Tanggal:25 May 2024

Yuk Ketahui Perbedaan Software dan Hardware

Sering kali orang awam tidak terlalu paham apa perbedaan dari software dan hardware, padahal keduanya sangat mudah dibedakan, lho! Untuk lebih jelasnya, Vocasia sudah merangkum perbedaan software dan hardware untuk Anda. Berikut rangkuman yang sudah Vocasia buat.

Hardware

Sebenarnya, untuk mengetahui perbedaannya sangat mudah karena Anda hanya perlu menerjemahkan arti hardware dan software tersebut ke dalam bahasa Indonesia. Hardware berarti perangkat keras yang mengacu pada komponen fisik komputer dan bisa disentuh langsung pakai tangan. Sedangkan software adalah perangkat lunak yang mengcau pada serangkaian instruksi yang diberikan kepada komputer untuk menyelesaikan tugas tertentu.

Hardware atau perangkat keras adalah perangkat fisik apapun yang digunakan di dalam komputer atau mesin. Dengan demikian, hardware ini mengacu pada komponen fisik yang ada di komputer atau bagian dari komputer yang bisa disentuh. Hardware sendiri terdiri dari perangkat elektronik yang digunakan untuk mengembangkan komputer. Dan hardware terdiri dari beberapa bagian mulai dari input device atau perangkat input dan output device atau perangkat output.

Baca juga | Hardware: Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Contohnya

Termasuk juga secondary storage devices atau perangkat penyimpanan sekunder serta internal components atau komponen internal, berikut penjelasannya:

  • Input device atau perangkat input adalah komponen yang berfungsi untuk mengirim data ke komputer. Contoh paling sederhana adalah keyboard yang memungkinkan anda memasukkan kata-kata ke dalam teks dalam bilah pencarian di Google Chrome atau mungkin bisa digunakan untuk mengetik di Ms Office Word
  • Perangkat output adalah perangkat pariferal yang menerima data dari komputer seperti yang terlihat pada layar komputer. Dimana, monitor adalah Visual Display Unit [VDU] yang menampilkan data atau visual dari komputer atau printer yang membantu anda mencetak teks ke dalam kertas fisik
  • Perangkat penyimpanan sekunder adalah perangkat yang menyimpan data sampai data dihapus dan diganti dengan yang lebih baru. Artinya, perangkat ini menyimpan data secara permanen karena itu, ia biasanya disebut sebagai memori nonvolatile. Contoh paling sederhana dari ini adalah Hard Disk, CD, DVD, Floppy Disk, Solid State Drive dan lain sebagainya
  • Komponen internal adalah elemen yang terhubung langsung dengan fungsi utama komputer seperti CPU, RAM, ROM dan motherboard. Untuk contoh saja, CPU yang berfungsi sebagai unit eksekusi utama komputer, yang terbagi dalam dua bagian yakni unit arimatika dan logika [ALU] dan unit kontrol [CU]. ALU bertindak untuk melakukan perhitungan matematis dan operasi logika dan CU membawa sinyal kontrol untuk mengoperasikan komponen lain

Lantas, apa saja contoh hardware atau perangkat keras pada komputer? Ada banyak mulai dari Processor, Memori, monitor, printer, keyboard, mouse dan centra processing unit atau CPU dan lain sebagainya.

Baca Juga | Seberapa Pentingkah Fungsi RAM Pada Kinerja PC Maupun Laptop

Software

Software atau perangkat lunak adalah kumpulan kode atau script yang diinstal ke hard drive komputer atau peralatan elektronis lain.

Dengan demikian, software ini adalah kumpulan instruksi, prosedur dan dokumentasi yang memungkinkan komputer melakukan tugas yang berbeda pada sistemnya. Maka itu, banyak orang yang bilang kalau software ini adalah kode pemrograman yang nantinya dieksekusi prosesor komputer. Saat ini, ada dua jenis perangkat lunak yakni system software atau perangkat lunak sistem dan application software atau perangkat lunak aplikasi, berikut penjelasannya:

Baca Juga | Apa Itu Software? Yuk Kenali Lengkap Beserta Fungsinya

  • Perangkat lunak sistem memungkinkan pengoperasian, pengendalian dan perluasan kemampuan pemrosesan komputer. Perangkat jenis ini perannya sangat sentral karena bisa menjalankan perangkat keras dan perangkat lunak aplikasi. Karena itu, ia adalah antarmuka antara perangkat keras dan pengguna. Mayoritas produsen komputer mengembangkan perangkat lunak sistem dengan bahasa pemograman umum yang digunakan seperti C, C++ dan Assembly language. Contoh paling sederhana dari perangkat lunak sistem adalah sistem operasi komputer, compiler, assembler, interpreter dan device driver.
  • Application software atau perangkat lunak aplikasi, yang juga bisa disebut aplikasi piranti lunak adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pengguna atas perangkat tersebut. Contoh paling sederhana adalah Ms Office Word yang memungkinkan pengguna buat dokumen atau mungkin Spreadsheet yang memungkinkan seseorang buat laporan keuangan termasuk sistem manajemen basis data atau database management systems [DMBS] yang membantu anda memelihara data dalam basis data.

Lantas, apa saja contoh software? Untuk contohnya ada banyak seperti MS Word, Excel, Power Point, Google Chrome, Photoshop, MySQL dan lain sebagainya.

Baca Juga | Cara Import Database MySQL Di PhpMyAdmin

Perbedaan Software dan Hardware

Perangkat keras komputer adalah perangkat fisik apa pun yang digunakan di atau bersama mesin Anda, sedangkan perangkat lunak adalah kumpulan kode pemrograman yang dipasang di hard drive komputer Anda. Dengan kata lain, perangkat keras adalah sesuatu yang dapat Anda pegang, sedangkan perangkat lunak tidak dapat dipegang. Anda dapat menyentuh perangkat keras, tetapi Anda tidak dapat menyentuh perangkat lunak. Perangkat keras bersifat fisik, dan perangkat lunak bersifat virtual.

Baca Juga | Cara Membuat Dan Mengelola Database Dengan PHPmyadmin Di Cpanel

Monitor komputer yang Anda gunakan untuk membaca teks ini, dan mouse yang Anda gunakan untuk menavigasi halaman web ini adalah perangkat keras komputer. Browser Internet memungkinkan Anda untuk melihat halaman ini, dan sistem operasi yang dijalankan browser dianggap sebagai perangkat lunak.

Baca Juga | Cara Membuat Blog Anda Memuat Lebih Cepat

Kartu video adalah perangkat keras, dan permainan komputer adalah perangkat lunak. Anda dapat menyentuh dan merasakan kartu video, dan komputer menggunakannya untuk memainkan permainan komputer, tetapi Anda tidak dapat menyentuh atau merasakan kode pemrograman yang membentuk permainan komputer tersebut.

Baca juga | Bagaimana Menjadi Software Tester

Kursus desain website HTML CSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *