Tanggal:23 July 2024
Profesi desainer busana

8 Jenis Pekerjaan yang Tidak akan Hilang pada Revolusi Industri 4.0

Di masa revolusi industri 4.0 ini banyak sekali pekerjaan yang sudah mulai ditinggalkan. Puluhan hingga ratusan jenis pekerjaan mulai digantikan dengan adanya teknologi. Dengan begitu banyak orang yang mengalami masa krisis dalam mencari sumber penghasilan. Tetapi di balik ini semua, perlu diingat bahwa ada beberapa pekerjaan yang sepertinya mustahil bisa digantikan.

Berdasarkan laporan dari World Economic Forum 2016, setidaknya ada 8 jenis pekerjaan yang tidak akan hilang pada revolusi industri 4.0

1. Jasa terapis

Tenaga terapis

Tenaga terapis – @rawpixel.com

Di jaman media sosial seperti sekarang ini, semakin banyak orang yang sangat memerhatikan penampilan. Hal ini menyebabkan bisnis salon semakin banyak, maka dari itu tenaga kerja yang bekerja di salon sangat dibutuhkan misalnya saja seperti penata rambut, perawaran wajah, pijak dan masih banyak lainnya.

2. Operator

Pekerjaan yang tidak akan digantikan pada era revolusi industri 4.0 selanjutnya yaitu operator. Profesi ini bertanggung jawab terhadap kinerja dan pemanfaatan mesin. Secanggihnya mesin yang digunakan tetap dibutuhkan peran manusia di dalamnya dengan catatan bahwa kamu bisa selalu mengikuti perkembangan teknologi.

3. Tenaga medis

Profesi tenaga medis

Profesi tenaga medis – @rawpixel.con

Tidak bisa dipungkiri bahwa tenaga medis merupakan salah satu profesi yang masih sangat sulit untuk bisa digantikan oleh mesin atau robot. Maka dari itu pekerjaan ini tidak akan hilang di era industri sekarang. Tindakan medis masih sangat bergantung pada tenaga manusia. Ditambah lagi saat ini orang sudah mulai memperhatikan kesehatan mental.

4. Ahli gizi

Profesi ahli gizi

Profesi ahli gizi – @rawpixel.com

Di jaman sekarang banyak sekali makanan yang beragam. Profesi ini merupakan salah satu profesi yang memiliki tanggung jawab di bidang gizi. Ahli gizi sangat dibutuhkan saat ini mengingat banyak orang yang memiliki pola hidup dan pola makan yang berbeda-beda.

5. Perhotelan

Pariwisata akan terus berkembang khusunya di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata. Bisa kita lihat juga banyak perusahaan digital yang bergerak dibidang perhotelan dan AirbnB.

Hal ini tentu saja membuat kebutuhan akan pekerja hotel terus meningkat setiap tahunnya.

6. Pemandu wisata

Masih berkaitan seputar sektor pariwisata, profesi pemandu wisata membuat para wisatawan merasa lebih aman dan nyaman, Wisatawan saat ini masih jauh merasa lebih senag dipandu oleh seorang manusia dibandingkan teknologi atau robot.

7. Desainer tempat

Profesi desainer set

Profesi desainer set – @rawpixel.com

Profesi ini bertanggung jawab atas penampilan visual suatu set tempat seperti pameran, acara televisi, teaterisasi dan perfilman. Di tengah revolusi industri 4.0 profesi ini masih tetap menjadi langganan.

8. Desainer busana

Profesi desainer busana

Profesi desainer busana – @rawpixel.com

Berkaitan dengan poin pertama di mana orang saat ini semakin peduli dengan penampilan fisik maupun busana, Maka dari itu profesi ini masih menjadi langganan masyarakat untuk mempercantik penampilan dalam berpakaian.

Demikian 8 jenis pekerjaan yang tidak akan hilang pada revolusi industri 4.0. Semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Mahir Excel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *