Tanggal:01 May 2024
hard skill

Pengertian dan Contoh Hard skill

Bagi kamu yang hendak atau sedang terjun ke dunia kerja pastinya sudah familiar dengan istilah hard skill ini. Pasalnya, hard skill merupakan keahlian yang wajib dikuasai oleh setiap individu untuk menunjang produktivitas pekerjaan yang sedang digeluti. Dalam praktiknya, hard skill bisa diasah melalui pendidikan formal dan pelatihan khusus. Bahkan di era digital seperti sekarang, keahlian ini bisa diperoleh melalui berbagai macam kursus online.

Cakupan bidang hard skill pun sangat luas dan bisa dibilang tidak terbatas, karena hal ini mencakup segala bidang ilmu pengetahuan. Namun, karena manusia memiliki pemikiran yang terbatas, manusia hanya tidak dapat menguasai semua cabang. Membaca, menghitung, menulis, dan menggambar adalah kemampuan yang diajarkan sedari kecil. Namun seiringnya kita bertumbuh, kemampuan itu akan dikembangkan menjadi lebih kompleks, hingga keahlian tersebut berkembang menjadi lebih spesifik. Kemudian validasi dari keterampilan tersebut adalah berupa sertifikat. Sehingga sertifikat itu yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan. Seperti itulah alur umum proses mengembangkan hard skill untuk melamar pekerjaan.

Lantas, apa itu hard skill? Mungkin sebagian dari kamu belum mengetahui lebih detail mengenai pengertian dari hard skill itu sendiri. Tenang saja, artikel ini akan memaparkan pengertian beserta contoh dari hard skill. Jadi, yuk simak ulasannya sampai akhir!

Baca juga: Hard Skill dan Soft Skill, Apa Bedanya?

Pengertian Hard Skill

Source: Pexels

Dilansir dari Investopedia, hard skill adalah suatu kemampuan yang bisa dipelajari serta ditingkatkan melalui latihan, pengulangan, dan pendidikan. Secara umum, hard skill adalah pengetahuan dan keterampilan spesifik yang dipelajari oleh seseorang melalui jalur pendidikan dan pelatihan yang dipilih. Tujuan mengembangkan hard skill ini umumnya adalah agar seseorang bisa berkarir di bidang yang mereka inginkan setelah melalui proses pembelajaran.

Jadi, jangan berkecil hati kalau kamu belum mempunyai hard skill karena pada dasarnya kemampuan ini bisa diasah dan dipelajari apabila kamu tekun mempelajarinya. Apalagi di era digital ini, kita bisa dengan mudah mengakses segalanya melalui internet termasuk mengejar kompetensi ilmu yang ingin kita geluti di dunia kerja nanti. Nah, kursus online adalah jawaban yang tepat untuk memperoleh ilmu dan sertifikasi keahlian yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan.

Contoh kursus online bersertifikat terlengkap dan terbaik saat ini adalah Vocasia. Platform ini menyajikan banyak sekali kategori cabang ilmu. Kamu dapat mencari kelas sesuai keinginanmu serta mengaksesnya kapan saja dan di mana saja. Menarik sekali bukan? Kamu bisa kunjungi situsnya di sini.

Contoh Hard Skill

Meskipun manusia memiliki pemikiran yang limit, bukan berarti setiap orang cukup hanya dengan memiliki satu keahlian saja. Diperlukan keahlian-keahlian mumpuni lainnya yang dapat menunjang pekerjaan menjadi lebih mudah dan mendapat hasil yang maksimal. Apalagi kini setiap perusahaan selalu menuntut karyawannya untuk menguasai lebih dari satu keahlian.

Berikut beberapa contoh hard skill, antara lain:

1. Keahlian desain

Contoh keahlian pertama yang dapat kita temui dalam dunia kerja adalah memiliki keahlian desain. Seiring kemajuan dunia saat ini, keahlian desain sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap orang yang bekerja dalam dunia kreativitas.

Desain dalam konteks ini bukan hanya terbatas pada kaitannya dengan membuat website ataupun portal online saja, namun juga bisa dalam bidang fashion, furniture, hingga berbagai bidang lain yang membutuhkan keahlian ini. Contohnya seperti membuat perencanaan media sosial serta desain lain yang dibutuhkan perusahaan.

Tak dapat dipungkiri jika segala sesuatu yang dilakukan mendapatkan sentuhan desain, akan menghasilkan sesuatu yang baru dan lebih menarik. Apalagi jika desain tersebut mengusung konsep yang unik, tentunya akan lebih memiliki nilai jual yang tinggi. Untuk itu, Vocasia menghadirkan beberapa kursus yang berkaitan dengan desain untuk membantu mengasah kemampuanmu dalam dunia kreativitas. Kamu bisa klik di sini!

Baca juga: 7 Software Desain Grafis Gratis Terbaik di 2022

2. Keahlian mengoperasikan perangkat elektronik

Di era ini, hampir segala sesuatu dikerjakan dengan memanfaatkan teknologi. Sudah banyak perusahaan yang memberikan persyaratan mahir mengoperasikan komputer bagi para calon pelamar. Hal tersebut karena setiap hampir seluruh pekerjaan akan menjadi cepat terselesaikan apabila mendapat bantuan dari perangkat elektronik. Ditambah dengan adanya pandemi, setiap orang bekerja dari rumah menggunakan gadget mereka. Perangkat elektronik sudah menjadi bagian penting dari kehidupan kerja mereka, itulah mengapa keahlian ini sangat penting.

3. Kemampuan menulis

Menulis adalah salah kemampuan yang sering sekali disepelekan oleh banyak orang. Padahal dengan menulis ada banyak sekali hal yang bisa diperoleh. Kalau kamu masih kesulitan dalam menguasai skill satu ini, kamu bisa mencoba berlatih dengan menuliskan apa pun tentang perasaan maupun hal-hal yang sedang dilalui, baik itu yang membahagiakan ataupun memilukan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam menuangkan tulisan hal-hal sederhana seperti cerita-cerita pendek maupun artikel. Namun, untuk tulisan-tulisan yang lebih skalanya lebih besar seperti laporan sebuah kasus, meliput sebuah acara adat, maka kamu harus mempelajarinya terlebih dahulu.

4. Kemampuan menjalankan sebuah riset

Riset adalah sebuah penelitian yang berbasis analisis untuk menyelesaikan suatu masalah ataupun mencari solusi dari masalah tersebut. Dalam dunia kerja, riset sangatlah dibutuhkan karena berhubungan dengan mengumpulkan informasi, beradaptasi dengan lingkungan baru, perencanaan, dan lain sebagainya. Keterampilan melakukan riset juga akan menguntungkan kamu dalam membaca peluang sebuah pekerjaan. Kamu bisa bekerja di pusat pengembangan / R&D di perusahaan swasta maupun di perguruan tinggi / LIPI.

5. Kemampuan berbahasa asing

Menguasai bahasa asing akan memberikan nilai lebih terhadap CV yang kamu ajukan, lho. Apalagi kalau perusahaan tersebut memang mengharuskan para karyawannya untuk mahir berbahasa asing. Memiliki kemampuan berbahasa asing di era yang serba canggih ini tidak hanya dibutuhkan dalam dunia pekerjaan saja, melainkan juga dalam bidang pengoperasian perangkat elektronik. Tak jarang jika banyak sekali perangkat teknologi yang menggunakan bahasa-bahasa asing dalam pengaturan maupun pengoperasiannya.

Skill ini sangat penting apalagi jika kamu bekerja di bidang yang membutuhkan skill komunikasi misalnya di bidang marketing atau yang berprofesi sebagai tour guide untuk turis asing.

6. Keahlian mengoperasikan berbagai software

Keterampilan selanjutnya yang dibutuhkan perusahaan adalah memiliki keahlian dalam mengoperasikan berbagai software. Dengan mampu mengoperasikan berbagai software yang ada, maka akan membantu dan mempermudah segala pekerjaan yang diberikan agar menjadi lebih tersusun dengan baik.

Untuk mengembangkan keahlian ini sendiri bukanlah hal yang sulit. Jika kamu sudah dapat menjalankan atau mengerti bagaimana mengoperasikan komputer, nantinya kamu akan dapat mengembangkannya dengan mudah.

7. Analisis data

Di era yang serba canggih ini, setiap perusahaan mempunyai data yang melimpah dalam mengelola bisnisnya. Tak heran jika perusahaan membutuhkan keahlian agar data menjadi padu dan tersusun dengan rapi. Tak hanya itu, pengolahan data juga dimaksudkan agar data menjadi lebih terstruktur dan aman dari gangguan hacker atau peretas. Kemampuan pengolahan data dengan baik kini sangatlah penting dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Baca juga: 5 Skill Data Analyst yang Kamu Butuhkan

Berikut adalah contoh hard skill analisis data antara lain:

  • Data mining
  • Data presentation
  • Resource management
  • Data engineering
  • Database management
  • Semua yang menggunakan data untuk mengeksplorasi masalah atau membuat keputusan

Itulah pengertian dan beberapa contoh dari hard skill. Semoga bermanfaat!

Sukses karir profesional - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *