Tanggal:02 May 2024

Apa itu Jaringan Komputer? Kenali Jenis dan Manfaatnya!

Apa yang kamu ketahui tentang jaringan komputer? Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih perangkat komputer yang saling terhubung. Dalam dunia IT istilah ini tentu sudah sangat lekat. Perangkat komputer yang ada saling terkoneksi dalam melakukan setiap tugasnya. Tentu hal ini sangat mempermudah pekerjaan manusia. Perangkat komputer dapat bekerja lebih optimal dan efektif. Sumber daya manusia hanya perlu melakukan kontrol pada setiap kinerjanya.

Beberapa komputer yang saling terhubung akan menciptakan kekuatan jaringan yang mumpuni. Perangkat yang saling terkoneksi dapat menjalankan tugasnya secara lebih efisien. Jaringan komputer adalah sistem yang saling terkoneksi dalam membentuk sebuah jaringan baru. Dengan sendirinya antar perangkat akan berkomunikasi mengerjakan setiap fungsinya. Namun, apakah kamu tahu apa saja manfaat adanya jaringan komputer? Yuk, simak penjelasan manfaat jaringan komputer berikut!

Baca Juga | Apa Itu Big Data Analytics? Yuk Simak

Manfaat Jaringan Komputer :

1. Manajemen sumber daya lebih efisien

Perangkat komputer tercipta tentu sangat berguna menunjang pekerjaan kamu. Kamu tidak perlu melakukan berbagai hal secara tradisional. Seperti halnya membagikan data, membuat program, dan mencari berbagai informasi dapat dilakukan melalui komputer. Jaringan komputer yang ada juga sangat mempermudah pekerjaan kamu. Kamu dapat melakukan berbagai aktivitas secara lebih efisien. Tidak perlu menggunakan jumlah sumber daya berlebihan seperti tenaga kerja. Cukup manfaatkan jaringan komputer secara maksimal.

Baca juga | Cara Merawat Laptop: Awet, Tidak Lelet, Dan Tidak Cepat Rusak

2. Mempercepat proses berbagi data

Kamu tidak perlu melakukan proses berbagi data secara manual. Terlebih hal itu akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Kamu hanya perlu memaksimalkan penggunaan jaringan komputer. Perangkat komputer yang kamu miliki dapat bekerja lebih cepat dalam proses data sharing. Kamu cukup menjalankan setting berbagi data sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Dan proses berbagi data dapat kamu lakukan langsung ke beberapa individu. Sungguh sangat efektif!

Baca Juga | Pengertian Dan Kegunaan Data Analytics

3. Media komunikasi yang efektif

Di era serba digital seperti saat ini, jaringan komputer tentu sangat bermanfaat. Dengan adanya jaringan komputer, kamu dapat berbagi pesan dengan mudah dan cepat. Pesan yang kamu sampaikan dapat lebih cepat diterima pengguna lain. Jaringan komputer yang saling terhubung akan mempercepat penerimaan pesan juga, loh. Perangkat komputer terkoneksi dengan cepat dan komunikasi dapat terjalin secara efektif. Kamu menjadi semakin mudah berkomunikasi dengan berbagai pihak luar tentunya.

Baca Juga | Cara Mudah Memposting Di WordPress

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan :

1. LAN (Local Area Network)

Jenis jaringan ini memiliki cakupan wilayah yang kecil. Jaringan komputer hanya mampu beroperasi di sekitar kawasan tertentu. Seperti halnya kawasan kampus, gedung, kantor, rumah, dan juga sekolah. Jaringan LAN memang memiliki cakupan wilayah yang paling kecil dibanding jaringan yang lain. Kinerja jaringan ini hanya mampu menjangkau beberapa kawasan kecil saja.

Baca Juga | Apa Itu Jaringan Komputer? Kenali Jenis Dan Manfaatnya!

2. MAN (Mentropolitan Area Network)

Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangkauan jaringan ini sedikit lebih luas dari jenis sebelumnya. MAN mampu membangun jaringan antar kantor dalam satu kota. Kemudian menjangkau jaringan antara pabrik atau instansi dengan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya. Jaringan komputer yang satu ini bermanfaat dalam menjangkau beberapa tempat sekaligus.

Baca Juga | Mengenal Internet of Things dan Contoh Penerapannya!

3. WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar. Jenis jaringan ini mampu menjangkau jaringan antar wilayah, kota, bahkan negara. Jaringan WAN banyak digunakan untuk jaringan komunikasi publik di berbagai tempat. Hal ini karena jangkauan jaringannya yang sangat luas. 

Nah, itulah penjelasan mengenai jaringan komputer. Kamu dapat mempelajari manfaat dan juga jenis jaringannya, ya. Tentunya hal itu dapat memperkaya ilmu pengetahuan kamu di dunia IT. Berbagai jaringan yang ada dapat semakin mempermudah kinerja kamu pastinya. Semuanya dapat saling terhubung satu sama lain. Dan tidak ada jarak yang berarti antar individu. Sungguh menakjubkan dan bermanfaat!

Baca Juga | Memasang SSL Di Server Anda, Menggunakan CPanel, Yuk Coba!

Kursus MySQL dan Kursus PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *