Tanggal:15 May 2024

6 Pekerjaan yang akan Hilang di Masa Depan

Di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini sudah banyak terjadi perubahan di berbagai aktivitas sehari-hari salah satunya dalam pekerjaan. Mengingat di jaman yang serba cepat ini pekerja dituntut untuk bisa bekerja dengan efektif dan efisien.

Pada nyatanya revolusi indutri 4.0 berdampak besar pada setiap pekerjaan. Dengan ketersediaan teknologi yang berlimpah banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa bantuan sumber daya manusia.

Memang teknologi sangat banyak memudahkan pekerjaan manusia, tapi teknologi juga memberikan dampak yang kurang mengenakan. Misalnya banyak pekerjaan yang sudah mulai tergantikan oleh adanya teknologi, sehingga banyak orang yang terancam kehilangan pekerjaan di masa depan.

Buat kamu yang sudah menemukan artikel ini, merasa beruntunglah karena artikel ini akan membahasa pekerjaan apa saja yang berkemungkinan hilang di masa depan sehingga kamu bisa memikirkan karir yang tepat kedepannya.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel Vocasia tentang beberapa pekerjaan yang akan hilang di masa depan!

Berikut ini adalah daftar pekerjaan yang diprediksi akan hilang di masa depan:

1. Pengantar surat

email lebih diminati dibandingkan surat

email lebih diminati dibandingkan surat – @rawpixel.com

Hari demi hari jumlah orang yang bekerja sebagai pengantar surat semakin sedkit setiap harinya karena beberapa alasan. Seperti yang sudah kamu ketahui, saat ini banyak perusahaan swasta sekerti go send, jne, dan lain sebagainya menawarkan jasa pengiriman pos.

Beberapa hal tadi memang menjadi alasan banyak pengantar surat kehilangan pekerjaan namun sebenarnya alasan utama pengirim surat kehilangan pekerjaan karena adanya kemajuan teknologi.

Di jaman sekarang ini, kita bisa dengan mudah bisa mengirimkan pesan dengan internet tanpa harus menulis pesan secara fisik menggunakan kertas. Tidak hanya cepat, menggunakan internet juga memungkinkan pengirim pesan menyertakan gambar dan file di dalam pesan.

Hal ini sangatlah memudahkan manusia untuk mengirimkan informasi dengan jauh lebih efisien. Dimana tukang pos tidak bisa melakukan hal sebaik yang dilakukan oleh email.

2. Dosen

Pekerjaan sebagai dosen atau tenaga pengajar diprediksi akan menghilang karena saat ini sudah mulai banyak tempat belajar yang menggunakan mesin dan teknologi dalam kegiatan pembelajaran.

Ditambah lagi mahasiswa sudah mulai terbiasa dengan belajar secara virtual tanpa harus bertatap muka dengan tenaga pengajar.

3. Loan officer

Di jaman sekarang ini, sudah banyak teknologi yang memungkinkan orang untuk mengajukan kredit hanya dari rumah. Proses pengajuan kredit dari rumah pun bisa dikatakan jauh lebih cepat dibandingkan harus datang ke suatu kantor yang biasanya terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui seperti melengkapi dokumen beberapa kali lalu proses penyetujuan yang bisa memakan waktu beberapa hari. Hal ini sangat tidak efisien dibandingkan pengajuan kredit secara online yang sangat cepat.

Buat kamu yang belum tahu, saat ini banyak pinjaman online yang menggunakan sistem peer to peer lending. Sistem ini memudahkan para peminjam dan kreditur untuk saling terhubung untuk menyalurkan dananya.

Dengan begitu bisa dipastikan pekerjaan penawar kredit dari bank bisa saja perlahan menghilang.

4. Kasir

aplikasi kasir sudah tersedia pada gadget

aplikasi kasir sudah banyak tersedia pada gadget – @rawpixel.com

Data menunjukan terjadinya peningkatan pemanfaatan mesin, robot dan teknologi untuk menggantikan pekerjaan ritel.

Dengan data tersebut pekerja ritel akan semakin terancam kehilangan pekerjaan setiap tahunnya. Pada kenyataannya bisa kita lihat pekerjaan seperti kasir sudah digantikan oleh aplikasi kasir yang sudah tersedia pada perangkat tablet atau smartphone. Bahkan kasir dengan menggunakan manusia tidak bisa melakukan perhitungan otomatis seperti aplikasi kasir.

5. Tukang parkir

mesin parkir menggantikan tukang parkir

mesin parkir menggantikan tukang parkir – @rawpixel.com

Pekerjaan ini memang mudah kita temui di wilayah ramai seperti pasar dan pertokoan. Seiring berjalannya waktu, di pertokoan sekarang sudah banyak menggunakan mesir karcis untuk mengelola parkir. Maka dari itu lambat laun, parkir di pasar akan segera menerapkan sistem yang serupa sehingga pekerjaa tukang parkir akan mulai tergantikan oleh teknologi.

6. Agen travel

Wisata keluar negeri merupakan wisata yang mungkin dilakukan secara mandiri oleh banyak orang. Mengingat banyaknya informasi liburan yang bisa didapatkan melalui media sosial, website maupun aplikasi pariwisata yang sangat memudahkan kita melakukan booking hotel atau pembelian tiket rekreasi. Tak jarang juga aplikasi memberikan potongan harga yang menggiurkan.

Data menunjukan saat ini sudah 70% orang merencanakan liburannya secara digital.

Demikian 6 pekerjaan yang kemungkinan akan hilang di masa depan dna mungkina akan semakin banyak seiring berkembangnya teknologi. Kalau kamu tahu pekerjaan apa lagi yang mulai tergantikan, tulis di kolom komentar ya! Semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Sukses Membangun Kesan - Personal Development
Mahir Excel
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *