Tanggal:30 May 2024
data analytics

Pengertian dan Kegunaan Data Analytics

Data analytics kini menjadi salah satu hal paling penting dalam kehidupan modern. Sebagian besar bahkan seluruh perusahaan, perguruan tinggi, dan organisasi, membutuhkan kecanggihan data analytics untuk menganalisis data yang mereka miliki. Banyak hal dimudahkan dengan adanya data analytics. Salah satu keuntungan menggunakan data analytics adalah mendapatkan hasil data akurat tanpa butuh waktu lama. Berdasarkan kegunaan yang dimiliki, tak heran jika data analytics menjadi sarana paling penting untuk hal-hal yang berkaitan dengan big data

Pengertian Data Analytics

Data analytics adalah suatu ilmu untuk menganalisis data-data yang telah terkumpul (big data), meliputi penelitian dan pemeriksaan data menggunakan software untuk memperoleh suatu kesimpulan. Penelitian dan pemeriksaan dilakukan mengerucut terhadap hal-hal seperti makna dan fitur-fitur yang ada di dalam data. Analisis untuk menemukan pola dalam data menggunakan kesatuan dari ilmu statistik, kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, dan pemrosesan bahasa alami. 

Hasil analisis dari proses tersebut sangat menguntungkan bagi perusahaan, perguruan tinggi, maupun organisasi yang menggunakannya. Dengan teknologi data analytics, data-data yang dihasilkan tidak diragukan keakuratanya seperti analisis secara manual. Bagi perusahaan, data analytics sangat mampu meningkatkan performa dan profit, serta mengoptimalkan layanan bagi para pelanggannya. 

Baca Juga | Apa Itu Google Analytics Dan Bagaimana Cara Menggunakannya? Yuk Simak!

Kegunaan Data Analytics  

Berdasarkan kecanggihan dan hasil yang diberikan, data analytics tidak hanya menguntungkan bagi perusahaan dan organisasi, tetapi juga mempermudah kehidupan manusia modern. Berikut adalah Kegunaan data analytics di era modern.

  • Mempermudah menghitung statistik perusahaan 

Berkat kecanggihan data analytics, perhitungan data yang dimiliki perusahaan menjadi mudah. Statistik data perusahaan yang digunakan sebagai pedoman harus diolah dan dilaporkan setiap hari atau tiap minggu. Karyawan yang mendapat tugas untuk menghitung statistik perusahaan akan dimudahkan karena data-data yang diinginkan muncul secara akurat dan cepat.

  • Hasil perhitungan yang solid dan akurat 

Data akurat dan solid sangat dibutuhkan untuk menunjang hasil yang dapat dipercaya. Dengan adanya data analytics, kesalahan perhitungan dan hasil sebuah data menjadi minim. Hal tersebut diperkuat dengan metode, teknik, dan kesatuan ilmu yang ada dalam program data analytics.

  • Mempercepat dan mempermudah kegiatan riset pasar 

Riset pasar sangat penting dilakukan demi kelancaran bisnis sebuah perusahaan. Dalam upaya mempermudah proses tersebut, dibutuhkan teknologi canggih yang dapat dipercaya validitasnya. Berdasarkan hal tersebut, riset pasar dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan akurat menggunakan teknologi data analytics.

Baca Juga | Apa Itu Marketing Analytics?

  • Data analytics sebagai solusi permasalahan bisnis

Saat menghadapi suatu permasalahan, solusi adalah hal utama yang harus ditemukan dengan cepat. Apabila suatu perusahaan mengalami sebuah permasalahan, dapat dianalisis faktor pemicunya dengan data yang telah dianalisis. Setelah melihat hasil data dan menemukan inti dari permasalahan, barulah perusahaan dapat menentukan langkah apa yang akan diambil untuk mengatasi hal tersebut.

  • Mengetahui sensor pergerakan alam

Data analytics juga membantu mempermudah dalam sektor geografi. Alat untuk mengukur pergerakan-pergerakan fenomena alam dilengkapi dengan data analytics. Keakuratan hasil data yang diperoleh dari data analytics membuat masyarakat merasa aman karena dapat mengetahui pergerakan lempeng-lempeng bumi dengan sumber yang valid sehingga adanya korban jiwa saat terjadi bencana maupun fenomena alam akan semakin minim.

  • Pendeteksi penyakit dan penemu obat-obatan baru 

Dengan kecanggihan teknologi yang dilengkapi data analytics, para tenaga kesehatan semakin terbantu dalam mengatasi permasalahan. Berbekal data-data yang ada, dokter dapat mengidentifikasi secara dalam dan dengan mudah mengetahui penyakit yang sedang diderita pasien. Tidak hanya itu, obat yang cocok sebagai penawar penyakit yang diderita masing-masing pasien juga secara mudah ditemukan.

Baca Juga | Tutorial Google Pengelola Tag 2022 Untuk Pemula

  • Melacak potensi kemacetan, mengukur jarak tempuh, dan menentukan lokasi

Kecanggihan teknologi, juga dapat dirasakan dalam sektor transportasi. Seseorang dapat dengan mudah melihat kondisi rute yang akan dilewatinya. Bahkan, jarak tempuh dan titik lokasi juga dapat dilihat melalui teknologi digital. Munculnya fitur-fitur canggih tersebut semata-mata merupakan hasil dari proses data analytics.

Dari beberapa ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa data analytics memiliki dampak yang cukup besar bagi kehidupan manusia modern. Tidak hanya pada sektor bisnis, tetapi juga bagi masing-masing individu dan masyarakat luas. Terdapat jenis-jenis Data Analytics berdasarkan fungsi dan peranan masing-masing yang wajib kamu ketahui.

Baca juga | Apa itu Profesi Data Analyst?

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *