Tanggal:25 April 2024

Perbedaan Efektif Dan Efisien Yang Kamu Wajib Tahu!

Dalam berbagai aspek kehidupan kita, baik itu kehidupan pribadi ataupun profesional, dua kata sering kali muncul “efektif dan efisien”. Namun, tahukah sobat bahwa keduanya memiliki perbedaan yang penting? Banyak orang yang mengira bahwa keduanya memiliki makna serupa, padahal jika ditelusuri lebih dalam efektif dan efisien memiliki makna yang berbeda. Dalam artikel ini, Minvo akan membantu sobat memahami perbedaan antara efektif dan efisien dan mengapa sobat perlu memahaminya.

Pengertian Efektif

Menurut KBBI, efektif memiliki arti dapat membawa hasil. Dalam konteks ini efektif merujuk pada kemampuan seseorang dalam mencapai hasil yang diinginkan atau tujuan yang telah ditentukan.

Menurut Sondang P. Siagan (2001:24), efektif adalah pemanfaatan sumber daya, sarana, dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah barang atau jasa kegiatan  yang dijalankannya.

Baca Juga: Kelas Bisnis Di Vocasia, Bantu Kembangkan Usahamu!

Dapat disimpulkan bahwa efektif merujuk pada kemampuan seseorang untuk mencapai hasil yang diinginkan atau tujuan yang telah ditetapkan. Efektivitas juga mencakup pemanfaatan sumber daya, sarana, dan prasarana dengan baik sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya.

Pengertian Efesien

Efisien adalah suatu usaha untuk mencapai tujuan yang maksimal dengan meminimalisir pengeluaran sumber daya. Yang berarti efisien dapat dikatakan sebagai usaha melakukan sesuatu dengan cara yang paling hemat, menghemat waktu, menghemat energy atau sumber daya lainnya. Jika efektif berfokus pada melakukan hal yang benar, efisien berfokus pada melakukannya dengan cara yang paling baik.

Namun, perlu sobat ketahui bahwa terlalu efisien tanpa memperhatikan efektivitas bisa menjadi masalah. Sobat dapat menghabiskan waktu untuk melakukan sesuatu dengan sangat efisien, tetapi jika itu tidak mengarah pada hasil yang diinginkan, bisa saja sia-sia. Oleh karena itu, efisien dan efektif harus selalu berjalan seiring.

Perbedaan Efektif dan Efisien

1. Fokus Utama

Perbedaan yang paling mencolok pada antara efektif dan efisien terletak pada fokus utamanya. Efektif berfokus pada mencapai hasil atau tujuan yang diinginkan. Jika efisien berfokus pada penggunaan sumber daya yang paling hemat dan optimal.

Baca Juga: 10 Cara Menjawab “Kontribusi Apa Yang Bisa Anda Berikan Untuk Perusahaan?”

2. Pertanyaan yang Diajukan

Selanjutnya perbedaan antara efektif dan efisien terletak pada pertanyaan yang sering diajukan. Ketika kita berbicara tentang efektif, kita akan membicarakan tentang apa yang harus dilakukan. Ini berarti memprioritaskan tugas atau tindakan yang benar-benar penting untuk mencapai hasil yang diharapkan. Sedangkan efisien berkaitan dengan bagaimana melakukan sesuatu dengan cara yang paling hemat, dari segi waktu, energi, atau sumber daya.

3. Hasil Vs Sumber Daya

Efektivitas berfokus pada hasil yang dicapai. Dalam hal ini, yang penting adalah mencapai tujuan atau menghasilkan hasil yang diinginkan. Sedangkan efisien berfokus pada penggunaan sumber daya yang ada dengan cara paling hemat dan optimal.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Efisiensi Karyawan, Bekerja Maksimal Tapi Tetap Ringan!

4. Pertimbangan Pemborosan

Efektif tidak dikatakan pemborosan jika tindakan atau usaha mencapai hasil yang diharapkan. Berbanding terbalik dengan efisien, efisien akan menilai dan mengurangi pemborosan sumber daya seperti waktu, energi, atau biaya untuk mencapai tujuan yang lebih optimal.

5. Pengukuran

Perbedaan selanjutnya terletak pada pengukuran keberhasilan. Tingkat keberhasilan efektif dapat diukur berdasarkan pencapaian tujuan atau hasil yang diharapkan sedangkan efisien diukur berdasarkan penggunaan sumber daya yang efektif dan optimal.

6. Keterkaitan

Terakhir, efektivitas berkaitan dengan mencapai hasil yang diinginkan. Oleh karena itu, efektivitas menjadi prasyarat untuk mencapai kesuksesan. Sedangkan efisiensi  berkaitan dengan cara untuk mencapai hasil yang diinginkan. Yang di mana efisiensi meningkatkan produktivitas secara dan kinerja secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menggunakan Trello Untuk Manajemen Pekerjaan Yang Lebih Efisien

Contoh Efektif dan Efisien

Contoh Efektif

  • Mahasiswa

Seorang mahasiswa memiliki banyak tugas dan proyek yang harus diselesaikan dalam satu semester dan ingin mendapatkan IPK yang bagus. Bagi mahasiswa yang efektif, mereka akan menentukan mata kuliah yang paling relevan  dengan jurusannya mereka dan fokus pada tugas-tugas yang memiliki dampak terbesar pada penilaian akademis mereka. Mereka juga akan merencanakan waktu belajar dengan bijak, memprioritaskan materi yang paling sulit dan mencari cara untuk memahami konsep dengan baik. Dengan demikian, mereka mencapai hasil yang baik dalam studi mereka.

  • Penulis Artikel

Seorang penulis artikel berusaha untuk membuat artikel yang menarik dan informatif. Penulis harus menentukan topik yang akan disampaikan dalam artikel mereka agar efektif. Ini termasuk menemukan topik yang relevan dan membuat pesan yang jelas. Agar pesan mereka dapat diterima dengan baik oleh pembaca, penulis akan berkonsentrasi pada menyampaikan informasi dengan cara yang paling efektif dan persuasif.

Baca Juga: Sales Advisor: Tugas, Kualifikasi, Skill, Gaji Dan Tipsnya

Contoh Efisien

  • Manajemen Waktu 

Efisiensi dapat digunakan dalam manajemen waktu. Misalnya, jika sobat memiliki banyak tugas yang harus dikerjakan dalam satu hari. Sobat dapat menggunakan teknik podomoro. Yang dimana teknik ini membuat sobat bekerja dalam jangka waktu singkat yang terfokus  dan diikuti dengan istirahat yang singkat. Ini membantu produktivitas sobat dan memaksimalkan penggunaan waktu.

  • Transportasi Umum 

Contoh selanjutnya dari “efisien” yaitu transportasi umum. Transportasi umum membuat perjalanan lebih nyaman dan efisien bagi banyak orang. Misalnya kereta api atau bus yang dapat mengangkut penumpang banyak dalam waktu singkat. Hal ini dapat mengurangi kemacetan, dapat mengurangi polusi dan dapat menghemat bahan bakar. Ini adalah contoh bagaimana efisiensi dalam transportasi dapat memberikan manfaat sosial dan lingkungan.

Cara bekerja efektif dan efesien

1. Rencanakan dengan Cermat

Sebelum sobat mulai bekerja, Luangkan waktu sebentar untuk merencanakan apa yang harus sobat lakukan. Gunakan skala prioritas dalam merencanakannya agar dapat membantu sobat tetap fokus pada hal-hal penting.

2. Gunakan Tools-Tools yang dapat membantu Pekerjaan

Sobat dapat menggunakan alat bantu untuk meringankan beban pekerjaan saudara agar pekerjaan lebih efektif dan efisien. Jika sobat seorang digital marketer sobat dapat menggunakan alat bantu seperti ChatGPT, Copy.ai, Ahref, dan sebagainya untuk membantu sobat dalam menyelesaikan tugas-tugas sebagai digital marketer.

3. Kendalikan Gangguan

Pada saat mengerjakan tugas penting, matikan pemberitahuan pada perangkat sobat karena dapat menganggu saat bekerja. Sobat dapat menyisihkan waktu khusus untuk memeriksa email atau sosial media sehingga tidak terus menerus terganggu.

3. Kembangkan Keterampilan dengan mengikuti kursus di Vocasia

Sobat dapat mengikuti berbagai macam kursus di Vocasia untuk meningkatkan keterampilan tertentu yang diperlukan didalam pekerjaan. Hal ini sangat diperlukan karena dapat membantu sobat agar lebih efektif dan efisien dalam mengerjakan tugas.

Baca Juga: Tenaga Kerja Terlatih: Pengertian, Jenis, Contoh Dan Kelebihannya

4. Evaluasi dan Perbaiki Terus-menerus

Sobat harus selalu evaluasi cara sobat bekerja. Pertimbangkan apakah ada cara untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Beradaptasi dengan perubahan dan terus mencari cara untuk bekerja lebih baik.

5. Jaga Keseimbangan

Terlalu fokus dalam bekerja dapat menguras energi dan kreativitas. Sobat dapat menyisihkan waktu untuk istirahat, olahraga, atau liburan untuk menjaga keseimbangan yang sehat.

Bagaimana, apakah sekarang sobat sudah paham perbedaan antara efektif dan efisien? Jangan sampai salah pengertian lagi ya terhadap dua istilah tersebut, karena pada dasarnya efektif dan efisien saling berkaitan satu sama lain. Ini ditunjukkan supaya individu atau perusahaan dapat mencapai target sesuai dengan rencana.

Kamu masih kesulitan mengoperasikan Excel? Pengen menguasai atau belajar Excel dengan cepat & mudah? Tenang, Vocasia punya solusinya, lho! Dengan bergabung dalam kursus “Basic Excel Training For Professional Employees & Recuitment Selection Candidates” kamu akan dibimbing untuk mempelajari Excel dari dasar, yang sering digunakan karyawan professional dalam dunia kerja. Daftarkan dirimu sekarang juga, Klik Tombol di bawah ini sekarang!

sukses wawancara - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *