Tanggal:29 April 2024
pitching

Memahami Pitching, Pengertian dan Tips Ampuh Melakukannya

Pitching adalah salah satu strategi untuk menarik dukungan dari audiens terhadap ide-ide yang kamu sampaikan. Strategi ini sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Pitching dapat membantumu untuk mendapatkan pelanggan, partner bisnis, maupun calon investor. Selain itu, pitching juga dapat digunakan untuk membangun relasi, mendapat review dan feedback untuk kemajuan bisnismu, serta melatih soft skill-mu untuk presentasi.

Lantas, apa itu pitching? Berikut penjelasannya!

Baca Juga | Apa itu Google Ads?

Pengertian Pitching

Pitching adalah kegiatan untuk meyakinkan orang lain. Dalam dunia bisnis, pitching dilakukan untuk meyakinkan klien, calon klien, calon investor, dan juga partner bisnis. Tujuan dari pitching adalah memperkenalkan brand, produk, jasa, maupun perusahaan kepada audiens. Pitching berguna agar para audiens tahu dan paham secara jelas tentang rencana dan tujuanmu untuk mendapatkan pembelian.

Penerapan pitching adalah dengan mempresentasikan beberapa ide dan visi dari perusahaan kepada audiens. Ketika berhasil melakukannya secara efektif, kamu bisa melanjutkan dengan membujuk audiens untuk mengikuti ide-ide yang sudah disampaikan agar dapat segera terwujud.

Tips Ampuh Melakukan Pitching

Untuk melakukan pitching, kamu harus memiliki persiapan yang matang. Hal itu perlu dilakukan karena dapat mengurangi potensi kesalahan-kesalahan yang terjadi saat kamu sedang melakukan pitching. Simak tips ampuh melakukan pitching berikut ini!

1. Dalami masalah klien

Sebelum melakukan pitching, kamu perlu untuk mengenal klienmu. Kamu harus tahu apa yang mereka butuhkan. Selain itu, kamu juga harus tahu apa yang mereka inginkan dan masalah apa saja yang mereka miliki. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, kamu akan mendapatkan gambaran apa yang harus dilakukan sehingga pitching akan tepat sasaran.

Baca Juga | 4 Cara Pitching Investor Mudah, Yuk Dicoba!

2. Lakukan pendekatan dengan klien

Kamu harus melakukan pendekatan dengan klien. Posisikan dirimu dalam masalah yang serupa dengan yang dialami klien. Jangan lupa tunjukkan simpatimu. Dengan begitu mereka akan merasa dekat denganmu karena kamu memahami mereka.

3. Menyiapkan data informasi

Kamu perlu menyiapkan data untuk presentasimu. Data tersebut dapat berisi gambaran tentang presentase target yang ingin kamu capai. Gunakan data yang meyakinkan sebab ini akan berpengaruh untuk membangun kepercayaan dan keyakinan klien.

Baca juga | Prinsip Etika Bisnis Untuk Usahamu!

4. Awali dengan hal-hal yang menarik

Kamu bisa memulai presentasimu dengan hal-hal yang menarik. Contohnya seperti menampilkan statistik yang mengejutkan atau visual grafik yang menarik perhatian mereka. Kamu juga bisa menampilkan demonstrasi video pada presentasimu.

5. Sampaikan unique value dengan jelas

Kamu perlu menyampaikan unique value yang dimiliki oleh produkmu. Sampaikan secara jelas dan detail tentang keistimewaan produkmu yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Hal itu akan mengurangi potensi klien berpindah haluan ke kompetitor. Pastikan artikulasimu sudah jelas saat menyampaikan presentasi.

6. Jangan terlalu lama melakukan presentasi

Menurut PGI, kamu cukup melakukan presentasi selama 15 menit. Gunakan waktu tersebut secara maksimal dengan menampilkan poin-poin yang ingin kamu sampaikan tanpa bertele-tele. Kamu perlu ingat bahwa klienmu pasti memiliki urusan lain yang harus mereka selesaikan.

Baca Juga | 8 Cara Jitu Melakukan Pitching Klien Dengan Baik

7. Akhiri dengan Call To Action (CTA)

Setelah menyampaikan presentasi, kamu harus melakukan CTA. CTA adalah ajakan terhadap klienmu untuk mengambil tindakan selanjutnya yaitu memilih produkmu! Beri manfaat atau solusi untuk masalah-masalah yang mereka alami. Yakinkan mereka untuk memilih produk, jasa, brand, atau perusahaan yang kamu miliki.

Baca juga | 5 Jenis Iklan Google Ads – Mana yang Tepat untuk Bisnis Anda?

Itu dia beberapa tips ampuh agar pitching-mu berhasil. Terapkan tips di atas untuk menunjang keberhasilan pitching juga kemajuan bisnismu. Jangan lupa untuk mengikuti kursus-kursus seputar bisnis di Vocasia. Kamu bisa langsung klik di sini!

Baca Juga | 6 Tips Membuat Elevator Pitch Yang Baik, Dijamin Berhasil!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *