Tanggal:04 May 2024
user interface

Apa itu User Interface? Yuk Simak Pengertian dan Contohnya!

Buat kamu yang terbiasa berkutat dengan gawai pintar pasti sudah tidak terhindarkan lagi dengan user interface dalam mengakses software tertentu. Namun, apakah kamu benar-benar pernah mendengar istilah yang satu ini? Ya, user interface adalah sebuah tampilan visual sebuah website atau aplikasi yang biasa kamu gunakan sehari-hari, lho.

Baca Juga :

Kemudian apakah kamu pernah berpikir bahwa beberapa tampilan website yang pernah kamu kunjungi terlihat buruk sampai kamu kesulitan untuk mengoperasikannya? Itulah mengapa perancang UI (UI Designer) perlu merencanakan dan merancang bagian-bagian visual perangkat lunak secara saksama dan hati-hati karena perannya yang penting dalam eksistensi perangkat lunak di depan user.

Baca Juga :

Lantas, apa sebenarnya user interface itu? Tenang saja, artikel ini akan menyajikan pengertian dan contoh dari UI itu sendiri. Yuk, simak pemaparannya sampai akhir!

Apa itu user interface?

Source: Pexels

Dilansir dari Wikipedia.com, user interface adalah sebuah bentuk tampilan yang berhubungan langsung dengan pengguna. User interface berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi sehingga komputer dapat dioperasikan. Sementara menurut PCMag.com, user interface dapat diartikan sebagai cara seorang pengguna berinteraksi dengan komputer, tablet, smartphone maupun perangkat elektronik lainnya.

Baca Juga :

Secara teknis, user interface berguna untuk menjembatani atau menerjemahkan informasi antara user dengan sistem operasi, sehingga komputer dapat didayagunakan oleh user. Selain itu, user interface juga dapat diartikan sebagai mekanisme inter-relasi dari hardware dan software yang membentuk pengalaman menggunakan sebuah set komputer. User inferface dari sisi perangkat lunak biasanya berbentuk GUI (Graphic User Interface) dan CLI (Command Line Interface). Sedangkan dari sisi perangkat keras biasanya berbentuk ADB (Apple Desktop Bus), USB, dan Firewire.

Baca Juga :

Di sini dapat disimpulkan bahwa UI berkaitan erat dengan user experience (UX), yang mana pengalaman user menjadi penyokong penting dalam mendesain tampilan visual sebuah website atau aplikasi. Kedua hal tersebut memang berbeda, namun memiliki keterikatan pada masing-masing bagian tugas mereka. Saat ini, kita lebih berfokus pada antarmuka pengguna saja.

Baca juga:

Seberapa pentingkah user interface?

Mungkin sebagian dari kamu bertanya seberapa pentingkah implementasi dari desain UI? Pada artikel ini akan membahas beberapa poin mengenai pengaruh penting antarmuka pengguna dalam sebuah pengembangan produk UI. Simak ulasannya di bawah ini!

  • Membantu meningkatkan traffic website

Kalau kamu terjun dalam dunia bisnis digital, pasti tujuan awal kamu membuat website adalah untuk meningkatkan brand awareness kepada pengunjung internet, serta meningkatkan jumlah pengunjung (traffic) dalam website kamu.

Oleh sebab itu, UI adalah kunci utama dalam membantu tujuan tesebut. Kalau kamu membuat tampilan website yang menarik, mudah, interaktif, dan modern, secara otomatis pengguna juga akan masuk dan lebih mudah berinteraksi dengan website kamu.

Baca juga: 6 Tools Website Traffic Monitoring Terbaik di 2022

  • Memudahkan pengguna aplikasi

Setiap orang tentu menginginkan aplikasi yang mudah digunakan dengan tampilan desain yang menarik. Misalnya adalah saat kamu masuk dalam website, kamu akan melihat-lihat berbagai fitur dan konten yang tersedia di sana. Kamu juga dapat berinteraksi langsung dengan menekan button, link, dan lain sebagainya. Dalam proses interaksi tersebut, tampilan desain akan diuji. Apakah memang UI yang telah dibuat sudah memudahkan pengguna atau justru membingungkan pengguna.

Maka dari itu, sebelum pembuatan UI harus melewati berbagai proses terlebih dahulu seperti melakukan user research dan research competitor produk kamu. Sehingga produk aplikasi kamu bisa bersaing dengan kompetitor lain.

  • Mendukung terbentuknya user experience (UX) yang efektif dan optimal

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa UI dan UX adalah dua hal yang saling berhubungan erat. Pasalnya, tampilan yang bagus dan menarik bukan hanya sekadar dari segi visual yang baik saja, namun harus disertai dengan user experience yang baik pula. Aplikasi haruslah memudahkan pengguna dalam mencari apa yang dibutuhkan.

Baca Juga :

Contoh user interface

Teknologi termasuk user Interface begitu lekat dengan keseharian manusia dan bermanfaat memudahkan manusia dalam mengoperasikannya. Teknologi yang biasa dijumpai pun beragam, mulai dari yang kecil seperti smartphone maupun yang besar seperti mesin ATM. Tanpa adanya user interface yang baik, tentunya kita kesulitan menggunakan kedua hal itu.

Berikut adalah beberapa contoh user interface yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari:

1. Mouse

Source: Pexels

Kamu pasti sudah sering menjumpai bahkan menggunakan perangkat mungil ini saat menggerakan cursor. Sebelum lahirnya mouse, pengguna komputer harus menggunakan keyboard untuk menjalankan suatu program atau melakukan aktifitas tertentu di komputer.

2. Voice based search

Source: Unsplash

Di masing-masing perangkat elektronik mayoritas pasti memiliki Google Assistant seperti SIRI, Cortana, atau Google Voice Search yang dapat dengan mudah memberikan hasil apa yang kamu mau di mesin pencarian berdasarkan suara.

Seiring berjalannya waktu, user interface jenis ini mengalami perkembangan pesat. Mereka dapat mempercepat proses kompleks, memberi hasil pencarian yang relevan, dan mengenali berbagai macam bahasa yang manusia gunakan. Menakjubkan bukan?

3. ATM

Source: Pexels

Interface pada mesin ATM memudahkan penggunanya dalam hal menarik serta menyetor uang tunai mereka. User hanya perlu memasukan kartu ATM, memasukan PIN-nya, dan nantinya akan muncul opsi yang bisa user pilih sesuka hati.

Sekarang ini telah tersebar luas jenis ATM berbasis touchscreen. Pengguna menjadi jauh lebih mudah dalam melakukan transaksi uang tunai. Hal ini tentunya terobosan baru dan canggih dalam dunia user interface di bidang Perbankan

4. Microsoft office

Source: Unsplash

Microsoft Office adalah software yang dikenal konsisten dalam mengembangkan tampilan UI-nya. Dengan tampilan yang khas dan juga sama antara tiap software-nya membuat user mudah menggunakannya. Selain konsisten, tampilan UI Microsoft Office juga familiar di mata user. Tampilan layout-nya dapat dimengerti secara natural hanya dengan menggunakan perasaan dan tanpa berpikir lebih lama.

user interface

Nah, selain beberapa contoh di atas. Kamu juga bisa melihat contoh UI lainnya di website Vocasia. Sebuah website yang menyajikan kursus bersertifikat, dibimbing oleh para mentor profesional, dan tentunya sangat bermanfaat buat kamu yang ingin mengasah skill di beberapa bidang. Di sana ada banyak sekali kategori yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu, lho. Kamu bisa mengunjungi website-nya di sini.

Itu dia pengertian dari user interface beserta contohnya. Visual UI yang baik digadang-gadang sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnis kamu, lho. Dengan mempertimbangkan karakteristik user interface yang baik, website menarik impian kamu pun akan terwujud.

Kalau kamu bingung untuk mempelajarinya dari mana, tenang saja! Vocasia juga menghadirkan kursus buat kamu yang ingin membuat website dengan tampilan yang modern, dinamis, dan mempertimbangkan beberapa karakteristik user interface agar website yang akan kamu buat lebih user friendly. Tunggu apa lagi? Segera klik link ini untuk mempelajarinya lebih dalam. Semoga berhasil!

Baca juga: Tutorial Corel Website Untuk Pemula

Kursus online pelatihan membuat aplikasi android dan ios vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *