Tanggal:02 May 2024

Ikuti Cara-Cara Berikut Untuk Memblokir Situs Yang Diinginkan!

Internet merupakan salah satu inovasi yang sangat harus kita gunakan dengan sebaik mungkin. Dengan adanya internet, kita dapat belajar dan juga mencari triliunan hingga tak terhingga dalam informasi yang akan kita cari. Sekarang saja, siapa sih yang tidak menggunakan internet? Pasti hampir semua orang akan menggunakan internet untuk kegiatan sehari-harinya. 

Kegiatan-kegiatan tersebut termasuk untuk pekerjaan, hiburan, belajar, mencari informasi, jual-beli barang, hingga hal-hal yang seharusnya tidak dapat kamu akses dan ilegal hukumnya. Contohnya saja saat kamu sedang membuka suatu website. Terkadang, banyak sekali iklan yang kita tidak inginkan, hingga terbuka suatu website yang sebenarnya kita tidak ingin buka. Lalu, bisa gak sih kita tutup saja, bahkan blokir hal tersebut? Jawabannya, tentu bisa! 

Banyak sekali orang diluar sana yang ingin memblokir website atau situs yang diinginkan tetapi tidak tahu caranya bagaimana. Kali ini, kita akan membahas masalah tersebut dan memberi tahu bagaimana sih cara-caranya untuk memblokir situs yang kamu inginkan! Yuk kita simak bareng-bareng! 

1. Menggunakan Firewall Windows 

Metode pertama yang dapat kamu gunakan adalah dengan menggunakan host file, file yang sangat memungkinkan kamu untuk melihat nama komputer dan alamat website lainnya. Fungsinya? Hampir sama seperti nama kontak untuk menandai nomor handphone teman kamu. Semua trafik dari domain yang masuk ke dalam host file akan ditandai. Tujuannya agar komputer Anda mengetahui bahwa situs itu tidak boleh muncul di komputer Anda.

Berikut ini adalah tutorial memblokir website melalui host file Windows:

  • Pertama-tama, buka file explorer di taskbar Windows Anda. Kemudian ketikkan C:\Windows\System32\drivers\etc di tab search. Lalu klik Open. 
  • Selanjutnya buka file hosts menggunakan Notepad atau aplikasi text editor lainnya. 
  • Anda akan menemukan skrip di Notepad. Dalam skrip tersebut, silakan klik Enter untuk membuat baris baru. Kemudian ketikkan IP 127.0.0.1  dan alamat website yang ingin Anda blokir. Misalnya 127.0.0.1 www.facebook.com. 
  • Setelah itu klik Save. Untuk memblokir lebih banyak situs, silakan klik Enter untuk buat baris baru. Kemudian ketikkan 127.0.0.1 beserta alamat website yang ingin Anda blokir. 

2. Menggunakan Firewall Mac 

Nah kalau sebelumnya menggunakan firewall di Windows, sekarang adalah caranya untuk kamu yang menggunakan Mac. Berikut cara-caranya! 

  • Silakan klik F4 dan ketik “terminal” untuk menemukan dan meluncurkan terminal Anda.
  • Setelah itu, ketik sudo nano/private/etc/hosts dan masukkan password Mac Anda.
  • Klik Enter untuk membuat baris baru. Kemudian ketik 127.0.0.1 Lalu klik Tab. Setelah itu ketikkan alamat situs yang ingin Anda blokir, misalnya www.facebook.com. 
  • Jika ingin memblokir lebih banyak situs, silakan klik Enter untuk buat baris baru. Kemudian ketikkan 127.0.0.1 beserta alamat website yang ingin Anda blokir. Setelah itu klik Save.  

3. Menggunakan Parental Control Windows 

Metode yang dapat kamu gunakan selanjutnya ini juga terdapat di Windows dan Mac. Selain menggunakan host file, Anda juga bisa menggunakan fitur parental control bawaan untuk membantu Anda memblokir situs atau website di komputer Anda. Caranya? Gampang kok! Kamu tinggal mengklik tombol tab search, lalu add family members dan mulai dari tahap itu, kamu sudah tinggal ikuti saja petunjuknya ya!

4. Menggunakan Parental Control Mac 

Nah buat kamu yang menggunakan Mac, tenang aja ya! Karena tidak hanya di windows aja kok untuk menggunakan fitur parental control. Cukup kamu pergi ke pengaturan di Mac-mu, lalu pergi ke bagian parental control, langsung deh kamu bisa mulai mengatur!

5. Menggunakan Software 

Anda juga bisa memblokir website secara sementara dengan batas waktu yang Anda tentukan sendiri lho. Selain itu, Anda juga bisa melacak lama akses ke website tertentu dan mengetahui website apa saja yang menyita waktu Anda. Semua itu bisa Anda lakukan dengan menggunakan software pemblokir situs yang memiliki fitur pembatasan waktu. Ada banyak software yang bisa Anda gunakan.

6. Menggunakan Browser Extension 

Browser extension merupakan salah satu cara memblokir situs yang memiliki banyak kelebihan. Sebab browser extension bisa diinstall dengan sekali klik, memiliki memori yang kecil, dan bisa memblokir situs secara permanen. 

Nah kamu sudah tahu nih beberapa cara-cara untuk memblokir situs, jangan lupa diingat dan diterapkan ya! Selamat mencoba!

Referensi: NiagaHoster.Blog

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *