Tanggal:22 June 2024

Yuk, Ketahui Jenis-jenis Tulisan

Tulisan adalah sebuah alat komunikasi menggunakan kertas yang menjadi sebuah keterampilan. Dengan menulis, seseorang bisa meluapkan isi hati dengan gaya kepenulisannya masing-masing. 

Kursus online belajar grammar vocasia

Baca Juga :

Pentingnya keterampilan ini, menjadikan menulis sebagai kegiatan yang dipelajari oleh setiap orang sejak kecil. Bahkan, para orang tua membekali kemampuan tersebut sebelum anaknya menginjakkan kaki di bangku sekolah.

Baca Juga :

Faktanya, keterampilan menulis tidak hanya dibutuhkan pada bangku sekolah atau kegiatan akademik saja, lho. Akhir-akhir ini, banyak perusahaan besar yang menekuni digital marketing juga membutuhkan seseorang penulis andal.

Baca Juga :

Perbedaan kegiatan dan pekerjaan ini dengan yang lain adalah dapat dilakukan secara fleksibel. Maksudnya, menulis dapat dilakukan di mana pun dengan penceritaan sesuai keinginan serta kebutuhan penulis.

Apa saja sih jenis-jenis tulisan yang sering digunakan? Tak perlu bingung, kamu akan segera mendapatkan jawabannya pada pemaparan di bawah ini. Simak dan cermati hingga akhir, ya!

Baca juga:

Jenis-jenis Tulisan yang Sering Digunakan

jenis-jenis tulisan

Ilustrasi Jenis-jenis Tulisan yang Umum Ditemukan (Source: pixabay)

Di Indonesia, banyak sekali penulis terkenal yang memiliki gaya kepenulisan berbeda-beda. Perbedaan tersebut menjadi ciri khas atau signature atas karya-karya yang dihasilkannya. 

Baca Juga :

Meskipun memiliki gaya kepenulisan masing-masing, mereka tetap memiliki pedoman keterampilan menulis yang sama. Berikut adalah jenis-jenis tulisan yang umum ditemukan pada karya sastra Indonesia, baik fiksi maupun non fiksi:

1. Deskripsi

Jenis tulisan pertama yang umum ditemui dan digunakan para penulis adalah deskripsi. Deskripsi adalah jenis tulisan yang menjabarkan atau memberi informasi atas suatu topik tertentu. Hal yang dijelaskan dapat berupa fiksi maupun non fiksi. Semua itu kembali pada konteks penulisan dan tujuan dari pendeskripsiannya.

2. Jurnal 

Ilustrasi Penulisan Jurnal (Source: pixabay)

Jenis tulisan yang kedua adalah jurnal. Seperti namanya, tulisan ini memuat pengalaman personal seseorang yang dicurahkan dalam bentuk tulisan.Jadi, gaya kebahasaannya santai dan bergantung gaya kepenulisan masing-masing penulis. 

Namun, terdapat juga jurnal ilmiah yang isinya berdasarkan sebuah pengamatan dan penelitian terkait data-data tertentu. Biasanya, ia ditulis untuk hal-hal yang bersifat akademik dengan aturan-aturan yang terstruktur.

3. Otobiografi

Seperti catatan harian, otobiografi merupakan jenis tulisan yang berisi kenangan atau pengalaman pribadi. Namun, otobiografi memiliki bentuk yang lebih makro. Bentuknya berupa daftar riwayat hidup seseorang.

Penulisnya tidak lain adalah pemilik pengalaman tersebut. Sehingga, ia secara detail menuliskannya tanpa ada hal yang kemungkinan akan terlewat dan dibuat-buat.

Baca juga: Berikut Cara Menulis Daftar Pustaka yang Baik dan Benar!

4. Puisi

Ilustrasi Puisi (Source: pixabay)

Jenis tulisan yang satu ini mungkin sudah melahirkan banyak sastrawan terkenal di Indonesia. Berkat tulisan tersebut pula, banyak pelajaran hidup yang dikemas menjadi sebuah karya nan indah. 

Puisi adalah suatu karya sastra dengan bahasa indah yang berisi gagasan, pemikiran, hingga luapan emosi seseorang dalam bentuk tulisan. Ia memiliki banyak jenis yang dapat dinikmati oleh seluruh kalangan usia.

5. Fabel

Seperti yang kita tahu, fabel merupakan jenis tulisan yang konteksnya menghibur. Tulisan ini termasuk dalam karya sastra fiksi yang memuat mengisahkan pembelajaran hidup. 

Pengemasannya juga terbilang unik karena menggunakan hewan sebagai tokoh atau pelaku dalam tulisan tersebut. Sehingga, ceritanya dapat dinikmati dan meningkatkan minat membaca anak-anak usia dini.

6. Surat

Surat adalah salah satu jenis tulisan yang digunakan dengan tujuan komunikasi. Komunikasi tersebut dapat berupa antar individu maupun melibatkan banyak kelompok atau lembaga tertentu. 

Jika ditujukan dengan nama lembaga, biasanya ia memiliki struktur dan tata kebahasaan yang formal. Sementara surat pribadi terkesan lebih santai dan menggunakan bahasa sehari-hari

7. Karya Ilmiah

Pegiat akademik seperti pelajar dan mahasiswa tentu sudah tidak asing dengan jenis tulisan ini. Tulisan tersebut digunakan hampir pada seluruh jurusan dan diberlakukan secara wajib untuk tagihan-tagihan tugas maupun laporan tertentu. 

Isinya hampir mirip dengan jurnal ilmiah. Hanya saja perbedaannya terletak pada struktur dan hal-hal yang dimuat di dalamnya. Karya ilmiah berisi kajian atas teori-teori yang dicetuskan oleh beberapa ahli dengan pertanggungjawaban dan dukungan data-data tertentu.

Penutup

Nah, itulah beberapa jenis tulisan yang sering ditemui pada karya sastra di Indonesia. Tulisan-tulisan tersebut memiliki struktur dan ciri khasnya masing-masing. 

Tiap tulisan dapat digunakan sesuai dengan konteks dan tujuan tulisan tersebut dibuat. Jika ingin berkomunikasi secara pribadi maupun kelompok, kamu dapat membuat tulisan berjenis surat. Apabila konteksnya hiburan, kamu dapat membuat tulisan dalam bentuk puisi dan fabel. 

Tekuni keterampilan menulis jika kamu tertarik pada bidang tersebut. Siapa sangka, penulis memiliki peluang besar sebagai profesi yang menjanjikan, lho. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga: Headline: Pengertian, Fungsi Dan Cara Menulisnya Agar Menarik Dalam Copywriting

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *