Tanggal:29 April 2024

Apa Itu Marketing Analytics?

Apa itu Marketing Analytics (pexels.com/Lukas)

Pengertian Marketing Analytics

Baca Juga | Penjelasan Lengkap Mengenai Direct Marketing

Marketing analytics adalah orang yang bertanggung jawab mempelajari kondisi pasar dengan tujuan menganalisis dan menilai pontensi untuk penjualan produk dan layanan. Ditengah persaingan pasar yang semakin kompetitif, marketing analytics dapat mengelola data menjadi sebuah informasi yang mampu menghadirkan serangkaian pengalaman konsumen yang positif. Perusahaan dapat mengumpulkan data melalui berbagai platform seperti web, sosial media, kemudian akan dikelola untuk menghasilakn wawasan dan memanfaatkan secara cepat untuk memperoleh keunggulan yang besar.

Baca Juga | Apa itu Viral Marketing?

Tujuan marketing analytics adalah untuk menentukan produk mana yang paling diminati, dimana pasarnya, berapa harga yang pas untuk di jual. Marketing analytics ini membuka pemasar untuk dapat mengevaluasi kesuksesan pemasaran dengan mengukur performa melalui metrik bisnis seperti, ROI (Return On Investment), marketing attribution, dan efektivitas pemasaran secara keseluruhan. Marketing analytics memperhitungkan seluruh upaya pemasaran pada berbagai kanal dalam rentang waktu tertentu, yang  merupakan hal esensial dalam proses pengambilan keputusan serta eksekusi program yang efisien.

Baca Juga | 6 Pola Pikir Pengusaha yang Perlu Kamu Pahami saat Membangun Bisnis!

Seiring dengan pesatnya persaingan digital kesuksesan brand dan produk akan bergantung pada kemampuan untuk mengelolah data yang diperoleh darti aktivitas digital konsumen. Pentingnya peran pebisnis dalam mengatur hubungan dengan pelanggan yang lebih erat diseluruh kanal. Marketing analytics dapat mendukung perusahaan dari berbagai jenis industri untuk mendapatkan nilai lebih dari aset digital mereka.

Baca Juga | Cara Belajar Digital Marketing sampai Mahir

Tanggung Jawab Marketing Analytics

Jobdest terkait divisi marketing analytics (pexels.com/Yan Krukov)

Jobdest terkait divisi marketing analytics (pexels.com/Yan Krukov)

Baca Juga | Apa Itu Google Analytics dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Berikut, beberapa tanggung jawab tim marketing analytics dalam pekerjaannya dibidang pemasaran sekaligus mengoperasikan tool statistic untuk menganalisis data.

  • Memprediksi tren penjualan dan pemasaran
  • Melakukan penelitian terhadap kompetitor
  • Melakukan survei terhadap konsumen dan meneliti demografinya
  • Menentukan cara yang efektif untuk mengumpulkan data
  • Menilai efektivitas strategi pemasaran
  • Menafsirkan hasil analisis data
  • Mempresentasikan hasil penelitian dalam laporan kepada klien atau manajer perusahaan
  • Mengevaluasi kepuasaan pelanggan

Baca Juga | Apa itu Target Market?

Keterampilan yang Harus Dimiliki Marketing Analtics

Ilustrasi ketarampila yang harus dimiliki seorang marketing analytics (pexels.com/Anna Nekrashevich)

Ilustrasi ketarampila yang harus dimiliki seorang marketing analytics (pexels.com/Anna Nekrashevich)

Baca Juga | 4 Teknik Membaca Ini Bisa Tingkatkan Keterampilan Membaca Kamu Lho, Pernah Coba?

Untuk keterampilan teknis, divisi ini harus menguasai perangkat lunak analisis statistik, visualisasi data, database SQL dan bahasa query database, serta software untuk survei.

Sementara itu, ada beberapa skill yang harus dimiliki:

1. Komunikasi efektif

Baca Juga | Peluang-Peluang Kerja Untuk Kamu Yang di Dalam Bidang Komunikasi!

Divisi  ini harus pintar dalam membangun komunikasi dengan konsumen saat sedang melakukan survei. Tidak hanya itu, ia juga harus pintar membangun komunikasi dengan klien, manajer, dan sesama peneliti saat sedang presentasi.

2. Pemecahan masalah analytic

Baca Juga | 4 Cara Jadi Data Scientist tanpa Pengalaman Kerja

Seorang marketing analyst harus dapat menyelesaikan masalah analitik dengan baik. Sebab, ia harus menerjemahkannya menjadi sebuah analisis yang terukur.

3. Berpikir kritis

Baca Juga | 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Bersikap Open Minded

Selain dapat memecahkan masalah analitik, divisi ini juga harus berpikir secara kritis. Berpikir kritis mengenai kepuasan dan tren konsumen diperlukan supaya dapat melakukan penggalian lebih dalam

Itu dia adalah penjelasan mengenai profesi marketing analytics beserta jobdesknya. Gimana apakah Anda berniat sebagai marketing analytic? apabila kamu ingin belajar digital marketing lebih lanjut, yuk Kunjungi Kursus Digital Marketing di Vocasia! kamu akan mendapatkan free akses materi seumur hidup, pengajar berpengalaman, serta sertifikat lho. Tunggu apalagi, buruan daftar jangan sampai ketinggalan, lagi ada diskon lho!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *