Tanggal:21 June 2024

9 Aplikasi Membuat CV, Menarik Dan Bisa Dari Ponsel Loh!

CV atau Curriculum Vitae merupakan salah satu komponen yang penting ketika hendak melamar sebuah pekerjaan. Sebab CV sendiri ialah rangkuman yang memuat informasi diri, sekaligus menjadi personal branding.

Biasanya seseorang akan menyusun dan menulis CV-nya sendiri secara manual atau harus melalui PC. Namun kini sudah ada lho, aplikasi membuat CV dari ponsel yang dapat membantu kamu membuat CV lebih menarik dan tentunya jadi lebih praktis.

Nah, untuk mempermudah kamu dalam pembuatan CV, berikut kami rekomendasikan platform aplikasi membuat CV yang dapat diunduh dari Play Store. Simak ulasannya satu per satu di bawah ini, ya!

Baca juga: Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia Dan Tipsnya Agar Menarik

9 Aplikasi Membuat CV dari Ponsel

Sebagaimana yang diketahui, CV menjadi dokumen penting untuk melamar pekerjaan. Oleh karena itu, aplikasi-aplikasi di bawah ini akan sangat berguna dalam melamar pekerjaan. Berikut ulasan kami mengenai 9 rekomendasi aplikasi membuat CV, di antaranya sebagai berikut.

1. Easy Resume Builder

Easy Resume Builder. Sumber: Play Store

Seperti namanya, Easy Resume Builder sangat cocok untuk kamu yang baru pertama kali membuat CV. Keunggulan dari aplikasi ini adalah ia memiliki interface yang user-friendly sehingga mudah untuk dioperasikan.

Easy Resume Builder juga memiliki berbagai template yang bisa kamu gunakan. Pengguna tinggal mengganti isian data pribadi yang dibutuhkan. Setelahnya CV dapat diunduh dalam format PDF atau langsung dibagikan melalui email.

2. Resume Builder & CV Maker – Mobotechnology Inc.

Resume Builder & CV Maker – Mobotechnology Inc. Sumber: Play Store.

Pembuatan CV lewat aplikasi Android yang satu ini juga patut dicoba. Sebab kamu akan menemukan lebih dari 300 template CV beserta surat lamarannya. Tak hanya itu, Resume Builder & CV Maker dari Mobotechnology Inc. memungkinkan kamu untuk melakukan proses editing terhadap CV yang dibuat.

Hebatnya lagi, aplikasi ini sudah mendukung lebih dari 30 bahasa yang berbeda untuk pembuatan CV, lho! Elemen penting seperti tanda tangan juga dapat kamu tambahkan pada CV-nya. Selain membuat CV, aplikasi satu ini juga mendukung pembuatan resume.

3. CV Maker – Lamaran kerja PDF – Intelligent CV

CV Maker – Lamaran kerja PDF – Intelligent CV. Sumber: Play Store

Jika kamu tak ingin menghabiskan banyak waktu untuk membuat curriculum vitae, cobalah aplikasi CV Maker dari Intelligent CV. Dalam aplikasi ini, kamu dapat membuat CV dalam hitungan menit saja!

Tak hanya dapat dioperasikan secara kilat, CV Maker pun memiliki lebih dari 200 template yang dapat digunakan. Jika ingin menambahkan informasi dalam CV, kamu bisa memakai fitur editor dalam aplikasinya. Jika kamu ingin mengubah urutan informasi dalam CV-nya, ada pula fitur CV Manager yang dapat membantumu.

CV Maker juga memungkinkan kamu untuk mengedit ukuran dan warna font, dan me-review-nya kembali. Dengan CV Maker, kamu tidak perlu membuat surat lamaran terpisah, karena ada fitur pembuat surat lamarannya, lho.

Baca juga: 13 Contoh Deskripsi Tentang Diri Sendiri Di CV, Menarik Dan Disukai Rekruter

4. CV Library

CV Library. Sumber: Play Store

Aplikasi CV Library tidak hanya menyediakan alat untuk membuat CV. Kamu juga bisa mencari dan melamar pekerjaan dengan mudah. Dilansir dari CareerAddict, tersedia lebih dari 140 ribu pekerjaan yang siap untuk dilamar.

Dengan begitu setelah membuat CV, kamu bisa langsung menyimpannya ke Dropbox dan Google Drive atau langsung mengirimkannya ke perusahaan yang kamu inginkan.

5. Resume Builder – CV Engineer

Resume Builder – CV Engineer. Sumber: Play Store

Aplikasi yang selanjutnya adalah Resume Builder – CV Engineer. Aplikasi ini merupakan alternatif lain bagi kamu yang ingin membuat CV yang sederhana dan gratis. Di sini kamu akan disediakan opsi pengeditan yang mudah dengan template yang tidak kalah bervariasi.

Aplikasi ini juga tersedia dalam dark mode, sehingga kamu dapat menentukan interface yang sesuai dengan keinginan. Aplikasi ini memperoleh rating 4,5 oleh lebih dari 4.000 user di Play Store.

6. CV Maker – Stud Zone

CV Maker – Stud Zone. Sumber: Play Store

Aplikasi CV Maker dari Stud Zone juga tidak kalah keren dari aplikasi pembuat CV serupa. Dalam CV Maker, kamu dapat membuat CV berkualitas dengan berbagai section informasi yang berbeda. Beberapa section tersebut terdiri dari kemampuan, pengalaman, data diri, pendidikan, dan masih banyak lagi. Jadi kamu hanya perlu menambahkan detail informasi pada setiap section CV-nya.

Apabila dirasa masih belum sesuai, tentu kamu pun dapat menyunting CV yang dibuat. Kamu juga dapat mengubah template CV-nya dengan mudah. CV yang dihasilkan dari aplikasi ini berformat PDF. Kamu bisa langsung membagikan, mencetak, dan menyimpan file-nya secara langsung dari aplikasi.

Baca juga: Perbedaan CV dengan Resume yang Perlu Kamu Ketahui

7. Lamaranku: Resume & Application Letter builder

Lamaranku: Resume & Application Letter builder. Sumber: Play Store

Selanjutnya, kamu juga dapat mencoba aplikasi bernama Lamaranku: Resume & Application Letter builder ini. Aplikasi yang dirilis oleh Labuhan Digital ini juga menyediakan fitur yang beragam. Selain template, aplikasi ini memiliki fitur untuk membuat surat lamaran kerja.

Aplikasi ini juga easy user atau mudah untuk digunakan karena kamu hanya perlu drag and drop. Selain itu kamu juga dapat melihat preview-nya secara langsung.

8. Resume Builder – Nithra

Resume Builder – Nithra. Sumber: Play Store

Aplikasi Resume Builder dari Nithra tak hanya bisa digunakan untuk membuat sebuah resume, tetapi juga CV. Di aplikasi ini ada 130+ template CV dan resume yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Aplikasi ini akan memudahkan kamu untuk mengisi seluruh data CV dan resume dengan user interface yang terbilang oke.

Layaknya aplikasi pembuat CV di Android, Resume Builder pun memungkinkan kamu untuk mengedit warna, template, dan informasi CV. Uniknya lagi, kamu dapat meng-copy dan menghapus CV serta resume yang dibuat sesuai dengan kebutuhan.

9. CV Maker by VisualCV

CV Maker by VisualCV. Sumber: Play Store

Aplikasi untuk membuat CV yang satu ini menawarkan beberapa fitur yang cukup membantu. Seperti memungkinkanmu meng-import data dari akun LinkedIn, atau dari CV yang telah kamu buat dalam format PDF atau Word. Dengan demikian, kamu jadi lebih mudah saat ingin memperbaiki CV-mu dengan aplikasi ini.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat resume, portofolio, dan cover letter. Dalam aplikasi ini kamu juga diperbolehkan untuk meng-custom halaman CV dan menambahkan konten baru jika diperlukan. Selain itu, kamu bisa menambahkan foto untuk melengkapi data profil.

VisualCV juga menghadirkan desain dan template premium yang profesional. Selain itu, aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka pengguna yang simpel, namun terlihat modern dan enak dilihat.

Baca juga: 

Itulah beberapa aplikasi membuat CV dari ponsel terbaik dan gratis. Dengan CV kreatif, perekrut akan lebih tertarik untuk mengenalmu lebih dalam. Jadi, sebelum menggunakan software tersebut, ada baiknya kamu mempelajari cara pembuatan CV sekaligus teknik interview dari profesional seperti yang bisa kamu temui dalam kursus “Belajar Membuat CV dan Teknik Interview dari Praktisi Perusahaan Multinasional”.

Pelatihan ini memberikan cara pragmatis & praktis, yang telah dipraktikkan secara nyata, dengan menggunakan seni menjual dengan pendekatan persuasi terhadap orang lain. Pastikan juga kamu menyelesaikan program hingga 100% untuk mendapatkan sertifikat. Dengan begitu dijamin kamu akan segera mendapatkan panggilan untuk interview. Selamat mencoba!

Kursus desain website HTML CSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *