Tanggal:25 May 2024

11 Niche Blog Terbaik Paling Populer Tahun 2022

Seiring dengan perkembangan teknologi, dunia blogging mengalami perkembangan yang sangat pesat. Namun, bagi kamu seorang yang baru menekuni dunia blogging mungkin akan merasa kesulitan untuk menemukan ciri khas dari blog yang kamu buat. Apabila kamu masih merasa kesulitan dalam menentukan topik utama atau niche yang harus ditulis dalam blog kamu, simak artikel berikut.

Apa Niche Blog?

Niche sendiri adalah tema atau topik dibahas khusus untuk blog. Dengan memilih satu niche konten, kita hanya perlu membuat konten-konten dalam satu topik yang sama. Niche adalah sebuah segmen dari target market yang lebih besar dan memiliki preferensi atau peminatnya sendiri.

Misalnya, kamu membuat blog dengan niche seputar beauty maka apapun yang perlu dibahas dalam blog niche tersebut konten atau artikel yang berkaitan dengan beauty. Dimulai dari tahapan menggunakan skincare, cara menggunakan makeup, cara mengatasi masalah kulit, review produk skincare dan makeup, dan lainnya.

Niche akan menjadi hati dan nyawa sebuah blog kita bila dipilih dengan bijak. Dengan memilih niche yang sesuai, merupakan sebuah paradigma utama dibalik blogging yang baik. Untuk para blogger baru akan memiliki potensi untuk melakukan kesalahan ketika memilih niche.

Disisi lain,  jika kita tidak fokus pada satu niche blog, akan membuat kamu kesulitan dalam membuat konten. Dan mungkin bisa membuat kita semangat untuk membuatnya, akibatnya tentu akan berdampak buruk terhadap blog atau website kamu.

Baca juga: Apa Itu Niche? Ini Manfaatnya Untuk Bisnis

11 Rekomendasi Niche Blog Paling Populer Tahun 2022

Apakah kamu sudah ada gambaran niche apa yang cocok untuk blog kamu? Berikut rekomendasinya.

1. Finance

Pixabay

Urusan keuangan memang tidak bisa dianggap sepele. Banyak sekali orang yang membutuhkan informasi dan pengetahuan mengenai dunia finance ini. Mulai dari manajemen keuangan, bisnis, investasi, hingga e-money. Topik keuangan ini juga bisa menjangkau semua kalangan. Jika melihat dari cakupannya yang luas, maka topik keuangan ini bisa kamu jadikan sebagai niche blog yang berpeluang memiliki banyak pengunjung. 

Dengan adanya niche keuangan ini, maka kamu bisa membahas banyak hal seputar keuangan. Kamu bisa menulis bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik, cara berinvestasi untuk pemula, cara memulai bisnis online, dan masih banyak lagi lainnya. 

2. Kesehatan

Berbicara mengenai dunia kesehatan memang cukup luas cakupannya. Dari waktu ke waktu selalu ada isu baru seputar dunia kesehatan ini. Hal tersebut tentunya akan mendorong banyak orang untuk mencari informasi seputar kesehatan melalui internet. Jika melihat betapa populernya topik kesehatan di Google, maka blog dengan niche kesehatan ini bisa berpotensi ramai pengunjung. 

Kamu bisa membuat tulisan mengenai informasi dan tips seputar kesehatan. Namun, meski memiliki peluang menguntungkan, namun niche yang satu ini sangat sensitif karena berkaitan langsung dengan kesehatan orang lain. Jadi, pastikan terlebih dahulu bahwa informasi yang kamu tulis tersebut sudah kamu konsultasikan terlebih dahulu dengan orang yang sudah ahli dalam bidang kesehatan. 

3. Travel

Pixabay

Wisata dan berlibur menjadi salah satu kebutuhan semua orang. Terlebih untuk melepas penat setelah bekerja. Biasanya untuk berwisata, orang mencari informasi terkait destinasi wisata, biaya masuk/tiket, harga transportasi dan lain sebagainya.

Saat ini memang tempat-tempat wisata banyak yang ditutup oleh karenanya wisatawan mencari informasi tempat wisata yang masih dibuka untuk umum. Nah jika kamu suka travelling, tidak ada salahnya membagikan pengalaman kalian di blog kamu.

4. Kuliner

Pixabay

Kamu sering wisata kuliner? Maka rekomendasi niche blog terpopuler selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah kuliner. Sama seperti niche travel, rasanya sayang jika pengalaman “icip-icip” makananmu tidak dibagikan oleh banyak orang di internet dan diabadikan melalui tulisan di blog.

Tulisan yang bisa kamu buat di antaranya rekomendasi tempat makanan favorit, harga makanan, tips jajan enak dan sehat, bahkan resep masakan juga termasuk. Jangan lupa untuk menyertakan foto-foto makanan ke dalam tulisan agar pembacamu semakin tergoda untuk mencoba makanan yang kamu review.

Jika tulisanmu menarik, tawaran iklan produk makanan atau review restoran akan mendatangimu. Bila blogmu tentang masak-memasak, maka akan berpotensi ditawari endorse peralatan masak dari brand tertentu. 

5. Edukasi

Pixabay

Rekomendasi niche blog terbaik selanjutnya adalah edukasi. Saat ini, pencarian topik seputar edukasi pun semakin populer. Semakin banyaknya orang yang menggunakan platform digital untuk akses edukasi secara online ini bisa memang karena semakin canggihnya para siswa dalam mengakses internet. 

Hal ini bisa terjadi juga karena dukungan dari perluasan akses internet yang sudah mulai menyeluruh. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi peluang yang cukup menguntungkan bagi kamu untuk membuat blog dengan niche edukasi ini. 

Dalam hal ini, kamu juga bisa membuat pembahasan mengenai soal atau materi pelajaran tertentu. Bahkan, kamu juga bisa memberikan beberapa tips belajar efektif, persiapan masuk perguruan tinggi, cara mendapatkan beasiswa luar negeri dan sebagainya. 

Baca juga: Cara Membuat Blog Anda Memuat Lebih Cepat

6. Teknologi

Pixabay

Teknologi tidak pernah ada habisnya dibahas. Setiap saat ada saja perkembangan di bidang ini, mulai dari komputer, laptop hingga smartphone. Tidak heran, kalau topik ini selalu banyak diburu pengguna internet yang ingin update informasi seputar dunia teknologi, sehingga memiliki blog dengan niche ini tidak akan sepi pengunjung.

Niche teknologi meliputi update produk gadget serta spesifikasi dan harganya, tips memilih gadget murah dan berkualitas, tips merawat gadget, review aplikasi, dan lain sebagainya. Kalau blogmu sudah terkenal, siap-siap deh ditawarin job buat review produk dari perusahaan gadget tertentu, review aplikasi mobile, web hosting, dan lainnya.

7. Parenting

Pixabay

Siapa sangka isu terkait parenting ini terus mengalami peningkatan. Pastinya sebagai orang tua akan berupaya memberikan berbagai hal yang terbaik untuk anaknya. Tak sedikit mereka mencari informasi berkaitan dengan parenting yang baik. Mulai dari mencari artikel inspiratif maupun motivasi.

Jika kalian terjun di niche blog parenting ini audience yang merasa puas mendapatkan informasi yang bermanfaat mereka akan selalu loyal pada blog kalian.

8. Lifestyle

Lifestyle atau topik perbincangan mengenai gaya hidup dapat menjadi pilihan niche blog yang sangat menguntungkan bagi Exabytes Friends karena kalian tidak perlu memikirkan terlalu sebelum menulis, cukup menulis tentang gaya hidup sehat dan seimbang yang kalian jalani setiap hari.

Saat ini pun banyak masyarakat yang mulai menyadari pentingnya memiliki gaya hidup sehat yang seimbang seperti menjaga pola makan, mengatur stress, pentingnya menjaga kesehatan mental, hingga pentingnya berolahraga.

9. Olahraga

Pixabay

Niche yang satu ini juga memiliki peminat yang banyak. Karena dinilai populer dan memiliki bahasan yang luas, banyak blogger yang menulis artikel niche blog mereka dengan pembahasan olahraga. Kamu pun tidak akan kehabisan ide untuk membahas niche blog tentang olahraga ini karena ada banyak sub pembahasan terkait olahraga.

10. Fashion

Kamu seorang yang fashionableNiche blog fashion bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Kamu bisa mengisi blogmu dengan berbagai informasi seputar dunia fashion bedasarkan pengalaman dan selera pribadi.

Misalnya, katakanlah kamu penyuka fashion style minimalist, maka kamu bisa membagikan OOTD sehari-hari bertemakan fashion minimalist, tips tampilan minimalist look, hingga padu-padan outfit yang menarik. Tapi, tidak sebatas tentang pakaian, fashion blog mencakup juga tentang fashion item lainnya seperti sepatu, tas, dan aksesoris.

11. Blog

Pixabay

Blog berniche seputar dunia blogging juga tidak kalah populer. Malah niche ini tergolong everlasting alias abadi karena sampai kapan pun, peminat tema ini selalu ada. Pasalnya, baik blogger pemula maupun profesional selalu butuh informasi update dunia blog. Kamu pasti tahu bahwa algoritma Google sering berubah, tentunya para blogger tidak mau ketinggalan supaya rating blognya tidak anjlok karena tidak mengikuti perkembangan.

Baca juga: 6 Cara Sukses Menjalankan Bisnis Blogging

Nah, itulah 11 rekomendasi niche paling popular tahun 2022, pilihlah niche blog sesuai dengan yang kamu sukai yaa. Semoga bermanfaat.

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *