Tanggal:01 May 2024

Apa itu Deposit Lengkap dengan Jenis dan Kelebihan Memiliki Deposit

Istilah deposit mungkin sudah sangat akrab oleh kamu yang banyak berkecimpung dalam dunia akuntansi dan keuangan, bukan? Tapi apakah kamu sudah mengetahui apa itu deposit secara mendalam dan spesifik? 

Mari simak penjelasannya dan pelajari lebih lanjut di bawah ini!

Baca juga: Tips Mendapatkan First Impression yang Baik

Pengertian Deposit

Apa yang dimaksud dengan deposit. Sumber: pexels.com

Deposit atau deposito dapat diartikan sebagai bentuk menaruh sejumlah uang dalam rekening tertentu untuk mengurus sesuatu atau orang lain. Deposit adalah uang yang ditempatkan di bank atau akun keuangan lainnya yang bertujuan untuk memberikan keamanan dan kemudahan transaksi. 

Kegiatan deposit bisa terjadi ketika kamu menambahkan uang ke akun broker sehingga kamu dapat membeli saham, lalu uang simpanan yang masih menjadi milikmu secara pribadi bisa ditarik sesuai dengan ketentuan dan waktu tertentu. 

Deposit secara sederhana dapat diartikan sebagai simpanan yang pencairannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu melalui beberapa persyaratan. Karakteristik deposito dari bank di antaranya:

  1. Deposito dapat dicairkan setelah jangka waktu berakhir,
  2. Deposito yang akan jatuh tempo dapat diperpanjang secara otomatis atau automatic roll over (ARO), dan
  3. Deposito dapat berbentuk mata uang rupiah maupun mata uang asing.

Hal yang harus diperhatikan ketika kamu memutuskan untuk memiliki deposito di antaranya:

  • Pastikan kamu menerima bilyet atau surat berharga (Deposito Berjangka atau Sertifikat Deposito),
  • Saat jatuh tempo, kamu berhak dalam menerima pokok dan bunga deposito sesuai bunga yang berlaku setelah dipotong pajak,
  • Kewajiban dalam menandatangani formulir pencairan saat deposito cair, dan
  • Terus amati tingkat suku bunga deposito yang berlaku dan pastikan sesuai dengan ketentuan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). 

Baca juga: Franchise Kopi Kenangan

Jenis-jenis Akun Deposit

Jenis-jenis deposit. Sumber: pexels.com

Ada berbagai macam jenis akun deposito dengan tujuan yang berbeda. Namun, banyak yang merancang deposito dengan mengedepankan efisiensi penggunaan sehari-hari dan yang lainnya untuk penghematan jangka panjang. 

Berikut di bawah ini penjelasan berbagai jenis akun deposito.

1. Rekening Giro

Rekening giro dapat memungkinkan kamu untuk menulis cek dan menggunakan kartu debit. Penggunaan ini dilakukan untuk membayar pengeluaran dan tagihan harian yang sedikit atau tidak ada bunga. 

2. Rekening Tabungan

Rekening tabungan digunakan untuk menyimpan uang dalam keadaan darurat atau untuk tujuan tertentu yang umumnya membayar sedikit bunga.

3. Deposit on Call

Jenis akun ini menggabungkan rekening giro dan tabungan dengan penawaran kemudahan akses uang, menulis cek, dan mendapatkan bunga dari deposito. Akun giro berbunga seperti Checking Plus dan Advantage Account termasuk kedalam akun deposit panggilan.

4. Sertifikat Deposito (Certificate of deposit)

Digunakan untuk penghematan jangka panjang dengan membayar tingkat bunga tetap. Suku bunga yang dibayarkan relatif lebih tinggi daripada rekening tabungan. Kelemahannya yaitu dimungkinkan kehilangan sebagian dari bunga yang didapatkan jika perlu secara mendesak menarik dana lebih awal.

5. Rekening Pasar Uang

Rekening pasar uang seperti rekening giro dan tabungan gabungan yang menghasilkan tingkat bunga yang sedikit lebih tinggi daripada rekening tabungan. Namun, dalam akun ini mungkin memiliki sejumlah deposit minimum dan batasan jumlah transaksi yang dapat dilakukan dalam sebulan.

Baca juga: Pekerjaan IT yang Banyak Dicari

Keuntungan Deposit

Beberapa keuntungan yang didapatkan ketika kamu memutuskan untuk memiliki deposit atau deposito di antaranya:

  1. Dapat dijadikan jaminan kredit;
  2. Memperoleh hasil bunga yang secara umum lebih tinggi dari bentuk simpanan lainnya;
  3. Dapat mengelola keuangan secara lebih terencana sesuai dengan kebutuhan dan jangka waktu yang ditetapkan deposito;
  4. Menjamin lewat Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS)

Baca juga: Tipe Klien yang Harus Dihindari Freelance

Itu dia penjelasan mengenai deposit yang perlu kamu pahami. Jika kamu memutuskan untuk memiliki deposit, gali terlebih dahulu informasi untuk dipelajari lebih lanjut!

Yuk perluas pengetahuan dan wawasan yang kamu miliki dengan mengunjungi tautan berikut untuk membaca artikel menarik lainnya. Jangan lupa ikuti kami di Instagram, Twitter, Youtube, dan media sosial lainnya agar tidak ketinggalan update dan informasi terbaru yang penting untuk kamu!

Vocasia merupakan platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan berbagai kursus untuk menunjang keahlian dalam berbagai macam bidang. Dengan bergabung bersama Vocasia, tentunya kamu akan dapat berkesempatan untuk belajar bersama mentor-mentor yang memiliki banyak pengalaman dalam bidangnya!

Tunggu apalagi? Daftarkan diri hari ini juga agar kamu bisa menikmati segala penawaran khusus di Vocasia. Gabung segera untuk mengikuti kelas online dan raih berbagai kemampuan yang ingin kamu kuasai pastinya dengan harga yang terjangkau! Temukan kursus terbaru dan terkini yang cocok untuk kamu ikuti hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Apa Itu Kekerasan Berbasis Gender

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *