bukan merupakan faktor peringkat SEO.

3. Baidu

Tahun 2012 seorang insinyur dari Baidu menyatakan bahwa “Meta keywords have long been in the garbage heap of history, and we will ignore them directly”. Maksudnya adalah bahwa meta ini sudah tidak lagi berfungsi dan sudah tidak ada pembaruan untuk perbaikan. Namun, pada April 2020 mereka mengatakan bahwa judul, deskripsi, dan kata kunci penting bagi Baidu untuk mengevaluasi nilai halaman. Dengan demikian, tampaknya masuk akal jika Baidu menggunakan meta keyword sebagai penentu peringkat dalam mesin pencari mereka.

4. Meta Keyword Digunakan untuk Beberapa Penelusuran pada Website Internal

CMS paling populer tidak menggunakan meta keyword untuk penelusuran website internal, namun beberapa sistem penelusuran internal seperti SOLR menggunakannya. Jika salah satu dari hal tersebut dapat memperkuat dalam pencarian internal pada website kamu, kamu perlu menggunakan meta ini sebagai penambahan optimasi SEO website yang kamu kelola.

Baca juga| Profesi SEO Specialist: Gaji Dan Tugasnya

Cara Kerja Meta Keyword

Pada dasarnya, terdapat tiga cara kerja dari meta keyword dalam mengoptimasi sebuah website, berikut penjelasannya:

1. Indexing pada Mesin Pencari

Meta keyword adalah hal yang cukup berpengaruh dalam proses crawling oleh mesin pencari. Setelah memperoleh data dari sebuah situs website, mesin pencari akan melakukan proses indexing. Namun, meta keyword ini tidak bisa menjadi patokan penentu konten di peringkat atas mesin pencari.

2. Pengumpulan Informasi

Setelah melakukan proses indexing, mesin pencari akan mengumpulkan informasi terkait konten dan kata kunci yang telah terindeks. Selain itu, mesin pencari juga akan memastikan apakah konten website yang terindeks cocok dengan kata kunci yang telah dimasukkan atau tidak.

3. Menentukan Peringkat pada Mesin Pencari

Meskipun tidak terlalu memiliki pengaruh dalam menentukan posisi di mesin mencari, meta keyword adalah sebuah variabel yang tidak bisa dianggap remeh. Penggunaan meta keyword dalam hal ini akan menandai kata kunci terbanyak untuk kemudian dimasukan ke dalam peringkat mesin pencari.

Kemudian, secara otomatis mesin pencari akan membaca konten atau website tersebut. Selanjutnya, mesin pencari akan mengidentifikasi meta keyword sebagai situs atau konten yang relevan untuk berada pada peringkat atas mesin pencari.

Baca juga| Internal Link: Panduan Lengkap Untuk Optimasi SEO

Nah, itu dia informasi mengenai meta keyword. Pada dasarnya, meta keyword merupakan sebuah variabel yang nantinya teridentifikasi oleh mesin pencari sebagai konten yang relevan dans sesuai dengan standar peringkat hasil pencarian.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *