Tanggal:24 July 2024

Ini Dia 7 Metode Pembayaran Online Paling Populer di Indonesia

Sistem pembayaran online pada zaman modern ini dinilai sangat tepat. Sistem pembayaran dibuat secara transparansi di setiap transaksinya. Hal ini memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan  bagi masyarakat Indonesia.

Perkembangan teknologi yang pesat membuat beberapa perusahaan besar mengembangkan bisnisnya di sektor keuangan. Kemajuan teknologi ini menggeser peranan uang tunai sebagai alat pembayaran.

Oleh karena itu, para pebisnis meng-upgrade metode transaksi yang mulanya hanya bisa pembayaran tunai, kini online pun juga bisa. Hal itu dilakukan agar memudahkan para pelanggannya. Nah, ada apa saja metode pembayaran online? Yuk, simak penjelasannya, ya!

Baca Juga | Sistem Pembayaran: Pengertian, Komponen, Dan Manfaat

7 Metode Pembayaran Online Paling Populer di Indonesia

Ilustrasi Pembayaran Online (Pixebay)

1. Transfer Bank

Metode yang paling umum dan lama digunakan adalah transfer bank. Semakin banyak pilihan bank, semakin menarik bagi pelanggan. Mengapa demikian? Karena jika melakukan transaksi untuk bank yang berbeda akan dikenakan biaya administrasi tambahan. Saat ini semakin banyak nasabah yang memilih bertransaksi di toko-toko yang menggunakan rekening bersama agar memilih berbagai pilihan perbankan. Transfer bank kini juga menjadi pilihan yang nyaman saat berbelanja online. Hal itu karena sudah banyak masyarakat yang menggunakan internet dan mobile banking.

Baca Juga | Yuk Ketahui Pengertian Bank Konvensional

2.QR Code

Selain itu ada juga pembayaran dengan QR Code. Sistem pembayaran ini dapat digunakan untuk transaksi online atau langsung. Biasanya penjual memberikan QR Code yang dapat menerima pembayaran dari berbagai e-wallet ke bank yang mendukung penggunaan QR Code. Selama transaksi online, pembeli hanya perlu memasukkan gambar QR Code di galeri. Jika transaksi langsung, pembeli dapat memindai kode yang diberikan menggunakan fungsi pindai di elektronik. Pembayaran melalui QR Code sangat nyaman dan efisien. Sehingga banyak yang memilih metode ini.

Baca Juga | 7 Langkah Mudah Cara Membuat Kode QR

3. Rekening Bersama (Rekber)

Rekening bersama adalah layanan pembayaran yang mandiri dan netral antara penjual dan pembeli. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pembeli melakukan pemesanan kepada penjual.
  • Kemudian pembeli melakukan pembayaran kepada penyedia barang rekening bersama.
  • Penjual mengirimkan barang.
  • Setelah barang sampai dengan benar, jasa rekber mengirimkan uang kepada penjual.

Cara ini memang merupakan cara yang sangat aman dalam bertransaksi.

Baca Juga | 4 Tips Hemat Keuangan Untuk Generasi Milenial

4. Direct Debit

Metode pembayaran direct debit ini secara otomatis menarik uang nasabah dari rekening bank. Cara ini tentunya sangat cocok untuk pembayaran yang biasanya dilakukan beberapa kali. Untuk menjaga keamanan, biasanya ada verifikasi dahulu.

Baca juga | Manajemen Keuangan : Pengertian, Fungsi, dan Tips Mengelola

5. Credit Card

Bahkan di era digital, pembayaran kartu kredit termasuk aman dan efisien. Selain nyaman, cara ini memiliki perlindungan hukum yang lebih baik daripada kartu debit. Jadi tidak ada salahnya menawarkan opsi pembayaran ini kepada pelanggan. Apalagi jika mereka bertransaksi dengan nilai nominal yang tinggi.

6. PayPal

Untuk bertransaksi di luar negeri, PayPal telah lama menjadi metode pembayaran yang populer. Paypal juga menduduki peringkat sebagai salah satu metode pembayaran non kartu kredit yang disukai banyak orang. Dimulai dari toko online besar dan kecil yang juga menggunakan paypal. Ada juga toko lokal yang menggunakan paypal sebagai metode pembayaran yang dapat digunakan. Sehingga memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.

7. E-wallet

Selanjutnya kamu bisa menaruh opsi pembayaran menggunakan e-wallet. Jadi, kamu bisa menginformasikan nomor transfer ke e-wallet pilihanmu. Adapun pada zaman ini banyak sekali e-wallet yang sanggup kamu pilih sesuai preferensi. Enaknya e-wallet ini,  Anda bisa menariknya ke nomor rekening bisnis atau menggunakan uang di dalamnya buat melakukan transaksi pembelian. Misalnya membeli bahan baku atau membayar vendor.

Baca Juga | Daftar Perusahaan Fintech Yang Terdaftar Di OJK

Keuntungan Menggunakan Metode Pembayaran Online

Ilustrasi Keuntungan Pembayaran Online (Pexels)

1. Terjamin aman

Keuntungan pertama dari pembayaran online adalah aman. Jika Anda memproses transaksi sesuai prosedur, metode ini dianggap lebih aman daripada transaksi tunai. Apalagi jika jumlah transaksinya tinggi, sebaiknya menggunakan pembayaran online. Menggunakan transaksi secara online bisa menghindari dari pelaku kejahatan.

2.Dapat dilakukan kapan saja

Sistem pembayaran online atau digital ini cocok untuk Anda yang sibuk. Karena dengan cara ini, Anda tidak kenal waktu dan tempat. Anda dapat bertransaksi kapan saja selama Anda terhubung dengan internet. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir pergi ke lokasi pembayaran tertentu.

3.Cepat, mudah, dan hemat energi

Era digitalisasi menawarkan kenyamanan dan kecepatan. Dengan metode ini, Anda dapat melakukan transaksi dengan cepat tanpa membuang waktu. Anda tidak perlu mengantre di tempat pembayaran. Selain itu, tentunya Anda juga akan menghemat energi. Apalagi jika Anda terjebak dalam antrian panjang yang jelas akan menguras banyak energi.

Nah, itu dia informasi mengenai sistem pembayaran online yang semakin bervariasi dan memudahkan pelanggan dalam bertransaksi. Selain itu, banyak fitur yang tersedia bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Semoga bermanfaat dan nantikan artikel lainnya dari Vocasia. Ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan informasi lainnya!

Baca Juga | Mengenal Multifinance: Pengertian, Jenis, Dan Contohnya

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *