Tanggal:30 April 2024

Apa itu Modem?

Modem adalah suatu alat pemberi sinyal agar terhubung ke jaringan internet. Revolusi perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi kian berkembang. Apalagi disaat seperti sekarang, telekomunikasi memiliki peran yang sangat penting terhadap kebutuhan manusia. Memudahkan kita semua untuk saling tukar informasi walaupun dengan jarak jauh.

Terutama maraknya virus Corona saat ini ini, kita dituntut untuk bekerja dan sekolah dari rumah (WFH). Tentunya hal tersebut mengharuskan adanya koneksi internet bagus agar terhubung pada perangkat handphone (gawai), laptop, dan lainnya sebagai penunjang kegiatan kita selama di rumah.

Untuk itu, dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat keberadaan modem sangatlah diperlukan. Namun, kecepatan modem di suatu daerah pasti berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu jenisnya sebelum membeli modem. Sehingga, kamu  tidak salah beli dan bisa menstabilkan jaringannya. Tanpa modem, aktivitas WFH pun tidak dapat terselesaikan.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai modem? Yuk, simak penjelasan artikel Vocasia berikut ini. Akan kami kupas tuntas secara detail!

Baca Juga | 10 Rekomendasi Mouse Wireless Terbaik

Apa itu Modem?

Perangkat Modem (Pixebay)

Modem adalah singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa dan siap dikirim. Sedangkan demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima. Sehingga, informasi tersebut dapat disampaikan dan diterima dengan benar.

Modem adalah gabungan dari keduanya yang merupakan alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua arah biasanya menggunakan komponen yang disebut modem, seperti VSAT, radio microwave, dan lainnya. Tetapi, istilah modem lebih umum dikenal sebagai perangkat keras yang biasa digunakan untuk berkomunikasi di komputer.

Data dari komputer yang berupa sinyal digital ditransmisikan ke modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Ketika modem menerima data dari luar yang berupa sinyal analog, modem akan mengubahnya kembali menjadi sinyal digital sehingga dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog dikirim melalui sejumlah sarana telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Baca Juga | Hardware: Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Contohnya

Jenis-jenis Modem

Ilustrasi Penggunaan Modem (Pixebay)

Bedasarkan Pengaturan

Jika berdasarkan pengaturannya, modem dapat dibedakan menjadi internal dan eksternal.

1. Internal

Salah satu jenis modem yang dipasang di dalam sinyal analog. Ketika masuk akan diubah menjadi sinyal digital dan dikirim langsung ke perangkat komputer. Kelebihannya, untuk pemasangan harganya relatif lebih murah.

Baca Juga | Mengenal Virtualisasi: Manfaat Dan Jenis-Jenisnya

2. Eksternal

Merupakan jenis modem yang digunakan oleh komputer untuk mengakses Internet. Data komputer yang berupa sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Jika modem menerima data sebagai sinyal analog, selanjutnya akan diubah menjadi sinyal digital untuk diproses lebih lanjut melalui komputer.

Baca Juga | Seberapa Pentingkah Fungsi RAM Pada Kinerja PC Maupun Laptop

Berdasarkan Jaringan

Menurut jaringannya, modem dapat dibedakan menjadi 2 (dua) jenis, yaitu modem dengan dukungan kabel dan modem dengan dukungan nirkabel.

1. Kabel

Jenis modem yang menggunakan media kabel ini sebagai perantaranya melalui jaringan telepon dan televisi kabel.

Baca Juga | Apa Itu Jaringan Komputer? Kenali Jenis Dan Manfaatnya!

2. Nirkabel

Modem yang menggunakan media tanpa kabel sebagai perantaranya seperti GSM, CDMA, wireless, dan lain-lain.

Baca Juga | Apa Itu Server? Pengertian, Fungsi, Dan Cara Kerjanya

Berdasarkan Koneksi Teknologi

1. DSL

(Digital Subscriber Line) adalah modem yang memungkinkan untuk menerima dan juga mengirimkan data menggunakan teknologi digital melalui jaringan khusus. Pada teknologi ini, segala data yang diterima lalu dikirim oleh modem DSL berupa media digital. Sehingga, pengaksesan internet jauh lebih cepat daripada modem analog.

Ada 2 (dua) tipe modem DSL di mana kecepatan download ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) akan lebih cepat daripada kecepatan download tipe SSL (Symmetric Digital Subscriber Line).

Baca Juga | Pengertian Dan Fungsi Komputer Client

2. Analog

Bisa menerima data melalui sinyal analog dengan jaringan transmisi data kemudian mengubahnya menjadi data digital untuk dikirim ke komputer ataupun sebaliknya. Modem jenis ini biasa digunakan untuk koneksi dial-up pada jaringan telepon.

Baca juga | Metadata: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

3. CDMA

Modem CDMA adalah jenis jaringan nirkabel yang tugasnya memungkinkan beberapa sinyal untuk menempati saluran transmisi tunggal dan mengoptimalkan bandwidth yang tersedia. Berbeda dengan modem GSM, modem ini tidak difiksasi pada frekuensi tertentu bagi penggunanya. Setiap saluran dapat menggunakan semua spektrum yang tersedia. Jenis modem ini harganya lebih mahal daripada GSM, tetapi saluran seluler terpisah dari data dan membuat koneksi lebih stabil.

Baca Juga | Apa Itu Database Server & Untuk Apa Digunakan?

4. Dial-Up

Layanan modem ini merupakan internet yang kecepatannya paling lambat. Sebaiknya kamu tidak menggunakannya, kecuali layanan ini adalah satu-satunya layanan yang tersedia di wilayahmu. Dial-up menggunakan saluran telepon. Jadi, kamu tidak dapat menggunakan telepon dan internet secara bersamaan.

Baca Juga | Apa Itu SSH? Pengertian, Fungsi, Dan Cara Kerjanya

5. GSM

Modem GSM merupakan modem eksternal. Penggunanya harus membutuhkan kartu SIM agar dapat difungsikan. Modem ini harus dipasangkan melalui port komputer. Kebanyakan orang memakai modem GSM di laptop. Kartu SIM wajib dalam keadaan diisi pulsa atau kuota internet supaya bisa tersambung ke internet. Modem ini mempunyai jangkauan jaringan lumayan luas, tetapi pengguna akan membayarkan biaya langganan yang lumayan mahal setiap bulannya.

Baca Juga | Pengertian, Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangan MySQL

Fungsi dari Modem

Fungsi Modem (Pexels)

Berikut merupakan fungsi dari modem yang perlu kamu ketahui:

  • Untuk menghubungkan perangkat keras supaya terhubung ke jaringan
  • Alat untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya
  • Bertanggung jawab mengubah beberapa data menjadi informasi yang dapat dibaca
  • Berfungsi untuk melakukan operasi modulasi dan demodulasi
  • Mengompres data
  • Meminimalkan seseorang kehilangan paket selama transmisi data

Nah, itulah penjelasan mengenai ruang lingkup dari modem. Pastinya, banyak sekali manfaat jika kamu menggunakannya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan info lainnya dari Vocasia!

Baca Juga | Waspada Ancaman Ransomware, Kenali Arti Dan Cara Mencegahnya!

Kursus desain website HTML CSS
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *