Tanggal:25 May 2024

12 Novel Tentang Pendidikan, Menarik dan Memotivasi Banget loh!

Novel merupakan salah satu karya sastra yang cukup diminati masyarakat. Tak hanya bagi anak-anak, karya sastra ini hampir tak pernah habis dibatasi usia. Ia dinikmati oleh seluruh kalangan mulai dari anak-anak, kawula muda, hingga dewasa.

Novel menjadi karya sastra populer lantaran kebanyakan ceritanya mengusung kehidupan sehari-hari. Sehingga, amanat tersirat yang diberikan dapat langsung diterapkan dan menjadi pelajaran bagi seluruh pembacanya. Karya sastra berjenis novel memilki berbagai macam genre. Genre yang paling banyak ditemukan antara lain adalah percintaan, persahabatan, keluarga, hingga pendidikan. 

Seluruh genre tersebut tentu memiliki sifat berbeda-beda. Ada yang mengharukan, mengundang gelak tawa, hingga memberi wawasan pengetahuan yang luas. Hal tersebut juga didukung dengan gaya penulisan masing-masing penulisnya.

Salah satu genre paling menarik dan bermanfaat adalah pendidikan. Novel pendidikan tidak hanya bersifat menghibur, tetapi juga mengandung unsur mendidik yang cukup kental di dalamnya. Sehingga, genre ini sangat relevan jika dibaca para kawula muda dan digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Di bawah ini merupakan rekomendasi novel pendidikan Indonesia yang menarik dan wajib dibaca. Simak isi dan amanat menariknya di bawah ini, ya!

Baca juga: 10+ Podcast Bahasa Inggris, Ternyata Bisa Membantu Kamu Belajar Bahasa Inggris Loh!

Rekomendasi Novel Pendidikan Indonesia

Berikut adalah beberapa novel pendidikan karya penulis Indonesia yang menarik untuk dibaca:

1. 9 Summers 10 Autumns (2013) – Iwan Setyawan

Novel berjudul 9 Summers 10 Autumns ini ditulis oleh Iwan Setyawan pada tahun 2013. Kisah ini diangkat dari kisah nyata dan pengalaman hidup penulisnya sendiri. 

Di dalam novel diceritakan perjalanan hidupnya yang berbuah sukses karena pendidikan. Seorang anak laki-laki yang berhasil mendapat beasiswa dan meniti karier New York diceritakan sedemikian rupa. 

2. Trilogi Negeri 5 Menara – Ahmad Fuadi

Trilogi 5 Menara merupakan awal penceritaan kisah seorang Alif Fikri yang diceritakan sebagai “Aku”. Alif Fikri merupakan santri dalam salah satu pondok pesantren di Jawa Timur. Novel ini berfokus pada cerita Alif dan kelima sahabatnya selama hidup dan menempuh pendidikan dalam pesantren.

3. Ranah 3 Warna – Ahmad Fuadi

Novel ini merupakan lanjutan kisah Alif dari Trilogi 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Novel karya Ahmad Fuadi satu ini, menceritakan kehidupan Alif setelah lulus dari pesantren. Di dalamnya diceritakan tentang bagaimana ia menempuh pendidikan di Universitas Padjajaran dalam jurusan Hubungan Internasional. Banyak lika-liku hidup yang mengajarkan arti kesabaran tersirat di dalam novel. Hal tersirat tersebut merupakan amanat yang coba disampaikan oleh penulis kepada para pembacanya.

Baca juga: 8 Tips yang Tidak Boleh Dilewatkan Pemula dalam Membuat Novel

4. Rantau 1 Muara (2013) – Ahmad Fuadi

Rekomendasi novel pendidikan berikutnya adalah Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi. Novel keluaran 2013 itu, menceritakan kelanjutan dari kisah Alif Fikri dari Trilogi Negeri 5 Menara dan Ranah 3 Warna.

Setelah lulus dari Universitasnya di Bandung, ia mencari pekerjaan di Jakarta dan berhasil menjadi seorang Wartawan. Akibat kegigihannya, ia berhasil melanjutkan pendidikannya hingga ke Washington D.C.

Semangat dan cerita Alif dalam buku ini dapat menjadi motivasi bagi para pembacanya untuk terus belajar dan berusaha.

5. Laskar Pelangi – Andrea Hirata

Sebagian besar masyarakat tentu tidak asing dengan novel ini. Laskar Pelangi karya Andrea Hirata cukup booming di era-nya. Bahkan, ia sampai diangkat menjadi sebuah film yang tidak kalah menggemparkan dari novelnya.

Di dalamnya menceritakan persahabatan anak-anak di daerah Belitong yang memiliki semangat sekolah tinggi. Keinginan tersebut diwujudkan oleh para guru yang mengabdikan dirinya bagi kemajuan pendidikan di daerah tersebut. 

Berbekal ruang kelas seadanya, beberapa murid dari sekolah itu berhasil menjuarai cerdas cermat melawan sekolah yang lebih maju. 

6. Orang-orang Biasa dan Guru Aini – Andrea Hirata

novel pendidikan

Orang-orang Biasa dan Guru Aini menceritakan tentang sosok 10 murid nakal dan kurang pandai di suatu kelas. Mereka selalu duduk di bangku belakang dan tidak pernah memperhatikan gurunya. Sementara itu, guru Aini adalah pengajar idealis dalam sekolah tersebut.

Setelah beranjak dewasa, salah satu dari mereka ingin berkuliah dalam ilmu kedokteran. Namun, ia memiliki kendala dalam biaya masuknya. Akhirnya, teman-temannya membantu mencarikan dana tambahan dengan merampok sebuah bank. 

Dari segi alur dan penceritaan, novel Orang-orang Biasa dan Guru Aini sangat seru dan menarik untuk dibaca.

7. Edensor – Andrea Hirata

Novel Endesor, merupakan novel lanjutan Langkar Pelangi yang menceritakan perjuangan murid bernama Ikal dan Arai. Di dalamnya diceritakan bahwa mereka berdua sukses mendapatkan beasiswa di Universitas Sorbonne Perancis dalam dua ilmu yang berbeda. 

Dari novel ini didapatkan amanat bahwa dari latar belakang apa pun, seseorang dapat meraih mimpinya ketika ia mau berusaha dan belajar dengan tekun.

8. Never Let Me Go

Sedikit berbeda dengan rekomendasi sebelumnya, novel Never Let Me Go ini bergenre pendidikan yang penuh misteri mencekam. Pasalnya, kisah dalam novel ini juga mengandung kritik pedas tentang kesombongan manusia.

Lebih lanjut, novel ini bercerita tentang sebuah sekolah asrama Hailsham yang berada di Inggris. Sekolah ini menyenangkan dan jauh dari peradaban. Sastra dan seni menjadi spesialisasi yang diajarkan kepada murid-murid di sana, mereka juga dituntut agar dapat menjadi orang yang berguna di masyarakat nantinya.

Sayangnya, semua hal ini tak diiringi pengajaran terhadap dunia luar. Alias, murid-murid Hailsham sama sekali tak tahu apa pun tentang orang luar dan cara bersosialisasi yang umumnya kita ketahui. Pada suatu masa, akhirnya tiga murid dari Hailsham memutuskan untuk pergi dari zona aman sekolah itu.

Mereka kemudian mengetahui kebenaran terpendam dari sekolah yang selama ini menjadi tempat mereka menuntut ilmu. Buku ini merupakan karya seorang pemenang Booker Prize dari The Remainst of The Day dan When We Were Orphans, Kazuo Ishiguro. Di dalamnya, terdapat kejutan tak terduga dan misteri lainnya. Wajib dibaca!

9. Sang Pemimpi – Andrea Hirata

Kisah hidup Ikal masih berlanjut di novel Andrea Hirata yang lain yaitu Sang Pemimpi. Di novel ini, dikisahkan bahwa Ikal dan dua temannya yaitu Arai dan Jimbron telah berada di tingkat SMA. Dalam kondisi yang masih serba kekurangan, masa SMA mereka diisi dengan penuh perjuangan. Hingga akhirnya, mereka lulus SMA dan harus menghadapi takdirnya masing-masing.

10. Totto Chan – Puput Saputro

Totto-Chan mengisahkan tentang seorang gadis cilik yang dinilai nakal. Totto-chan dikeluarkan dari sekolahnya karena dinilai tidak patuh dan susah diatur. Sampai suatu saat, orangtua Totto memasukkannya ke sebuah sekolah yang tak biasa. Sekolah yang punya ruang kelas berbentuk gerbong kereta dan punya kurikulum khusus yang membebaskan murid-muridnya berekspresi.

11. Botchan – Puput Saputro

Botchan merupakan novel bertema pendidikan dari Jepang. Novel ini mengisahkan tentang seorang guru bernama Botchan. Semasa kecil, Botchan dianggap bocah yang pemberontak. Tak ada yang bisa menasihati Botchan termasuk orangtuanya sendiri. Hanya Kiyo, sosok yang bisa mengerti dan mendukung Botchan. Dengan dukungan Kiyo, Botchan menjadi guru di Tokyo. Namun pembawaannya yang blak-blakan membuat Botchan sulit diterima lingkungan baru.

12. Litle Woman – Puput Saputro

Liltle Women adalah salah satu novel klasik yang banyak berbicara tentang pendidikan secara eksplisit. Novel yang telah diangkat jadi film ini mengisahkan tentang empat saudari dari keluarga miskin yang hidup penuh kehangatan. Keempat saudari ini mempunyai mimpi masing-masing, tapi terhalang berbagai halangan. Kisah mereka mengejar impian masing-masing jadi semakin menarik, berkat adanya bumbu romansa berkat hadirnya seorang pria bernama Laurie tetangga mereka yang nasibnya lebih beruntung.

Penutup

Itulah novel-novel pendidikan yang menurut Vocasia menarik untuk dibaca. Tentunya setiap novel memiliki cerita dan pesannya masing-masing. Namun, seluruh novel dipastikan akan menambah pengetahuan dan memicu semangat belajar para pembacanya. Bagi kamu yang bermalas-malasan dan masih bingung akan masa depan, novel-novel di atas sangat cocok menjadi referensimu. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga: 8 Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Inggris Terbitan Terbaru!

Edit By: Andjani Shika Fadhilah

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *