Tanggal:29 April 2024
profesi manajemen proyek

11 Prospek Kerja Teknik Industri

Mahasiswa lulusan program studi teknik industri memiliki prospek kerja yang sangat luas kedepannya. Ada banyak bidang industri yang bisa kamu masuki jika kamu seorang lulusan teknik industri misalnya saja seperti industri pertambanganm periklanan, perbankan, kesehatan, otomotif hingga perikanan. Untuk perkiraan gaji yang akan diterima dari perusahaan juga bisa dikategorikan cukup tinggi, berkisar antara belasan hingga puluhan juta setiap bulannya.

Buat kamu yang merupakan seorang mahasiswa teknik industri, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan memberi tahumu prospek kerja apa saja yang bisa digeluti ketika kamu sudah lulus nanti

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel Vocasia di bawah ini sampai tuntas!

Jadi apa saja profesi tersebut? ini dia daftarnya:

1. Product analyst

Sebagai lulusan teknik industri, kamu akan berpeluang menjadi seorang product analyst. Profesi ini bertugas untuk menganalisa produksi produk suatu perusahaan, mengontrol kualitas produk, memaksimalkan performa setiap alat produksi dan memelihara setiap alat produksi, dan menilai kualitas produksi. Setelah kamu menyelesaikan tugas tersebut kamu akan membuat laporan yang nantinya digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses produksi di suatu perusahaan.

2. Analis manajemen proyek

Profesi ini bertanggung jawab untuk menganalisa efisiensi proses produksi di suatu perusahaan ketika memproduksi suatu perusahaan.

3. Manajer engineering

Profesi yang cocok dengan lulusan teknik industri yang kedua yaitu profesi manajer engineering. Profesi ini bertugas untuk menyusun rencana kerja sekaligus menyusun sumber daya yang dibutuhkan perusahaan dalam proses produksi.

4. Manajemen proyek

profesi manajemen proyek

Female mechanic analysing the report

Profesi ini memiliki tanggung jawab yang serupa dengan profesi manajer engineering. Namun kamu akan memiliki ruang lingkup tanggung jawab yang lebih luas.

5. Sales engineer

Seorang sales engineer yang baik dibentuk dengan skill bisnis dan ilmu teknik industri. Kedua skill tersebut akan membuat kamu bisa meguasai product knowledge dan menguasai produk secara lebih detail. Skill porduct knowledge akan memungkinkan kamu untuk menjelaskan kualitas dan keguanaan dari setiap produk yang perusahaan kamu produksi.

6. Cost control engineer

Profesi ini bertugas untuk memperkirakan biaya, tenaga, dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu proses produksi.

7. Quality control engineer

Profesi ini bertanggung jawab lebih saat proses produksi sudah mencapai tahap akhir. Quality control engineer bertanggung jawab untuk memastikan semua produk sudah memenuhi standar yang telah ditentukan oleh pihak perusahaan dan siap didistribusikan atau dikonsumsi pada konsumen.

8. Spesialis logistik

profesi spesialis logistik

profesi spesialis logistik – @rawpixel.com

Yang selanjutnya yaitu berprofesi sebagai seorang spesialis logistik. Profesi ini bertugas untuk mencermati dan mengontrol proses rantai pasokan produksi perusahaan. Proses rantai pasok di sini adalah proses dari bahan baku yang diterima perusahaan sampai siap didistribusikan kepada konsumen di suatu wilayah tertentu.

9. Konsultan

profesi konsultan perusahaan

profesi konsultan perusahaan – @rawpixel.com

Konsultan adalah profesi yang membutuhkan pola pikir yang sistematik dan integratif, maka dari itu seorang lulusan teknik industri akan cocok menjadi seorang konsultan karena kamu akan sangat mengerti bagaimana berpikir secara sistematis dan integratif. Pada kenyataan, saat ini sudah banyak lulusan teknik industri yang menjadi seorang konsultan diperusahaan besar.

10. Health and Safety Environment Engineer

Berprofesi sebagai seorang health and safety environment engineer akan memiliki tanggung jawab untuk selalu menganalisa proseduk kerja di perusahaan. Hal ini bertujuan untuk menganalisa bagaiman proses produksi bisa tidak merusak kesehatan dan keselamatan kerja dari setiap karyawan.

11. Pengusaha

menjadi pengusaha

menjadi pengusaha – @rawpixel.com

Seorang lulusan teknik industri juga sangat berpotensi menjadi seorang entrepeneur yang handal. Memang menjadi seorang entrepeneur tidaklah mudah namun seorang teknik industri yang bermodalkan skill merancang dan mengatur suatu industri sangat layak untuk mencoba menjadi seorang pebisnis.

Demikian 11 prospek kerja teknik industri. Semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Sukses Membangun Kesan - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *