Tanggal:14 May 2024

7+ Plugin Sitemap WordPress Terbaik

Penggunaan plugin sitemap wordpress terbaik adalah salah satu jaminan agar kinerja websitemu menjadi lebih baik. Dengan adanya tools ini konten pada websitemu akan terindeks Google. Pastinya websitemu akan meraih rangking dengan cepat apabila kamu bisa memilih plugin wordpress terbaik. Apalagi jika kamu seorang content writer dan SEO specialist, tentunya hal ini sangat penting bukan?

Apa Itu Sitemap?

Sitemap adalah ‘map’ atau peta yang menjabarkan setiap halaman di website kamu. Peta ini bukanlah sekadar elemen navigasi yang ditampilkan di bawah bagian header. Sitemap dibuat dalam format XML (Extensible Markup Language) dan digunakan oleh AI untuk mempermudah indexing website. Mesin pencari seperti Google menggunakan sitemap XML untuk menyimpan halaman web secara lebih efisien, sehingga memberikan hasil yang lebih baik bagi pengguna saat menelusuri istilah terkait.

Fungsi utama sitemap adalah untuk membantu memaksimalkan strategi SEO website kamu. Seperti yang tadi disebutkan, mesin pencari menggunakan crawler untuk menelusuri website dan mengindeksnya sekaligus agar bisa memahami kontennya secara lebih baik.

Nah, dengan menyediakan ‘peta situs’ ini, konten pun bisa diindeks lebih cepat karena crawler jadi tahu ke mana saja mereka harus menelusuri website kamu. Hasilnya, konten dari website kamu nantinya bisa dilihat di mesin pencari seperti Google saat seseorang mencari istilah tertentu.

Sitemap berisi informasi yang sangat relevan tentang website kamu, seperti frekuensi update, keterkaitan suatu halaman dengan halaman lainnya dan landing page, serta tingkat kepentingan halaman tersebut. Bahkan, sitemap akan memberi tahu mesin pencari bahwa website kamu tidak memiliki konten duplikat, di mana konten-konten duplikat merupakan masalah yang cukup serius dalam hal SEO.

Baca juga: Internal Link: Panduan Lengkap Untuk Optimasi SEO

Rekomendasi Plugin Sitemap WordPress Terbaik

Pixabay

1. All in One SEO Pack

Rekomendasi plugin sitemap wordpress terbaik yang pertama yaitu All in One SEO Pack. Plugin ini sudah diinstal lebih dari 3 juta para pengguna website. Fitur plugin ini juga begitu powerfull. Adapun fitur-fiturnya yaitu; optimasi SEO Title, sitemap XML, dan Meta. Tag. Selain itu, plugin ini juga memungkinkan penggunanya memantau traffic website kapapun menggunakan google analytics. All on One SEO Pack ini ada yang gratis ada juga yang berbayar.

2. Yoast SEO

Plugin kedua yang harus kamu coba adalah Yoast SEO, yang menyediakan berbagai  kebutuhan SEO-mu. Cakupannya pun menyeluruh mulai dari SEO untuk seluruh situs, untuk tiap halaman, hingga menyediakan sitemap dalam satu plugin saja.

Yoast SEO akan memetakan situs XML yang berisi tautan ke konten yang kamu buat segera setelah mengaktifkannya. Bahkan fitur sitemap akan secara otomatis menyegarkan pemetaan setiap kali kamu melakukan perubahan, seperti menambahkan, mengedit, maupun menghapusnya.

Uniknya, penggunaan plugin ini bisa kamu akses tanpa biaya, dengan catatan WordPress kamu sudah premium (tersambung dengan domain pribadi). Bahkan, selaku pengguna kamu juga dapat mengatur seluruh sistem pemetaan maupun pembatasan sistem. 

3. Google XML sitemap

Nah untuk kamu yang menginginkan website bisa unggul di search engine, pastikan menggunakan Google XML sitemap di website-mu. Plugin sitemap ini sudah datang dengan pengaturan default. Jadi kamu bisa menggunakannya secara gratis.

Sitemap sendiri memiliki fungsi untuk memudahkan search engine yaitu seperti Google, Yahoo dan Bing dalam mengecek struktur website kamu. Sehingga, search engine tersebut bisa melakukan indeks terhadap website kamu menjadi lebih baik lagi.

4. Jetpack

Kemudian adalah Jetpack yang masuk dalam jajaran plugin sitemap terbaik 2022. Pasalnya dengan toolkit SEO ini, kamu bisa mengatasi berbagai tantangan WordPress secara umum seperti keamanan dara, performa, analitik, hingga kebutuhan SEO.

Bahkan Automattic selaku pengembang mengklaim bahwa tool ini mengatasi empat peta situs yang berbeda, seperti peta umum, gambar, video, dan juga berita (untuk Google News). Tampilan dan cara penggunaannya juga cukup praktis, sehingga sangat cocok untuk pemula.

Walaupun kamu masih harus melakukan indexing secara manual, namun sistem plugin ini terbilang sangat mumpuni. Belum lagi plugin ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar, sehingga kamu bebas untuk mencoba terlebih dahulu.

Baca juga: Pengertian Social Bookmarking Dan Pentingnya Dalam SEO

5. SEO Friendly Image

SEO friendly image ini plugin sitemap wordpress terbaik yang juga recommended untuk kamu instal. Plugin ini sangat berguna untuk kamu yang memang hobi menulis artikel listicle bergambar. Plugin ini memiliki fitur title dan alt image pada setiap gambar yang diupload. Dengan plugin ini besar kemungkinannya artikel dan gambar kamu masuk di halaman pertama dalam mesin Pencari. Plugin ini bisa kamu peroleh secara gratis.

6. Premium SEO Pack

Jika kamu mencari plugin dengan fungsi plugin sitemap generator yang mumpuni, Premium SEO Pack adalah salah satu solusi terbaik. Bahkan, harga lisensi dari plugin sitemap WordPress terbaik ini hanya $44 saja. Kamu bisa menikmati berbagai fitur bermanfaat yang sangat efisien untuk meningkatkan SEO website.

Dengan berlangganan toolkit satu ini, kamu tidak perlu repot perbarui data indeks karena sistem akan secara otomatis membuat sitemap yang menyeluruh, yang mencakup penambahan konten, halaman, gambar dan video. Bahkan, kamu dapat memilih untuk menyertakan atau mengecualikan beberapa konten sesuai kebutuhan.

Selain itu, kamu juga dapat mencoba fitur optimasi halaman yang terperinci, fitur pembuatan tautan internal, bahkan sistem otomatis lain untuk meningkatkan jaringan tautan kamu. Belum lagi fitur optimasi gambar untuk membantu peningkatan trafik melalui gambar.

7. SEO Ultimate

Plugin sitemap terbaik WordPress berikutnya adalah SEO Ultimate, ini juga sangat recommended buat kamu sobat. Meskipun plugin yang satu ini penggunanya masih standar di angka ratusan ribu, akan tetapi ini plugin juga bagus untuk kamu gunakan.

Plugin SEO yang satu ini juga memberikan penawaran yang cukup menarik dan dikemas dengan bentuk modules. Nah modules tersebut diataranya yaitu ada Rhich Snippet Creator, 404 Monitor, Slug Optimizer, Permalink Tweaker dan Canonicalizer, Link Mask Generator dsb.

8. The SEO Framework

Cari plugin SEO WordPress yang cepat dan ringan, The SEO Framework menjadi pilihan yang tepat. Plugin ini lebih berfokus pada kecepatan website, banyak yang merekomendasikan sebagai alternatif Yoast SEO. Kamu tidak perlu khawatir saat berpindah dari plugin SEO lain karena The SEO Framework menyediakan fitur migrasi. Untuk urusan fitur, SEO Framework sudah menggunakan Artificial Intelegence untuk membantu optimasi SEO. Jadi, kamu bisa menghemat waktu lebih banyak untuk mengerjakan hal lain.

Baca juga: Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Nah, itulah beberpa rekomendasi plugin sitemap wordpress terbaik. Semoga bermanfaat.

Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *