Tanggal:30 April 2024

8 Peluang Kerja Untuk Lulusan Teknologi Informasi

Teknologi informasi adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, khususnya perangkat keras dan perangkat lunak. Dengan adanya teknologi informasi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien, mulai dari bidang pendidikan, pemerintahan, bisnis dan perbankan, hiburan dan lain sebagainya.

Kursus online IELTS Vocasia

Saat ini lulusan jurusan teknologi informasi banyak dibutuhkan karena adanya perkembangan di era digital. Selain dicari banyak perusahaan besar, gaji untuk karyawan atau pegawai bidang teknologi informasi pun terbilang cukup besar, karena tidak sembarang orang bisa melakukannya.

Baca Juga | Digital Literacy: Pengertian, Peran Penting, Dan Prinsipnya

Maka dari itu, sebagai lulusan jurusan teknologi informasi kamu harus mempunyai skill dan pengetahuan secara detail terkait hardware dan software, cara mengelola informasi dan data secara cepat, serta bagaimana mengatasi segala bentuk masalah yang terjadi pada komputer.

Setelah mengetahui bahwa gaji seorang jurusan teknologi informasi cukup besar, pasti kamu penasaran kan dengan prospek kerjanya? Nah, berikut Vocasia telah merangkum 8 peluang kerja lulusan teknologi informasi.

Baca Juga | 9 Aplikasi Membuat CV, Menarik Dan Bisa Dari Ponsel Loh!

Prospek Kerja Lulusan Teknologi Informasi

1. IT Support Analyst

Seorang IT Support harus memastikan bahwa semua komputer yang digunakan dapat berfungsi secara normal dan terhubung ke jaringan seperti modem, kabel, dan lainnya. IT Support juga harus bisa menganalisa dan mengecek apabila ada aplikasi-aplikasi yang tidak bisa digunakan.

Baca Juga | Data Engineer: Profesi Bidang IT Dengan Prospek Kerja Yang Menarik

2. IT Consultant

Consultant IT biasanya bekerja sebagai jembatan antara tim teknis dan anggota staf untuk mengetahui kebutuhan model dan strategi bisnis klien. Melansir dari Renesia, seorang konsultan bidang IT di Indonesia rata-rata menerima gaji mulai dari Rp6.000.000 sampai dengan Rp13.000.000 perbulan.

Baca Juga | Database Administrator: Profesi Menjanjikan Di Era Digital!

3. Web Developer

Web developer adalah orang yang bertanggung jawab dalam pengembangan sebuah situs web. Sebagai seorang web developer kamu harus bisa membangun dan memberikan pengalaman terbaik pada pengunjung sebuah situs. Mulai dari mengatur pembuatan tata letak halaman, gaya dari isi di dalam situs, dan juga sisi interaktif.

Baca Juga | Apa Itu Web Developer? Pengertian, Jenis, Dan Jobdesc

4. Network Administrator

Pasti kamu masih asing dengan profesi yang satu ini. Network administrator memiliki spesialisasi di bidang jaringan atau analisis jaringan. Profesi ini bertanggung jawab pada integritas keseluruhan jaringan, server penyebaran, keamanan, dan memastikan bahwa seluruh jaringan konektivitas dan infrastruktur LAN WAN sebuah perusahaan setara dengan pertimbangan teknis di tingkat jaringan hirarki organisasi.

Baca Juga | Apa Itu Node Jaringan? Berikut Jenis Dan Fungsinya!

5. Artificial Intelligence Engineer

Artificial Intelligence merupakan sistem komputer yang dirancang untuk meniru cara berpikir manusia. Sistem itu memiliki kemampuan dalam memproses dan menganalisis informasi serta melakukan problem-solving secara otomatis. Penerapan AI dapat dilakukan di berbagai sektor industri, mulai dari kesehatan, logistik, manufaktur, hingga pendidikan.

Baca Juga | Admin Purchasing: Pengertian Dan Tugasnya Dalam Perusahaan

6. Software Developer

Penggunaan smartphone di kalangan masyarakat, membuka peluang bagi para pengembang aplikasi mobile atau software developer untuk berinovasi membuat aplikasi yang dapat mempermudah kegiatan manusia sehari-hari. Kamu harus dapat memahami bahasa pemmrograman dan juga fokus menganalsis kebutuhan pengguna.

Baca Juga | Apa Itu Software? Yuk Kenali Lengkap Beserta Fungsinya

7. System Analyst

Seorang system analyst mempunyai tugas melakukan analisis sistem, merancang sistem dan meng-implementasikannya pada perusahaan. Selain dikenal dengan sebutan system analyst, profesi ini juga terkadang dikenal dengan sebutan system architects, IT analyst atau system administrator.

Baca Juga | Cara Memulai Coding: Panduan Untuk Pemula

8. Cloud Architect

Cloud architect adalah seseorang yang membuat rancangan dari semua struktur dan komponen sebuah cloud service agar beroperasi dengan baik serta mudah diakses oleh klien. Umumnya seorang cloud architect akan bekerja sama dengan cloud engineer untuk membuat cloud service berdasarkan perencanaan bersama klien.

Itulah 8 peluang kerja untuk lulusan teknologi informasi. Sebelum menentukan pekerjaan yang kamu inginkan, pastikan kamu telah melakukan research lebih dalam mengenai profesi tersebut, ya! Kuasai beberapa soft skill dan juga hard skill yang akan semakin memperbesar peluangmu untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

Baca juga | 7 Prospek Kerja Lulusan Manajemen Bisnis

basic excel training

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *