Tanggal:17 May 2024

Menerangkan Waktu dengan AM dan PM, Apa Perbedaannya?

Penggunaan AM dan PM untuk menerangkan waktu pasti sudah tidak asing bagi kamu. Pasalnya penggunaan keduanya sering tampak dalam kehidupanmu sehari-hari. Misalnya ketika kamu membuka ponsel pintar, membaca jam beker, maupun saat ada yang menayakan jam.

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Menurut sejarah yang beredar di Inggris, sejak abad ke-17 istilah AM dan PM mulai digunakan dan saling berkaitan satu sama lain. Berawal dari masyarakat di sana yang terbiasa menggunakan jam analog dan hanya memunculkan waktu 12 jam. Oleh karena itu, ini mengakibatkan adanya pembagian waktu 24 jam menjadi dua bagian, yaitu AM (before midday) atau sebelum tengah hari dan PM (after midday) atau setelah tengah hari.

Walaupun penggunaannya tidak asing, masih banyak diantara kamu yang masih kebingungan menerangkan waktu dengan AM dan PM. Yuk simak bersama penjelasan artikel ini!

Baca Juga: Jenis fashion style

Penjelasan Lengkap AM dan PM

Penjelasan AM dan PM. Sumber: unplash.com

Sejarah AM dan PM

Istilah AM dan PM berasal dari Bahasa Latin di Mesir yang memiliki singkatan Ante Meridiem untuk AM dan Post Meridiem untuk PM. Fakta menarik terdapat pada tahun penggunaan yang berbeda antara keduanya, istilah PM sudah digunakan sejak awal tahun 1640-an, sedangkan AM baru mulai digunakan setelah tahun 1760-an.

Penduduk Mesir Kuno telah lebih dulu menggunakan sistem pembagian dua waktu sejak tahun 1500 SM. Selain itu, penyebarannya tidak berlangsung hanya di Inggris, tetapi pada beberapa negara terkenal seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, Australia, Filipina, dan India masih menggunakan tersebut. Meskipun penyebarannya ini begitu melesat sampai ke beberapa negara, penggunaan waktu 24 jam tetap lebih umum digunakan banyak negara di dunia.

Perbedaan AM dan PM

Adanya AM dan PM digunakan sebagai format waktu 12 jam yang dibagi dari waktu satu hari penuh atau 24 jam sehari. Waktu bagian dalam 12 jam pertama yaitu  waktu dari tengah malam hingga siang disebut dengan AM. Sementara pada waktu periode kedua yang dimulai dari 12 jam dari siang hingga tengah malam disebut sebagai PM

Baca Juga: Skill yang harus dimiliki oleh sekretaris

Contoh Kalimat dan Cara Penggunaan AM dan PM

Contoh penggunaan AM dan PM. Sumber: unplash.com

Setelah memahami perbedaan AM dan PM dalam perbedaan waktu keduanya, kamu perlu mengetahui cara penggunaanya secara tepat. Berikut adalah contoh penggunaan waktu dalam bahasa Inggris yang diilustrasikan dalam kalimat percakapan.

  • AM (Before Midday)

Sinta: “Hey, Abdul! Could you please tell me what time is by your watch? Because I forgot to bring my phone and wear my watch.”

Abdul: “Oh sure, Sinta. It is 07:50 AM”

  • PM (After Midday)

Sinta: “Hey! Could you please tell me what time is by your watch? my watch has broken.”

Abdul: “Oh sure, Sinta. It is 5 PM”

Perlu diketahui bahwa penutur asli bahasa Inggris biasanya tidak menggunakan AM dan PM saat menjelaskan waktu yang bertepatan dengan jam 12:00 siang maupun malam.

Istilah yang diucapkan cenderung menggunaan “noon/midday” setelah keterangan jam untuk siang. Sementara untuk penggunaan jam malam digunakan istilah “at night/midnight”. Adapun contoh kalimatnya sebagai berikut.

  • Gramedia store is open at 12 noon. (Toko Gramedia buka pukul 12 siang.)
  • Jessica told me that she would come to my house at 12 midnight. (Jessica menjelaskan kepada sata bahwa dia akan datang ke rumah saya pukul 12 malam)

Selain berbagai istilah di atas, dalam Bahasa Inggris kamu juga bisa menjelaskannya dengan menggunakan “o’clock” atau “sharp” yang diikuti oleh jam tertentu.

Hanya saja, penggunaan tersebut tidak terlalu spesifik untuk menjelaskan pukul 12 siang atau malam seperti pada penggunaan AM dan PM. Jadi, kamu tim yang mana?

Baca Juga: Ikuti cara-cara ini untuk mendapatkan gaji besar

Selain mengetahui contoh penggunaan AM dan PM yang diilustrasikan melalui percakapan singkat, kamu juga perlu tahu cara penulisan istilah ini dengan baik dan benar. Bagaimana, sih? Berikut opsi dapat kamu pilih.

  • 8PM (Penulisan kapital tanpa tanda baca titik (.) dan spasi)
  • 9 PM (Penulisan kapital dengan spasi, tetapi tanpa tanda baca titik (.))
  • 9 am (Penulisan huruf kecil dengan spasi tanpa tanda baca titik (.))
  • 9.00 a.m. (Penulisan huruf kecil disertai tanda baca titik (.) dengan spasi)
  • 9:15 P.M. / 9.15 P.M (Penulisan huruf kapital dengan spasi disertai tanda baca titik (.))

Selain itu, hindari penulisan AM dan PM seperti berikut.

  • 9:00a.m. (Penulisan huruf kecil dengan tanda baca titik (.) dan tanpa spasi)

Baca Juga: Cara menjadi Pramugari Pesawat Terbang

Itu dia penjelasan mengenai penggunaan waktu dengan AM dan PM. Perbedaannya cukup mudah karena merupakan pembagian atas 12 jam dari satu hari penuh selama 24 jam. AM digunakan dari jam 12 pagi hingga 12 siang, sementara PM digunakan dari jam 12 siang sampai 12 malam kembali. 

Klik tautan berikut jika kamu ingin membaca artikel menarik lainnya yang penuh dengan pengetahuan dan wawasan! Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC kamu bisa mendapatkan pelatihan khusus dengan klik tautan berikut. Vocasia merupakan platform online yang menyediakan berbagai kursus online bersertifikat dan akan membantu kamu dalam mengukur seberapa jauh penguasaan kemampuan dalam berbahasa Inggris. 

Yuk segera ikuti berbagai pelatihannya dan jangan lewatkan kesempatan khusus untuk mendapatkan potongan harga dan penawaran lainnya!

Revisit by Ainina Nurarifa

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *